Sepakbola Indonesia Tidak Akan Pernah Maju

Sepakbola Indonesia tidak akan pernah maju, benarkah demikian? Yup benar. Kenapa saya mengatakan demikian? Untuk saat ini memang begitulah kenyataannya dan itu tidak bisa dipungkiri. Walaupun telah mengalami reformasi di  tubuh persatuan sepakbola seluruh Indonesia (PSSI), akan tetapi toh kenyataannya perubahan yang diharapkan oleh seluruh pecinta sepakbola belum terlihat ke arah yang lebih baik

liga primer indonesia  Sepakbola Indonesia Tidak Akan Pernah MajuLihat saja bagaimana kompetisi di Indonesia silih berganti stempel legal dan ilegal silih berganti antara LSI dan LPI (sekarang jadi IPL). Sewaktu kepengurusan Nurdin Halid, LPI dicap ilegal karena kompetisi yang dijalankan tidak mendapatkan restu oleh PSSI sebagai induk organisasi sepakbola. Kini setelah tampuk pimpinan berganti ke tangan Djohar Arifin Husin, gantian LSI yang dianggap sebagai kompetisi ilegal.

Format kompetisi dan jadwal yang tidak jelas, terlalu banyak klub yang ingin dilibatkan dalam kompetisi Indonesian Premier League (IPL), menjadi beberapa alasan bagi klub untuk menolak Indonesian Premier League (IPL), bahkan sebagai “wujud kekecewaan” dari klub-kulb yang menolak format kompetisi yang disodorkan oleh PSSI akhirnya format kompetisi  lama LSI (liga super indonesia) digelar sebagai liga tandingan.

Hal ini semakin menenggelamkan harapan dari penggila sepakbola di Indonesia (termasuk saya) untuk menyaksikan kompetisi sepakbola yang profesional di tanah Indonesia sebagai tempat lahirnya para pesebakbola handal yang bisa mengharumkan nama Indonesia sekaligus bisa mempromosikan Indonesia di mata internetasional.

Klub-klub papan atas di Indonesia juga lebih memilih mengikuti LSI dibanding mengikuti Indonesian Premier League (IPL) yang dikelola PT LPIS (Liga Prima Indonesia Sportindo). Mungkin hanya PSM Makassar (klub besar) yang akan mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI. Jika demikian yang terjadi, bagaimana kita bisa menyaksikan liga yang benar-benar profesional?

Jika klub-klub besar di Indonesia lebih memilih mengikuti LSI, klub mana yang akan mengganti keberadaan mereka di kompetisi IPL? Barcelona, Real Madrid, Manchester United, Chelsea, Manchester City atau mungkin LA Galaxy yang sebentar lagi akan menggelar pertandingan persahabatan dengan timnas Indonesia? :ngakak

Ngomong-ngomong soal kedatangan LA Galaxy saya juga melihat PSSI kurang memanfaatkan kedatangan dari salah satu klub terbesar di liga Amerika. Coaching clinic yang dilakukan oleh LA GAlaxy tidak dimanfaatkan oleh PSSI untuk mengikutsertakan beberapa pemain timnas dibawah 17 tahun untuk mengikuti kursus singkat dari para pesepakbola profesioanal seperti David Beckham, Robby Keane, dan London Donovan.

coaching clinic la galaxy  Sepakbola Indonesia Tidak Akan Pernah MajuMemang banyak anak-anak usia dini yang mengikuti pelatihan singkat tersebut, namun bagi saya hal tersebut menurut saya kurang efektif karena saya ragu apakah mereka memang benar-benar ingin mendapatkan ilmu dari para pesepakbola profesional tersebut ataukah justru hanya ingin menyaksikan secara langsung /foto bareng/minta tanda tangan dari David Beckham?

Coaching Clinic David Beckham Di GBK Senayan Jakarta  Sepakbola Indonesia Tidak Akan Pernah MajuSoalnya ketika menonton wawancara yang dilakukan beberapa stasiun televisi anak-anak lebih banyak mengatakan ingin melihat secara langsung David Beckham dibanding ingin mendapatkan ilmu dari David Beckham. Jadi sebenarnya tujuan utama ikut kursus singkat dari pemain LA GALAXY?

Semoga kedepan PSSI bisa lebih bisa memanfaatkan peluang yang ada sehingga bisa menjadi sebuah GOAL. Para pengelolah klub dan para tuan dan nyonya yang duduk di kepengurusan PSSI juga diharap bisa duduk bersama dan mengesampingkan ego masing-masing untuk menyelesaikan format kompetisi agar supaya tidak ada dualisme liga di Indonesia yang dapat mengakibatkan sepakbola Indoensia mendapatkan sangsi dari AFC bahkan yang lebih parah hukuman larangan bertanding di pertandingan internasional oleh FIFA

Coaching Clinic

Advertisement

30 Responses to “Sepakbola Indonesia Tidak Akan Pernah Maju”

  1. 30/11/2011 at 21:28 #

    Iya-ya kebanyakan kita semua bersemangat menyambut mereka, David Beckham dkk sebagai seorang artis sepak bola yang terkenal, ganteng, dan dipuja daripada semangat karena ingin menimba ilmu sepak bolanya. Memang sepertinya susah sepakbola kita bisa maju kalau keruwetan di atas yang bro ceritakan belum juga diurai. 🙁

    • 30/11/2011 at 22:21 #

      Benar bro, belum lagi ulah dari para suporter Indonesia yang belum terlihat dewasa… Kalau begini terus, kapan sepakbola Indonesia bisa maju???

  2. Balikpapanku
    01/12/2011 at 04:04 #

    tapi untuk pemain senior nya paling tidak ada kemajuan..ya namanya juga berusaha bangkit 😀

  3. 02/12/2011 at 23:42 #

    memang menggemaskan negeri ini, masalah kok nggak ada yang beres… 😀

  4. 03/12/2011 at 09:20 #

    Tarik menarik kepentingan dan kurang mementingkan musyawarah -nkesepakatan bersama masih terlalu kurang saya kira 🙂

    • 03/12/2011 at 19:48 #

      Sepertinya musyawarah untuk mufakat hanya sampai bangku sekolah bro, bukan untuk dijabarkan setelah selesai sekolah/kuliah

  5. sianakingusan55
    04/12/2011 at 13:01 #

    Wah..memang benar yang dikatakan bro eser di atas. PSSI yang seharusnya menjadi tombak untuk majunya kiprah persepakbolaan di Indonesia, malah mengedepankan egonya sendiri. Seharusnya PSSI itu sadar benar akan keterpurukan Indonesia diberbagai ajang Nasional maupun Internasional.

    Wah..wah..soyo jibek ngurusi PSSI! 🙁

    • 05/12/2011 at 10:05 #

      Masih banyak waktu untuk merubah, apalagi waktu kepengurusan masih cukup lama… Kalau menurut saya PSSI sekarang udah bagus, yang harus dibenahi tinggal ego dari pengurus yang baru.. Ngga semua kerja dari pengurus lama itu jelek (Contohnya tim Indonesia yang berlatih di Uruguay)

      • sianakingusan55
        05/12/2011 at 14:58 #

        Memang benar, kinerja PSSI sudah mulai membaik kembali. Tinggal ego dari masing-masing pengurus saja yang masih perlu diperbaiki. Walaupun timnas Indonesia masih belum bisa mengepakkan sayapnya lebar-lebar. Tetapi, masih ada jalan untuk ke depannya. Sukses untuk PSSI, aku mendukungmu! :2thumbup

  6. 04/12/2011 at 16:01 #

    coaching clinic kemaren dilakukan hanya kamuflase untuk mengeruk keuntungan bro.. cuma kalau nama acaranya dituliska secara blak2an ntr pada g mau.. tp klo pake kata coaching clinic pasti pada antusias 😀

    • 05/12/2011 at 10:09 #

      Saya juga melihat begitu bro,… coaching clinic sebenarnya udah baik, tapi menurut saya sasarannya yang kurang tepat

  7. Taman Bacaan
    05/12/2011 at 17:03 #

    Harapan saya,.seoga kebnalikannya sobat

    salam

  8. 06/12/2011 at 02:07 #

    Menurut Saya justru arahnya ke yg lebih baik kok ketimbang dulu 🙂 mungkin blom maksimal aja. Kita harus optimis dan berdoa… maju terus sepakbola indonesia

    • 06/12/2011 at 20:59 #

      Saya bukannya pesimis akan tetapi melihat tingkah laku dari para pemimpin PSSI sekarang? Liat saja sekarang komite exco mulai menggembargemborkan akan kongres luar biasa yang ujung-ujungnya bertujuan mengganti ketum pssi… Mereka yang dulunya mendukung ketum kini berbalik menyerangnya… Jika begini terus kapan sepakbola kita bisa maju bro?

  9. 06/12/2011 at 12:43 #

    banyak anak-anak yg lebih pantas dan berbakat untuk diikutsertakan coaching clinic kemaren …

    • 06/12/2011 at 21:00 #

      Setuju bro… coaching clinic kemarin lebih kearah komersialisasi

  10. 08/12/2011 at 18:22 #

    Coba baca ini juga….

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11799319

  11. 12/12/2011 at 09:20 #

    bener banget tuh 🙂
    selama pemimpinnya masih gila uang

    • 12/12/2011 at 09:54 #

      Kalau saya lihat sekarang ini ada motif lain bukan hanya sekedar uang bro…

  12. 12/12/2011 at 10:09 #

    seperti ??

    • 12/12/2011 at 10:34 #

      Motif jangka panjang untuk 2014…

  13. 13/12/2011 at 21:51 #

    untung ga suka bola., jadi kurang ngerti deh hehe.,

  14. 14/12/2011 at 14:29 #

    Buktinya RD mundur 12 Desember lalu, tambah kelam aja masa depan bola indonesia. Garuda didadaku ???

  15. Obat Herbal Darah Tinggi
    07/01/2012 at 14:07 #

    yang saya heran berrebut kursi di dewan pssi lebih mereka utamakan di bandingkan meningkatkan kualitas pemain timnas..

    • 07/01/2012 at 20:01 #

      Untuk sekarang kan dimana-mana lebih penting kursi dari prestasi bro :ngakak

  16. Obat Tradisional Asam Urat
    07/01/2012 at 14:08 #

    ssekarnag semuanya makin kacau di tengah kisruh lpi dan liga super…

  17. 29/02/2012 at 15:49 #

    waduh,, saya miris nih klo inget prestasi indonesia. sangat minim sekali. sedih..

  18. Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening
    01/03/2012 at 10:39 #

    setuju gan…

  19. Obat Glaukoma Tradisionalng Tradisional
    30/03/2012 at 11:31 #

    tapi saya cukup optimis dengan perkembangan pemain muda terutama yang kin sedang mengikuti kompetisi di uruguay yaitu SAD INDONESIA !!

  20. CA Delhi
    22/01/2014 at 14:06 #

    Great article …Thanks for your great information, the contents are quiet interesting.

Leave a Comment

3+2