Tantangan Saat Ngeblog dan Solusinya

Saat  kita serius menekuni dunia blogosphere banyak tantangan saat ngeblog yang bisa membuat kita pensiun dari dunia blogging. Memasuki bulan ketiga didunia perbloggeran sayapun mulai merasakan tantangan yang seolah-olah ingin membuat saya untuk segera pensiun dini.

Dan saya yakin bro juga mempunyai tantangan pada awal mulanya ngeblog. Kali ini saya ingin mengajak para blogger yang berkunjung ke eser zone untuk bertukar pendapat mengenai permasalahan apa yang bro/sis hadapi ketika mengawali ngeblog,,  atau mungkin juga ada permasalahan yang bro/sis alami hingga saat ini dalam dunia blogging.

Disamping mengeluarkan uneg-uneg mengenai masalah yang bro hadapi ketika ngeblog, saya juga mengharapakan para blogger bisa memberikan petuah, nasihat dan sejenisnya yang bisa menguatkan blogger lain yang mempunyai tantangan saat ngeblog. Jangan merasa malu, minder, takut, dan ragu untuk saling menasihati karena kita takkan pernah tahu betapa besarnya efek yang ditimbulkan dari nasehat yang kita berikan kepada blogger lain (ini pernah saya alami).

Sebelum bro menulis tantangan yang bro hadapi dalam ngeblog, maka saya selaku pemilik blog terlebih dahulu akan  mengeluarkan uneg-uneg saya tetang tantangan yang saya hadapi saat ngeblog… Inilah beberapa tantangan yang saya hadapi saat ngeblog

  1. Akses internet yang sangat lambat. Masalah ini merupakan masalah yang cukup membuat saya pusing dan membuat dompet saya cepat terkuras. Untuk menyalurkan keinginan saya ngeblog, saya menggunakan tiga buah kartu GSM dan satu buah kartu CDMA. Kenapa saya menggunakan begitu banyak kartu yang semuanya saya daftarkan paket internet bulanan dan internet unlimeted? Satu kartu GSM saya gunakan untuk Online lewat HP dan dua kartu GSM buat modem dan satu kartu buat modem CDMA. Jadi ketika koneksi lemot dan saya lagi enak-enaknya surfing sayapun langsung mengganti dengan kartu yang lain. Tapi setelah kasus saya dengan telkomsel istri saya mulai komplain, katanya pengeluaran untuk beli pulsa udah begitu banyak. Bro/sis punya solusi?
  2. Tidak lancar berbahasa Indonesia. Masalah yang saya hadapi karena saya belum bisa berbahasa Indonesia dengan baik, maklum saya tinggal di Manado sedangkan orang  Manado tidak berbahasa Indonesia dengan baik. Untuk menulis di blog ini menggunakan ejaan dengan bahasa Indonesia yang benar saya mengalami kesulitan. Kadang saya ragu untuk menuliskan suatu kata, karena saya berpikir apakah kata tersebut bahasa Indonesia atau bahasa Manado. Bro punya solusi?
  3. Waktu blogging yang singkat. 07-40 s/d 16.30 saya harus beraktifitas di kantor bahkan beberapa hari terakhir ini saya baru bisa pulang kantor ketika malam hari karena begitu banyaknya pekerjaan yang mendesak untuk dituntaskan hingga akhir tahun. Untuk bisa menyarlukan keinginan saya untuk ngeblog maka saya harus kehilangan waktu untuk bersosialisasi didunia nyata. Waktu saya untuk ngeblog hanya dua sampai tiga jam sepulang kantor. Sebenarnya jika koneksi yang saya gunakan bagus (ketika berada di warnet pada akhir pekan) waktu dua jam bagi saya sudah cukup. Namun dikarenakan koneksi yang lemotnya minta ampun (ketika saya mendownload sesuatu speednya rata-rata 5 kbps) maka waktu dua hingga tiga jam terasa kurang mencukupi.
  4. Ketika saya blogging ada beberapa blog yang artikelnya saya komentari. Yang jadi masalah karena komentar balasan baik dari narablog maupun blogger lain (jika ada ) kadang kala tidak saya ketahui kecuali pada blog tersebut memberikan email balasan yang dikirimkan secara otomatis ke email saya ketika ada komentar balasan. Jadi bagi sahabat blogger yang menggunakan engine blogspot saya minta maaf tidak bisa berkunjung balik dan melihat respon (jika ada) atas komentar yang saya tuliskan di blog sahabat (jika saya meninggalkan komentar). Padahal bagi saya salah satu cara menjalin silahturahmi dengan blogger lain adalah lewat kolom komentar. Saya juga ngga mau di anggap blogger yang cuma sekedar mampir, tinggalkan sedikit jejak kemudian langsung pergi dan ngga mau bertanggung jawab untuk komentar yang ditinggalkan (seperti blogger lain). Untuk kasus ini apakah bro punya solusinya???

Itulah beberapa kerikil yang menghalangi jalan saya di dunia blogosphere. Bagaimana dengan anda bro? Apa tantangan bro saat ngeblog? Atau mungkin bro mempunyai solusi untuk masalah yang saya dan rekan-rekan blogger hadapi? Silahkan berbagi lewat kolom komentar. Ada baiknya email yang bro gunakan adalah email yang sering digunakan karena jika ada balasan dari komentar bro akan disampaikan lewat email.

67 thoughts on “Tantangan Saat Ngeblog dan Solusinya”

  1. Masalah kita sama. Mungkin karena sama² tinggal di Manado. Untuk beberapa poin, saya bisa memberikan saran dari apa yang saya lakukan secara pribadi.

    1. Saya pakai koneksi Flexi Net. 50 ribu per 30 hari. Lambat minta ampun, banyak masalah koneksi, tapi lumayan untuk ngeblog.

    2. Sebenarnya banyak blogger yang tidak menulis dengan bahasa Indonesia yang baku. Kebanyakan menggunakan “bahasa Indonesia sehari-hari” Tujuan dari bahasa adalah komunikasi, jadi selama pembaca mengerti, tak masalah.

    3. Waktu blogging memang berhubungan erat dengan kecepatan koneksi. Dulu waktu masih pakai koneksi 2Mbps, bisa blogwalking sampai kelelahan. Sekarang lelahnya karena menunggu page loading. Resikonya, ya dianggap sombong karena jarang mampir lagi.

    4. Di blogspot juga ada fasilitas email untuk komentar. Tapi kalau saya, justru paling jarang buka email.

    Untuk tantangan yang dihadapi, kebanyakan komentar caci maki dari pembaca terhadap beberapa posting yang dianggap tidak masuk di akal, dan aksi para tukang copas.

    Bro Eser, kalau komentar pakai keyword di kolom Name, apa diijinkan di blog ini? Tanya dulu, supaya tidak dianggap nyepam hehehe…

    1. untuk poin nomor satu saya juga pake flexi unlimeted bulanan…
      Pakai koneksi apa bro hingga kecepatan bisa tembus 2Mbps???

      keyword di kolom name diijinkan bro, mar kalau pakai link di komentar kita nda kase bro….(pake hxxp:// bila terdesak)

      1. Waktu itu pakai TelkomHotSpot. Sekarang speednya tinggal 512Kbps dan jaringan banyak masalah. Sering putus koneksi beberapa minggu, bahkan sampai lebih dari sebulan.

  2. Tantangan saat blogging memang bervariasi di tiap narablog. Apa yang bro eser alami sebetulnya ga jauh2 beda dengan kebanyakan. Yah, tinggal gimana kita aja menyiasatinya 😀
    Tapi betul, kadang tantangan itu bisa saja membuat kita pensiun dini di dunia blogging. Semoga kita jauh dari itu deh hehe

    Salam bro! 🙂

  3. Pakde Cholik

    Kendala berupa waktu dan internet lambat memang banyak dialami oleh para sahabat. Oleh karenanya jika ada kesempatan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya jangan sampai blognya tidak ter-update dengan baik.

    Terima kasih atas tipnya.

    salam hangat dari Surabaya

  4. No. 1 kan Akses Internet yang lambat bro…. Btw salam kenal dari Manado :shakehand2

      1. Boleh bro, tapi kita ada rencana itu link sahabat blogger nyanda selamanya mo pasang di sidebar but mo kase pindah di pages khusus…

  5. Saya juga memiliki hambatan yang menjadi tantangan untuk ngebog
    Semisal kesibukan di dunia nyata yang membuat saya kurang memiliki waktu beronline ria. Kadang saya cuma sempat posting karena cuma punya waktu 1 jam saja. Jika saya gadaikan waktu istirahat juga malah gak baik untuk kesehatan 🙂

    1. Iya bro, saya tadi juga baru melihat Cpanel, ternyata space hosting saya sudah hampir habis….

        1. Ya, mungkin itu jalan satu-satunya… Tapi masih ada alternatif lain yang akan saya coba…

  6. ke 1. akses di tempat saya juga lambat. tapi yah diterima saja. tentang aksesnya, sampai sekarang masih saya percayakan sama telkomsel . soalnya disini signalnya paling kuat :nerd

    ke 2. bahasa apapun jadi bro, yang penting masih bisa di mengerti, sekali-sekali juga mungkin bisa pake logat manado. yakin dah, banyak yang ngarti tuh

    ke 3. tentang waktu, saya ga da solusinya, soalnya masing-masing dari kita cuma diberi 24 jam aja :siul

    ke 4. ga da solusi juga, tapi ga apa2 kecuali sebelumnya ada yang di diskusikan pada topik trsbt. rasanya ga wajib juga.

    yang penting, kita menikmatinya :cendol

  7. kendala nmr 1 jg saya alami mas,, tp sekarang sudah enggak. langganan spidi hehehe
    kalau masalah bahasa gpp mas campur aduk hehehe

    1. Kalau bahasa ribet juga bro,,,.. soalnya saya pernah bicara saya orang dari jawa, mereka kadang ngga ngerti dengan bahasa orang Manado… Ribet juga ternyata

      1. ya pakai bahasa indonesia aja mas.. itu lebih universal kok..
        jadi gak ada salah paham atau salah komunikasi

        1. Yang benar yang mana bro??? Koment sebelumnya di kasih saran pakai bahasa campur aduk, sekarang pakai bahasa Indonesia? :bingung

  8. Om Adi | Satu Blog

    Masalahnya ga jauh beda sama saya mas.
    Terutama dengan yang no 1.
    Dulu karena ga punya koneksi jadi jarang update, akhirnya behenti.
    Sekarang mulai kangen and kembali ngeblog lagi.
    Untuk bahasa, gunakan aja bahasa sehari-hari mas. Kalau kayaknya asing bagi yang lain dikasih tambahan arti dalam bahasa indonesia aja. Jadi yang laen bisa tau bahasa manado juga 😀
    Kalau masalah waktu, no comment deh ga bisa ngasih saran 😀
    Masalah komentar, ini berhubungan erat dengan koneksi mas.
    Jadi ya di nikmati aja.he…
    Mungkin sarannya bisa bermanfaat atau mungkin kurang berkenan.

    1. menarik juga sarannya bro untuk permasalahan yang ke dua… Biar orang laeng mangarti sadiki logat Manado (Biar orang lain tahu sedikit bagaimana dialeg manado)

  9. Masalah Bahasa Indonesia jangan jad beban Bro, berbahasa aza seadanya. Biarkan bahasa Indonesia dan dan Menado bercampur juga, biarkan kita saling mengenal bahasa satu sama lain. Saya juga sering mencampur Indonesia-Sunda 😀

  10. kalo tantangan bagi saya yaitu:
    ide untuk tulisan: ide ini susah banget nyarinya, saya kadang bingung mau update apa. padahal itu blog saya bukan blog tutorial dan sbgnya.
    waktu: nah ini juga, saya masih sekolah, jadi bagi waktunya agak susah, belum lagi saya kalo update blog di warnet :cd

    ya sepertinya kendala saya hampir sama bro :p

    1. Kalau ide untuk menulis artikel mungkin catatan saya di https://eserzone.com/bagaimana-mengatasi-kebuntuan-ide/ bisa membantu bro

  11. Top Android News

    artikelnya bagus bagus nih….ditunggu coment baliknya

    xttp://candra96.wordpress.com/2010/12/02/top-10-best-android-widgets/

    1. Sorry bro, dilarang ada back link di kolom komentar… jadi komentnya saya edit ya bro

  12. Denuzz BURUNG HANTU

    sejauh ini sih Denuzz cuma nemuin masalah berupa “waktu”… Alias kurangnya waktu untuk nge-blog
    Kalo masalah koneksi sih udah mendukung. Bahasa gak masalah…
    Dan mungkin untuk mas yang dari Manado, gunain bhs Indonesia yang biasa-biasa aja, singkat, padat, jelas. Takutnya kalo kepanjangan malah bkin bingung yang baca.

    Salam BURUNG HANTU… cuit… cuit… cuit…

    1. aneh unik gokil

      betul mas, setuju… masalah utama saya juga sama yaitu waktu, apa lagi kalo lagi sibuk dan banyak kerjaan, kadang2 sampai beberapa hari blog saya tinggalkan (T_T)

  13. Kalau masalah bahasa, menurut saya biarkan berjalan apa adanya. Ada begitu banyak blogger yang tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, termasuk saya. Jadi? jalani saja dan dijadikan beban.

  14. kok sepertinya permasalahan waktu sama dengan saya, mungkin profesi kita sama bro, untuk no 1 saya kira akses lambat ga hanya ditempatmu aja
    sedang no 2, dibuat asyik -asyik aja bro, kita kan bhineka tunggal ika, satu saudara walo beda bahasa, malah dapat referensi baru.

  15. Ijinkan saya ikut komen, menurutku :

    No. 1.Aku cuma pake Telkomsel Flash bulanan Rp.100rb dan usb modem Prolink yang saya set manual HSDPA dan UMTS, speed masih lumayan walau Quota habis masih bisa buat down load sampai 250 mb selama 1,5 jam…Ya Kesimpulanya Gak ADA Solusinya, karena itu dah urusan negara, sudah tau rakyatnya hoby ngenet.. kenapa gak bikin aja satelit sendiri.

    No.2. Ngana nyanda usah pusing soal bahasa Jo.. Ngana pe tulisan so bagus, yang penting berusaha terus, nah untuk referensi coba beli KUBI : Kamus umum bahasa Indonesia.

    No.3. Soal waktu Kalo sempet ya Update tapi kalo nggak Juga gak papa, tapi kalo seminggu sekali masak sih tidak bisa..

    No.4. Gunakan Email coment auto responder tapi cuma khusus untuk wordpress, saya dah mencobanya, tapi belum tau berfungsi apa gak, sekalian tolong dicobain kamu komen di blogku kamu terima email auto dariku apa tidak. Plugin ini Gratis dapat di download di :

    xttp://ahlul.web.id/2009/04/19/wp-plugin-wordpress-comment-auto-responder.html

    Oke Gitu aja.. kalo ada salah sory ya… salam persahabatan, jangan lupa ngana datang kita pe blog ya..tks.

    1. Saya juga pake plugin tersebut bro… Nyanda sangalai suruh kita pasti pasiar bro… :shakehand2

  16. lozz akbar

    tantangan terbesar saat saya ngeblog adalah bagaimana saya bisa memerintah diri saya sendiri buat menulis :hammer

    1. Tapi bukan berarti ngga ada waktu selamanya kan? Kalau males jangan diperlihara, nanti merembet ke yang lain…

  17. Rupanya untuk bisa ngeblog dengan rutin tetap membutuhkan yang namanya militansi. Harus tangguh, sabar dan tidak mudah putus asa.

  18. secara pribadi, saya terkendala amsalah koneksi internet dan waktu luang yang ada.
    Tapi kalau koneksinya lancar, persoalan waktu bisa mudah diatur untuk ngeblog.

  19. kendala saya sama dgn mas tomi,,,tapi skrg sudah gak lagi hehhehhehee..:)

    nice post sobat…..salam knl yaww

  20. KLO masalah yang terjadi pada saya ada di poin yang no satu,,gak tau apa Towernya pendek ya di tempat saya hehhehhhehe..:)

  21. 1. Kalo soal koneksi internet yang lelet, ini emang kendala terbesar mas buat seorang Blogger 😀
    Solusinya, pakai yang pasti2 aja. Menurut saya sih mendingan mas pake koneksi Speedy + koneksi CDMA / GSM yang menurut mas paling tepat.
    Untuk CDMA, FlexiNet bisa dicoba, biaya bulanannya cuma 50rb unlimitted.
    Sedangkan Speedy, bisa dicoba paket Time Based 50 jam (200rb), kelebihannya cuma 1500/jam.

    2. Masa sih mas gak lancar bahasa Indonesia. Ini kok bagus bahasanya? 😀
    Saya kira sih gak jadi masalah, toh tulisan yang kita tulis gak selalu menggunakan EYD.
    Kalo menggunakan bahasa formal, yang ada malah jadi kaku 😀

    3. Kembali deh mas ke jawaban saya no.2. Mungkin waktu mas gak akan terbuang dengan koneksi yang lelet juka menggunakan 2 koneksi internet yang saya bilang tadi 😀

    4. Soal Blogspot, jelas itu memang kekurangan dan gak ada solusinya 😀
    Kalo bagi pengguna WP, jelas bisa memanfaatkan plugins yang ada 🙂

    1. Untuk koneksi saya menggunakan Flexi unlimeted bulanan, telkomsel flash paket 100, tri unlimitted bulanan… Saya ingin menggunakan speedy, yang jadi kendala saya hanya ngontrak disini bro…

  22. kalau buat saya kendala terbesarnya adalah waktu..selalu kekurangan waktu utk ber blogging ria, akibatnya blog ga ter update dng lancar 🙂

  23. andi sakab

    sama nih bro eser, saya juga hampir mengalami hal serupa. namun hal yang paling begitu ketara adalah rasa malas saat memang banyak kesibukan dan itu berkelanjutan terus.

    1. memang rasa malas merupakan salah satu penyakit yang harus dilawan… Saya juga terkadang merasakan hal yang demikian, namun untungnya hingga saat ini saya masih mampu melawan

  24. Kedai Obat

    sama nih bro eser, saya juga hampir mengalami hal serupa. namun hal yang paling begitu ketara adalah rasa malas saat memang banyak kesibukan dan itu berkelanjutan terus.

  25. Agus Siswoyo

    Tantangan saya justru karena terlalu suka menulis artikel jadi males blogwalking. hehehe….

    1. Walaupun malas blog walking tapi blognya tetap rame ya bro, nga pernah sepi… :thumbup

  26. INFO SEPAK BOLA TER UPDATE SELURUH DUNIA

    Saya sering mengalamai rasa jenuh yang sangat luar biasa.

    1. Kalo yang ini harus dilawan bro, sayang kan kalau blognya ngga di urus. Apalagi sudah pake domain TLD yang ngga gratis.. Kan banyak info sepak bola yang bisa bro bagikan

    1. Bro sepertinya ada masalah dengan blognya… waktu saya akses kok muncul pesan error…

  27. Ramlan Tjong

    Masih jauh ketinggalan nih gua kayaknya
    Btw ini kunjungan pertamaku dirumah ini, salam kenal aja yg smaa tuan rumah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *