Jangan Asal Copy Paste

Jangan asal copy paste. Kalimat yang sudah bosan didengar oleh para blogger namun tak henti-hentinya dilakukan oleh para blogger yang tidak kreatif. Copy paste artikel dari blog lain sih boleh-boleh saja, asalkan kita minta ijin terlebih dahulu kepada pemilik blog dan menyertakan backlink ke artikel asli. Namun sangat disayangkan jika blog yang kita buat berisikan tulisan hasil copy paste yang tidak disertai backlink ketulisan asli.

Jika hal itu yang kita lakukan, sebaiknya anda mengoreksi diri dulu bro apa tujuan anda membuat blog? Bayangkan jika artikel pada blog anda dicopy paste begitu saja oleh blogger lain, pasti anda juga akan merasa jengkel.


No Copy Paste
Copy paste artikel dari blog lain sih boleh-boleh saja, asalkan kita minta ijin terlebih dahulu kepada pemilik blog dan menyertakan backlink ke artikel asli.

ika anda mengalamami kebuntuan ide untuk menulis artikel pada blog yang anda kelola, tak ada salahnya jika anda membaca artikel saya mengenai bagaimana mengatasi kebuntuan ide, komentar-komentar yang disampaikan oleh ezoners (panggilan untuk pengunjung eserzone.com) juga banyak yang patut ditiru untuk mengatasi kebuntuan ide.

Artikel ini juga dibuat ketika saya mengalami kebuntuan ide. Ngga ada ide untuk saya tuangkan kedalam blog ini lewat sebuah coretan, namun ketika saya menerapkan trik sederhana bagaimana mengatasi kebuntuan ide dengan cara blogwalking, akhirnya saya bisa mengahasilkan sebuah coretan basi yang berjudul jangan asal copy paste.

Kembali ke laptop, beberapa hari ini ngga tahu kenapa saya sering nyasar ke blog yang mempunyai tulisan dan gambar kembar atau tulisan hasil copy paste. Bahkan saya juga menemukan blog yang berisi tulisan hasil copy paste dari bahasa asing yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Saya menyimpulkan artikel itu hasil copy paste karena hasil tulisannya ngga beraturan, bahasa Indonesianya sedikit kacau seperti hasil translate dari mbah google. Padahal blog tersebut kelihatannya digunakan untuk membangun personal branding dari narablog, itu kelihatan dari domain name yang digunakan.

Karena saya seorang yang baik hati dan tidak sombong maka saya meninggalkan komentar di blog tersebut, untuk sekedar mengingatkan sang empunya blog. Sebenarnya saya tidak ingin mengingatkan narablog lewat kolom komentar, takutnya ada pegunjung lain yang membaca, namun karena ngga ada contac form diblog tersebut maka terpaksa saya meninggalkannya lewat kolom kementar. Dari kejadian ini kelihatan kan bro pentingnya menggunakan contact form pada sebuah blog?

Bagaimana dengan blog anda bro, apakah terdapat artikel hasil copy paste? Apa tanggapan bro tentang copy paste artikel? Silahkan kasih komentar sebelum tarif naik :ngakak

113 thoughts on “Jangan Asal Copy Paste”

  1. Rudy Azhar

    Bisa jadi tulisan pada blog saya banyak yang salin tempel (kira-kira ada yang tahu yang mana?) tapi sebisa mungkin saya berikan tautan ke tulisan bersangkutan tersebut.

  2. Think twice deh klo mau copy paste, boleh sih tapi minta ijin dulu kek, cantumkan sumbernya kek, atau lebih baik bayar royaltinya…heheheheh :2thumbup

  3. Denuzz BURUNG HANTU

    awal nge-blog Denuzz sering copas, tapi sukur sekarang udah tobat nasuha!… meskipun tulisannya jelek, yang penting hasil sendiri …
    hehe …
    maaf kepada Blogger yg dulu tulisannya pernah di copas oleh Denuzz … hehe πŸ˜€

    Salam BURUNG HANTU

    1. Syukurlah bro kalau udah insaf… Saya juga tulisannya jelek, tapi berusaha untuk menyajikan tulisan yang original…
      Woiii para blogger, ada yang mau minta maaf nih, dimaafkan ya? :2thumbup

      Salut buat anda bro, karena berani mengakui kesalahan. Suatu hal yang sudah jarang kita temui :2thumbup

  4. Abdul Hakim

    artikel copas, ada sedikit yang saya campur dengan tulisan saya dalam satu artikel

  5. kadang bagi sebagian orang itu copy paste apa sudah menjadi candu yah, kalo nggak ngopy yah ngrokok.

  6. awalnya ada juga berupa “kutipan tulisan”, dengan tetap memberikan back link atau mencantumkan sumber artikel aslinya.
    Syukurnya sekarang sudah bisa mandiri, walaupun tulisannya masih singkat, padat yang penting hasil karya sendiri.
    SALAM hangat dari Kendari…. πŸ˜‰

    1. Saya senang membaca artikel blog dari bro, soalnya singkat, jelas ngga bertele-tele seperti blog ini :ngakak

      1. TERIMAKASIH bro..terus terang saya pun masih perlu banyak belajar menulis dari pengalaman berbagi para sahabat narablog, termasuk blog eserzone ini.
        SENANG SEKALI rasanya bisa mengenal dan berbagi dengan blog ini bro…

  7. Sepertinya tidak ada tulisan copas di blog saya.
    BTW, ngapain Copas? Sekarang kan jamannya WP robot. πŸ˜›

    1. Mereka melakukan copy paste mungkin belum mengenal WP robot bro, jadi masih pakai cara lama. Namun menurut saya WP robot juga ngga cocok digunakan untuk blog yang bertujuan untuk membangun personal branding.
      WP robot sebaiknya hanya digunakan untuk dummy blog

      1. Tidak juga, pernah mendengar istilah “saya ngeblog dimana saja?”
        Kita bisa menggunakan WP robot untuk mengumpulkan artikel, tulisan, foto dsb yang terserak di dunia maya sehingga orang dapat mengaksesnya lewat satu pintu. Seperti flavors.me atau blognya Paman Tyo misalnya.

        1. Belum pernah dengar bro istilah ngeblog dimana saja…… Tapi untuk membangun personal branding apalagi blog yang menggunakan domain name narablog menurut saya masih kurang pantas bro jika menggunakan WP robot….

  8. setiap blogger pasti pernah melakukan “dosa” ini di suatu masa di hidupnya. betul gak? hehehehe. yang penting kita harus belajar dari kesalahan tersebut dan belajar menghargai tulisan di blog sebagai karya cipta yang harus dihargai dengan cara menaruh backlink, atau bentuk penghargaan lain.

    btw, apa kabar komunitas blogger kawanua? πŸ˜€

    1. Benar bro, yang penting sadar… Kabar bloggr kawanua masih dalam tahap konsolidasi. Kopdar yang direncanakan beberapa waktu yang lalu gagal. Menungu jadwal ulang nih bro untuk Kopdar

  9. iskandaria

    Topik yang sudah amat sangat sering dibahas nih πŸ˜›

    Walau udah sering, tapi herannya kok masih ada aja yang suka begitu ya. Saya rasa ini masalah mental kurang mau bekerja keras saja (kalau tidak mau dikatakan malas). Padahal kalau tahu efek jangka panjangnya, saya rasa tidak akan ada yang mau melakukan plagiat.

    1. Benar bro, awalnya saya juga agak ragu menulis artikel ini karena menurut saya sudah terlanjur basi..
      Namun karena akhir-akhir ini saya sering menemukan artikel copy paste mumpung pikiran lagi blank, maka saya buat artikel walaupun artikel basi… tapi tulisannya tetap original bukan hasil copy paste :ngakak

  10. Nusa Utara

    Untunglah blog saya isinya original content semua. Sebagai seseorang yang hidup di lingkungan Sastrawan dan Seniman, copy paste tulisan orang lain memang merupakan dosa terbesar dalam berkarya.

    1. Copas juga merupakan dosa terbesar ya?
      Btw kalo ngga salah bro dari Manado kan? Soalnya saya sepertinya kenal dengan blog ini ketika saya masih ngeblog dengan domain citawaya.com. Benar ngga bro? :shakehand2

  11. Arief Rizky Ramadhan

    Ada tuh plugin yang bikin blog gak bisa di seleksi atau klik kanan jadi copas bisa dihindari hehe

    1. Ia, saya pernah mengetahui soal plugin tersebut. Namun saya masih lebih tertarik jika menggunakan cript bro, soalnya sudah terlalu banyak plugin yang dipakai di blog ini

  12. dulu ada beberapa posting hasil copy paste (tapi nyertain sumbernya juga)
    sekarang saya udah insyaf, dan berusaha untuk membuat artikel original πŸ˜€
    artikel yang bagus bro πŸ˜€

    1. Jika menyertakan backlink/sumber tulisan menurut saya ngga apa-apa bro asalkan jangan keseringan copas artikel. Namun akan lebih baik jika kita tidak melakukan copy paste. Walaupun tulisannya belum terlihat bagus namun masih akan lebih baik jika pada blog menampilkan tulisan original… Lama kelamaan juga pasti kita akan terlaltih, sehingga bisa membuat artikel yang menarik… :shakehand2

      1. Yoi bro, masalah tulisan bagus atau nggak itu urusan waktu aja. Yang penting terus ngeblog, dan banyak-banyak baca, biar bisa menghasilkan artikel yang original :2thumbup

  13. Sepakat Bro, sekedar kopas aza memang nggak baik, nggak membangun daya pikir kreatif. Namun, kalo cuman ngutip dan untuk mengkritisi, tentu lain soal. Sambil menyertakan backlink tentunya.

    1. Saya setuju kalau sekedar ngutip sebagian artikel sih ngga apa-apa asalkan backlinknya bro

  14. Kalau saya, sudah selesai dengan urusan copy paste. Setelah lelah kirim DMCA take down sana-sini, akhirnya saya putuskan bahwa copy paste dibiarkan saja. Bukannya melegalkan, tapi artinya kita tidak bisa berbuat apa-apa kalau tulisan kita di copas. Tidak ada gunanya menegur blogger copas karena blognya memang dibuat untuk copas.

    Fakta:

    * Blog 100% copas seperti terselubung.blogspot.com dan unic77.blogspot.com bisa mendapatkan ratusan ribu pengunjung perhari.

    * Semakin banyak blog yang dibuat dengan teknik copas dan submit ke Lintas Berita.

    * Blogger copas bersikeras bahwa copas sah, yang penting sumbernya ditulis (hanya text, bukan link)

    * Komen dari ArdianZzZ benar, sekarang jamannya WP robot.

    * Blog dengan Auto Generated Content tergolong copas juga, dan banyak yang masih sukses.

    * Google tidak sepintar yang kita kira.

    * Penulis artikel asli tidak akan menuntut di pengadilan Indonesia, karena dia yang akan keluar biaya birokrasi.

    * Ada juga yang jadi kaya dengan copas.

    Kesimpulannya, blogger copas berbahasa Indonesia akan semakin banyak karena situasinya memungkinkan mereka untuk mendapatkan penghasilan. Blog copas berbahasa Inggris juga banyak yang sukses, tapi beresiko dapat DMCA atau dikunjungi FBI, karena dalam sumpah kepemilikan hak cipta melibatkan Penalty of Perjury berdasarkan UU Amerika.

    Sementara di Indonesia, mau kirim Cease and Desist Letter saja tidak tahu harus pakai UU apa. Belum lagi kalau ke Pengadilan, beda kota, beda pulau, jadinya malah jatuh miskin.

    Akhirnya, setelah capek karena dicopas terus, saya juga coba copas. Tapi sayang, hasilnya tidak sesuai harapan. Mungkin copas pun ada tekniknya yang tidak saya ketahui hehehe…

    1. Ulasan yang cukup menarik bro. Memang benar Hukum di Indonesia mungkin belum bisa memberikan hukuman kepada tukang copas, akan tetapi secara tanggung jawab moral kita telah melakukan hal yang keliru.
      Apalagi kalau tulisan hasil copas digunakan untuk membangun personal branding :batabig

    2. Woo hoo… Tanyakan Pakar kita dari Gedung DPR bro! hehe…
      Yeah, sayapun tidak begitu peduli dengan konten dan metode yang dicopas. Bahkan theme yang saya gunakan-pun pernah di “face off” seolah-olah blog saya diduplikasi. WTF…

      Yeah, kita berharap pada kecerdasan user, untuk itulah pentingnya memberikan edukasi pada user. User yang pintar dapa memutuskan hendak mengkonsumsi konten seperti apa. Internet memang luas, tetapi tidak seluas yang kita bayangkan. KOnten bajakan, cepat atau lambat akan ketahuan.

      BTW, jangan lupa pasang link canonical bro. πŸ™‚

  15. Saya juga pernah copas wktu awal2 ngeblog dlu, copas dri ebook,forum dll hehe… tpi skrg gak lah.
    Karena dlu saya jg copaser maka skrg saya masang copyLEFT di footer, biar org lain bebas copas tulisan saya krn saya beranggapan hasil karya emg bisa dicopy siapa saja tpi ilmu dan pengalaman/cara mendapatkannya tdk akan bisa dicopy.

    1. Ketika kita membiarkan blogger melakukan copy paste artikel, secara tidak langsung kita juga membiarkan blogger tersebut melakukan perbuatan yang salah bro.
      Namun itu sih tergantung dari pemilik blog yang di copas, ada yang keberatan dan ada yang tidak keberatan….

    1. Kemiripan memang ada, dan hal itu wajar πŸ™‚
      Tapi banyak hal yang berbeda, dan [perbedaan itu yang perlu disikapi dengan bijak :iloveindonesia

    2. Menurut saya beda bro, artikelnya dua kolom kalau saya cuma satu kolom… Template yang dia gunakan template freshnews dari woothemes, sedangkan saya menggunakan template dari theme junkie :shakehand2

  16. blognya anak PADMANABA

    hahaha oke sob, oh iya sorry tentang komentarku yang tadi, he tadi juga pas ada masalh, dapet komen kya gitu langsung mledak, sorry ya. Mari berteman πŸ™‚

    1. Ngga apa-apa bro, sahabat yang baik pasti akan menegur sahabatnya ketika dia melakukan suatu yang keliru bukannya malah membiarkan.. Itulah senangnya ketika kita bergabung di blogosphere

  17. lozz akbar

    oh ya bang numpang nanya nih.. jika saya menambah gambar buat pelengkap posting blog saya, terus gambar itu saya ambil dari search di google. apakah itu termasuk copas enggak ya. Tapi saya ambilnya dari situs-situs non Blog.. mohon pencerahannya ya..

    waduh lupa ding. salam kenal ya..

    1. Kalau soal gambar pelengkap posting saya sih belum tahu dengan pasti bro, namun menurut saya akan lebih baik jika kita menulis keterangan tambahan bahwa gambar tersebut diambil dari website mana…. gambar pada blog ini juga diambil dari google dan di modifikasi sedikit namun saya beri keterangan bahwa gambar tersebut dari google (walaupun kadang kelupaan) :ngakak …
      Yang pasti jangan pernah mengklaim gambar tersebut milik kita jika gambar tersebut di dapatkan dari blog/website tetangga

    2. blognya anak PADMANABA

      oke mas, trimakasih. kalau pendapatku itu termasuk copy-paste ( aku juga sering ambil gambar dari google ), tapi sering lupa juga ngasih URL di gambar tersebut untuk menuju sumber gambar hehehe

      mas eser : matur nuwun nggih, ( bahasa jawa )

  18. ada baiknya juga menyebarkan sebuah ilmu mas eser, tapi ya itu tadi mestinya yang bikin pertama ya dikenalkan alias ditulislah sumbernya (kadang lupa sih) dan tentu saya agak yakin yang di copas kalo itu menyertakan linknya oke-okey aja kan bro!
    Tapi ya mesti belajar lagi lebih kreatif….. semangat bro! :2thumbup

    1. Kalo menyertakan link sih ngga apa-apa, namun jangan keseringan copas artikel bro nanti hanya akan membuat kita ngga kreatif

    1. Memang ada yang larang kita memiliki themes yang sama??? Ngga ada masalahnya kok walau themes nya sama…

  19. Kalau artikel saya di copas sih ngga apa-apa, yang rugi sebenarnya kan blogger lain yang cuman copypaste… pertama, jika ketahuan pemilik artikel asli bisa malu, Kedua secara tidak langsung dia membiasakan diri untuk tidak mengeksplorasi kemampuan dirinya..

  20. kalo saya mending nulis (ngetik ) pake kata2 sendiri mas, walaupun hasilnya ga begitu bagus, tapi yang penting buatan sndiri πŸ˜€ :2thumbup

    1. Sip, sama seperti saya bro.. Lebih baik posting hasil karya sendiri (walaupun isinya sedikit berantakan), daripada posting hasil copy paste… :thumbup

  21. Tri Setyo Wijanarko

    untuk sementara sih blog saya belum ada tulisan yang copy paste. lha gimana mau copy paste lha wong pengalaman pribadi, sedangkan gambar/fotonya pun saya ambil sendiri dengan kamera saya.. hehehe.. πŸ˜€

    kadang lucu juga sih sewaktu ada tugas kampus, input kata kunci di google lha yang nongol kok artikelnya sama semua.. bingung mana yang asli dan mana yang palsu karena nggak ada yang menyertakan link copy paste-nya. yang bikin eneg lagi kalo gitu informasi yang didapat juga jadi nggak variatif, lha yang nongol itu lagi itu lagi… :cd

    1. Saya biasanya membandingkan tanggal yang lebih lama diposting.. kalau ngga ada tanggalnya biasanya kedua blog tersebut saya tinggalkan koment yang sama (Kok artikel ini sama dengan artikel blog tetangga?)…
      Biar mereka bermusyawarah mana yang original.. :ngakak

  22. Marilah kita menjadi lebih bijak, karena mungkin mereka masih belajar seperti saya ini. Semoga mereka yang sering mengkopy menjadi lebih kreatif lagi.

    1. Kapan selesai belajarnya bro? Umur blogya udah 3 tahun kok mengatakan masih belajar? Kalau bro sudah termasuk kalangan tua-tua di dunia blogosphere, kalau saya ya masih belajar bro soalnya umur blognya kan baru beberapa bulan :ngakak

      1. wk..wk..wk..pantasan sudah mulai tumbuh uban….Terima kasih…Terima kasih dan salam sukses

  23. Bener banget, masalah copas ini memang menjamur di ranah blogosphere, apalagi untuk blog2 auto-content..wah bisa berat urusannya πŸ˜€

    Nah, untuk yang mengulang ulasan dari blog2 berbahasa Inggris, saya jg suka, tapi tentunya ga secara buta translate abis. Ambil aja intisarinya lalu poles dengan bahasa dan opini sendiri, beres.

    Btw, saya juga pernah mengulas ini di xttp://indonesianer.blogspot.com/2010/03/plagiatisme-nanggung-bagai-blogger.html ..sory mas, kalau tak berkenan hapus saja komennya oks πŸ™‚

    1. Ngga ada yang salah kok di komentnya bro. Btw mohon maaf ya bro, ngga bisa kasih url di kolom koment, jadi saya edit sedikit

  24. Nah lho, kalo punya saya gak hanya sekedar tulisan, bahkan foto saya pun ikutan di copas, wkakkka…
    Pernah kedapetan blog yang copas artikel saya.
    Langsung aja deh saya tinggalin komentar disitu.
    Eh..pas di cek lagi, komentar saya itu dihapus.
    Langsung nulis di blog unek2 itu, dan..temen2 blog pada “nyerang” blognya.
    Akibatnya..postingannya langsung di hapus.
    Wkakakak…mudah2’an aja dianya kapok πŸ˜€

    1. Ekstrim banget bro, apalagi kalau diserang ramai-ramai … Pasti yang copas fotonya bro blogger cewek ya? :ngakak

    2. Ω…Ψ­Ω…Ψ― Ψ³Ω‡Ω„Ψ§Ω† رشيدي

      ternyata banyak teman yang senasih yah…

  25. Kalo boleh jujur sih di blog saya pribadi hampir 75% hasil copas Ser :cd: atau bahkan lebih mungkin. Tapi baru kemarin-kemarin saya sadar, bahwa sejelek apapun artikel yang kita tulis itu adalah hasil jerih payah kita sendiri dan kita patut bangga akan hal itu :alay

    1. Untung sekarang bro bisa sadar. Seiring berjalannya waktu saya yakin tulisan kita ngga akan jelek terus bro, asalkan kita mau terus berusaha memperbaiki diri

  26. Ia bro… lama kelamaan saya tobat sendiri, karena hal tersebut dapat mematikan fungsi otak saya! :sungkem

      1. creativity online

        kalau situs indonesia jujur belum pernah ada yang saya copas,tapi kalo situs luar ada beberapa.itu juga karena saya kadang kerepotan bikin artikel buat maen adsense.tapi artikel itu ga total dicopas gitu aja,demi menhindari duplikasi konten,artikel itu saya rewrite atau di spin terus baru deh dibenerin kosa kata yang ganjil n grammar yg salahnya πŸ˜€

        1. Oh ternyata dipakai main adsence… Memang banyak blogger yang memanfaatkan AGC buat main adsence. Kalau untuk yang ini saya pilih no coment

  27. Blog Santai

    blogku juga banyak yang copasan. Tapi tidak copas mentah-mentah, melainkan lewat seleksi dan pembuktian lewat sumber2 lain serta editing di beberapa bagian. Misal sy search di web A ternyata kurang memadai lalu sy search lagi di web B dg topik pencarian yg sama. Baru setelah ngeh, data2 terkumpul saya publish artikelnya + tambahan backlink buat web/blog yg kuambil intisarinya πŸ™‚

    Kalau giru gimana bro?
    Apakah sy juga termasuk blogger copas yg tidak menghargai karya org lain :hehe

    1. Kalau begitu sih ngga apa-apa selama bro menuliskan sumber artikelnya dari mana… Sayajuga punya pemikiran lain mengenai copy paste, tapi nanti akan saya tuangkan kedalam sebuah postingan tersendiri..
      Btw makasih kunjungannya bro :shakehand2

  28. Blog Santai

    sama2 kawan!
    Sy tahu blog keren ini dari komunitas kami di facebook. Indo bloggerz community

  29. Wah, jiwa blogger bro mantap banget bro. Biarpun saya ngeblog baru 3 tahun, tapi kerasa banget bedanya blogger sekarang sama yang dulu. Blogger sekarang banyak yang palsu, maksudnya cuma dibuat sebagai ladang bisnis tanpa menghormati etika ngeblog. Biasanya yang kayak gini jebolan program-program penghasil uang. Hmmm, jiwa blogger anda kuat bro. Tapi saya bingung kenapa baru sekarang nemuin blog keren kaya gini. Salam kenal aja deh bro. Kalo sempet mampir ke blog saya ya…
    (saya anti copas loh, karena nggak bagus buat blog kita di mata search engine n merugikan karya blogger lain yang sudah susah payah cari ide)

    1. 3 tahun di bilang baru??? Menurut saya usia begitu sudah termasuk yang dituakan di ranah blogosphere bro…
      Jiwa blogger saya kuat? Belum terbukti bro soalnya saya baru serius ngeblog setelah blog ini diluncurkan… Sebelumnya sudah 2 buah blog saya yang tewas dimedan pertempuran…

  30. web adimaryanto

    “Kembali ke laptop” ntu hak ciptanya tukul… dah kontak si tukul arwana pa blom lu…
    awas lu kena penalti πŸ˜€

  31. Aku pernah membahas hal serupa di blog saya. πŸ˜€

    Sebisa mungkin gak co-pas murni teks, untuk urusan co-pas ide mungkin sering kita lakukan. Yang penting penyampaian beda, itu udah aku kasih jempol karena tiap-tiap orang punya gaya berbeda, sayang sekali jika dibiarkan terpendam. πŸ˜€

  32. sahirul alim

    wah dalem bgt neh postingan buat saya.
    karena blog saya 70% hasil copas :hammer
    maklum newbie
    tapi gw akan berusaha ngurangin copas dari blog lain.

  33. Republican Wasp

    Saya emang dari dulu antipati ama yg namanya postingan artikel copas mentah-mentah di internet. Apalagi yg niat utamanya itu cuma bwt nyari popularitas. Padahal belum tentu dia memahami & bisa mempertanggung jawabkan kebenaran dalam artikel yg dia buat itu. Sederhananya, karena dia cuma copas, dia kebingungan saat dikasih pertanyaan2 kritis seputar artikel hasil copasannya

    Oh ya, salam kenal juga. Kalau ada waktu, silakan mampir di blog saya :cendol

    1. Tapi ada yang memanfaatkan traffic yang didapat dari auto blog untuk mencari recehan bukan tuk cari popularitas… Auto blog juga kan hasil copas, dan anhnya saya sekarang ingin mempelajari tentang aut blog

  34. Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia

    Saya setuju dgn kamu bro..
    jangan asal copy paste artikel orang kalo tidak mau kena banned dri google langsung
    ngeri !!

  35. Wah jadi malu saya, kebanyakan copas sih. walau kadang aku ksh backlink ke sumber artikelnya. Thanks sudah mengingatkan para newbie

  36. salam kenal, bener bro, boleh aja copy paste tapi tetep etika harus dipake yaitu nyantumin backlink ke sumbernya.

  37. udah lama banget gak copas, semenjak pindah ke wordpress cms jadi tobat :-).. coz artikel ane pernah di copas mentah2, gambar + tulisan semuanya persis.. πŸ™

    1. Tenang aja bro, yang rugi kan yang cuma tahunya ngopas aja, soalnya secara tidak langsung membunuh kreatifitas mereka sendiri

      1. iya sih, sangat disayangkan kebanyakan blogger newbie justru lebih sering copas daripada bikin sendiri…

  38. artikel unik

    memang benar bro , kalo copy paste sebaiknya kita minta ijin ke pemilik blog dulu πŸ™‚

  39. Anggara Sugiharto

    mas bri eser…saya setuju banget…saya juga pernah copy paste c…jd ini saya anggap sebagai pembelajaran aj…bener2 harus hati2 dalam menulis neh…apalagi kalau sudah berkaitan dengan HAKI…hmmm..bisa masuk pidana neh kalo sembarangan copy paste…:)

  40. cara budidaya

    copas jangan ah…
    malu dong .. jika ketahuan sama empunya.
    kalau cari reverenssss gak masalah. cipta karya ide sendiri plus bumbu dari karya orang lain kan mantab. + tambah sedap
    gak majalah kan..

  41. Relationship

    aku juga pernah jadi korban copas bro.. udah susah2 buat article, di copas, dan parah nya lagi yang copas jadi nomer 1 di google karena backlink dan umur domainnya..

  42. eko susilo

    Asal mau korek2 dan ubek2 artikel asli lalu posting itu lebih bagus, jangan mentah2 di telan nnt blognya sakit πŸ˜€ πŸ˜€

  43. Blognya Venny

    Emang bener gan, copas dari blog b. Inggris itu pasti berantakn, tapi nggak pa2 lah gan asal unik aja……..:thumbup

  44. Obat Tradisional Penyakit Jantung

    mungkin nanti harus ada peraturan tentang etika etika ketika mengcopas artikel !!

  45. Terapi Pengobatan Gagal Ginjals Melitus

    semoga nanti ada peraturan tentang tata kesopanan dalam mengcopas !!

  46. royke kainde

    saya baru blajar blog awal februari kemaren jadi karena baru pemula ya gak apa-apalh….yang penting sumbernya dicantumkan….artikel copas itu di selingi dengan tulisan-tulisan sendiri…jadi bukan full copas materinya….

  47. saya pun juga kurang suka bila postingan yang saya tulis susah payah di copas oleh orang lain terlebih lagi bila itu perusahaan pesaing, sebab saya pernah mengalaminya…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *