Mewujudkan Visi Indonesia Sehat

Selama saya ngeblog, terasa ada yang mengganjal dalam pikiran saya karena selama ini saya ngga pernah menuliskan artikel tentang kesehatan, padahal saya sendiri bekerja dilingkungan kesehatan. Mumpung hari ini bertepatan dengan hari kesehatan nasional (HKN), maka posting kali ini membahas tentang kesehatan.

Sebelum bro membaca coretan ini ada baiknya bro mengetahui apa ati sehat itu. Definisi sehat menurut WHO adalah keadaan sempurna baik fisik, mental, maupun sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit cacat.

Sedangkan menurut Undang Undang, Kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi

Berdasarkan definisi sehat menurut WHO dan Undang-undang berarti jika bro lagi apes (ngga punya uang) berarti bro ngga sehat :ngakak

HKN 46 Mewujudkan Visi Indonesia Sehat

HKN ke 46
Lewat hari kesehatan nasional yang ke 46 kita wujudkan visi indonesia sehat dengan berprilaku hidup sehat. Keluarga sehat, investasi bangsa

Beberapa tahun yang lalu pemerintah  meluncurkan visi Indonesia Sehat Tahun 2010. Kita harus pahami bahwa yang dimaksud dengan Indonesia sehat 2010 bukan berarti sudah tidak ada lagi orang yang sakit pada tahun 2010, akan tetapi mulai meningkatnya kesadaran dan kemampuan masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata.

Saat ini 2010 akan segera berakhir, apakah visi Indonesia sehat 2010 sudah tercapai? Jujur harus diakui bahwa visi Indonesia sehat 2010 belum bisa kita wujudkan di negeri kita yang tercinta ini. Memang kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup bersih sehat mengalami peningkatan. Akan tetapi masyarakat belum bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata.

Masih banyak kita temui masyarakat yang enggan datang berobat ke tempat pelayanan kesehatan dengan alasan tidak mempunyai biaya untuk berobat. Bahkan kita masih mendengar berita tentang pemasungan manusia yang mengalami gangguan jiwa, masyakat miskin mengeluh karena tidak mendapatkan pelayanan kesehatan hanya karena tidak mempunyai uang untuk berobat, dan berbagai macam alasan lain.

Namun kita juga tidak bisa menyalahkan pemerintah  sepenuhnya untuk masalah ini. Peran serta kita sebagai masyarakat justru sangat diharapkan untuk mencapai visi Indonesia sehat. Hal-hal yang sering dianggap sepele harus kita perhatikan seperti membuang sampah pada tempatnya, cuci tangan sebelum makan, jangan merokok ditempat umum (kalau bisa berhenti merokok bro), olahraga teratur (ini yang sedang saya gumuli bro) dan lainnya.

Kiranya dengan peringatan hari Kesehatan Nasional  (HKN) ke 46 yang bertema “keluarga sehat investasi bangsa”, kita tingkatkan kesadaran kita untuk berprilaku hidup bersih dan sehat dimanapun kita pergi dan berada, termasuk disaat kita berkelana didunia maya :ngakak

Kesehatan bukanlah segala-galanya bro,namun tanpa kesehatan apalah arti segala-galanya. Sudakah anda berprilaku hidup bersih dan sehat?

Advertisement

37 Responses to “Mewujudkan Visi Indonesia Sehat”

  1. Erdien
    12/11/2010 at 08:46 #

    Test awwalan dulu dah … 🙂

  2. Sundagasik
    12/11/2010 at 08:48 #

    Wew… komengku ilang neh 😀
    ===
    Ngomong-ngomong.. hari ini para pejabat lagi bicara masalah kesehatan neh 😀
    emang hari kesehatan ya! Hehehe….

    • 12/11/2010 at 12:17 #

      Ngga semua pejabat bahas masalah kesehatan bro, manusia kebanyakan nanti membahas tentang sehat setelah terbaring lemah tak berdaya diatas pembaringan :ngakak

  3. genksukasuka
    12/11/2010 at 14:22 #

    ayo ikutan semangat deh,, 🙂
    met malam…

    • 12/11/2010 at 15:13 #

      Semangat apa bro, semangat hidup sehat, semangat dalam rangka hari kesehatan nasioanal or? :shakehand2

  4. om yudi
    12/11/2010 at 14:25 #

    keluarga sehat jasmani dan rohani investasi bangsa,
    bukan hanya sehat jasmani saja bisa jadi maling tuh orang
    rohaninya juga harus sehat
    tul g
    om yudi

    • 12/11/2010 at 15:21 #

      Rohaninya yang kurang ya bro? Semoga pihak terkait bisa melihat koment nya bro, sehingga definisi tentang kesehatan bisa diperbaiki :ngakak

  5. ajundi14
    12/11/2010 at 15:36 #

    hari kesehatan nasional. mari kita bentuk INdonesia yang sehat :cendol

  6. 12/11/2010 at 09:30 #

    Saya sebenarnya mau ikut lomba menulis surat untuk departemen kesehatan cuma sayangnya gak bisa diketik jadi harus ditulis tangan wkwkwkwk jadi males deh :ngakak

    • 12/11/2010 at 12:19 #

      Emang ada ya lomba nulis surat ke Depkes???

      • 12/11/2010 at 13:44 #

        iya ada saya beberapa minggu lalu dikasih sama temen sekolah hehe

        • 12/11/2010 at 15:05 #

          Aneh juga ya, soalnya di web resminya depkes ngga ada lomba menulis surat, yang ada lomba Foto dengan tema HKN itupun pemenangnya sudah ada

  7. 12/11/2010 at 10:10 #

    kesehatan lingkungan juga penting bro, kita sinergi kan bos! Ane di lingkungan hidup bro…. lagi kampanye bebas asap rokok

    • 12/11/2010 at 12:24 #

      Benar bro, sekarang kesehatan lingkungan kayaknya menjadi salah satu prioritas pemerintah… teruskan kampanyenya bro..

  8. 12/11/2010 at 13:27 #

    Sudahkah saya membudayakan hidup sehat? Kayaknya belum mas.. masih doyan rokok nih :mewek

    • 12/11/2010 at 15:09 #

      Makanya bro diusahakan untuk berhenti merokok. Kasihan juga kan orang-orang yang disekitar kita yang menghirup asap rokok, padahal mereka tidak merokok.
      Sayapun dulunya perokok berat, namun perlahan-lahan mulai saya tinggalkan…

  9. Masstyo
    13/11/2010 at 07:19 #

    Dmpet kuat badan sehat….Amin.
    Yuk kita berolah raga dan berbisnis :tkp …asah raga dan asah badan agar sehat luar dalem.

  10. 13/11/2010 at 05:34 #

    Iya, saya ngerasa nggak sehat kalau isi dompet cuma tinggal selembar 100 ribu padahal masihtanggal 20 🙁

    He he he he

    • Masstyo
      13/11/2010 at 07:21 #

      Kok sama dengan saya yah penyakitnya …. :hammer

      • 13/11/2010 at 10:31 #

        Kalo ngomong soal uang semua pada sakit ya :ngakak …

  11. JhezeR
    14/11/2010 at 07:28 #

    Ngomongin kesehatan nih “im not okay”.
    skrg apa msh berlaku 4 sehat 5 sempurna yoo?

    • 14/11/2010 at 11:30 #

      Masih la bro, tapi dengungnya udah ngga seheboh dulu

  12. Fadly Muin
    15/11/2010 at 02:31 #

    kalau ikut standar who berarti saya lagi ngga sehat nih bro.., kantong saya lagi tipis 🙂

    • 15/11/2010 at 09:13 #

      Makanya segera ke Dokter terdekat, konsultasikan tentang masalah yang sedang dihadapi,,, :ngakak

      • andre
        19/11/2010 at 13:47 #

        memang bisa disembuhin penyakit yang ini ama dokter mas ? :ngakak:

        • 19/11/2010 at 14:15 #

          Hampir semua orang kalau ngomong soal duit pasti pada sakit…. Dokter yang saya maksud yakni dokter kredit :ngakak

  13. advertiyha
    15/11/2010 at 07:38 #

    Waduh, kalo gak punya duit itu gak sehat ya?? hehe…

    selamat Hari Kesehatan Nasional.. moga bangsa kita makin sehat dan kuat.. 🙂

    • 15/11/2010 at 09:16 #

      Sehat Jasmani, Sehat Rohani… :shakehand2

  14. TuSuda
    16/11/2010 at 14:41 #

    tema HKN tahun ini dimulai dari keluarga agar hidup dengan pola kebiasaan sehat dan bersih..harapan kabarnya target ini bisa tercapai sampai kurun waktu 2014…

    • 16/11/2010 at 14:51 #

      Berarti masih panjang ya waktunya? Namun itu bisa berubah jika terjadi pergantian kabinet, apalagi jika yang diganti ibu menkes

  15. Agus Siswoyo
    23/11/2010 at 16:30 #

    semoga bukan hanya sehat secara fisik saja. tapi secara mental juga mendukung kecerdasan berpikir dan berperilaku.

  16. 16/07/2012 at 12:07 #

    Sudah hampir dua tahun sejak gerakan Indonesia sehat ini dicanangkan. Akan tetapi hingga sekarang (Juli 2012) masih banyak kasus dan berita tentang sulitnya pelayanan kesehatan di Rumah Sakit untuk masyarakat kelas bawah.

    Apa yang salah? Bagaimana solusinya?

    • 21/07/2012 at 20:33 #

      Kalau dilihat kontrol terhadap penerapan dari berbagai program pemerintah itu yang tidak ada gan

  17. Gomuko
    29/01/2015 at 11:49 #

    Saya rasa memang sulit sekali agar masyarakat ini semua bisa dapat akses kesehatan yang mudah, selama negara ini masih mengadopsi ideologi Kapitalisme.. Akar masalahnya sih disitu..

Leave a Comment

3+2