Peraturan Aneh Telkomsel

Saya mungkin merupakan salah satu “nasabah” paling setia yang dimiliki oleh telkomsel. Semenjak pertama kali kenal dengan yang namanya handphone saya sudah terlanjur jatuh hati dengan si merah telkomsel tanpa pernah berpaling sedetikpun ke lain hati. Selain menggunakan kartu prabayar, saya juga beberapa waktu yang lalu mencoba menjual pulsa dengan menggunakan chip mkios (reseller chip mkios).

 

Awal mula menggunakan chip mkios saya begitu puas, namun lama kelamaan telkomsel mulai berulah dengan berbagai kebijakan yang menurut saya terkesan aneh bagi para penjual pulsa (reseller). Peraturan pertama yang saya rasa aneh adalah pemberlakuan cluster bagi para penjual pulsa. Jadi sebagai seorang penjual pulsa (reseller) dari kabupaten/kota A, kita tidak bisa melakukan order/pembelian ke dealer yang berada di kabupaten/kota lain. Mau tidak mau, akhirnya sayapun mengganti kartu dengan agak terpaksa.

peraturan aneh telkomsel Peraturan Aneh TelkomselPeraturan kedua yang saya rasa aneh adalah bagi para pemilik chip mkios yakni nomor chip mkios tidak akan aktif (tidak ada signal) jika berada di luar daerah (luar provinsi). Bahkan pemberitahuan ini tidak disampaikan oleh agen penjual chip mkios yang telah bekerja sama dengan telkomsel. Dan pihak telkomsel juga tidak proaktif  karena tidak pernah memberitahukan kepada para reseller mengenai peraturan aneh ini.

Hal ini saya ketahui ketika tahun lalu saya menghadiri kopdar blogger nusantara. Begitu menginjakkan kaki di bandara juanda surabaya saya begitu kaget karena handphone saya tertulis no signal. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana kepanikan yang saya rasakan ketika berada di bandara karena saya tidak bisa menghubungi panitia yang akan menjemput saya.

Peraturan ketiga yang saya anggap aneh adalah para penjual pulsa (reseller) yang menggunakan chip mkios dilarang menjual ke nomor yang berada di luar daerah karena jika melanggar chip kita akan dibanned. Hal ini saya ketahui beberapa hari yang lalu ketika hendak akan melakukan order pulsa.

Pihak agen kabupaten menegur saya karena menurut data yang mereka miliki bahwa chip saya melakukan pengisian pulsa ke luar daerah sebanyak 15 kali. Sayapun berkata kepada mereka bahwa saya selaku penjual pulsa tidak mengetahui dimana posisi nomor yang akan saya isikan pulsa berada. Namun oleh salah satu karyawan saya dianjurkan bertanya terlebih dahulu dimana nomor tersebut sekarang berada sebelum melakukan pengisian pulsa.

Peraturan ini bagi saya sangat aneh bahkan mungkin tidak masuk akal, masakkan untuk melakukan pengisian pulsa kita terlebih dahulu harus menanyakan dimana nomor yang akan diisikan pulsa berada?  Bukankah hal tersebut telah melanggar privacy bagi pemilik nomor telpon yang akan diisikan pulsa karena harus memberitahukan informasi dimana ia sedang berada?  Besok, entah apa lagi peraturan aneh dari telkomsel yang akan mereka keluarkan…

Advertisement

62 Responses to “Peraturan Aneh Telkomsel”

  1. 10/02/2012 at 22:38 #

    ya sudah siap siap lirik yang lain saja gan…

    • 11/02/2012 at 21:17 #

      Benar bro… Mau cari tambahan lewat cara yang lain aja soalnya si merah kahir-akhir ini mulai berulah

  2. 11/02/2012 at 11:53 #

    Pesen untuk telkomsel, lebih baik dalem negeri diberlakukan tarif roaming. Kalau gratis ya begini,…. diselipkan aturan.

  3. 11/02/2012 at 23:36 #

    Saya bukan pengguna Telkomsel bro, jadi saya menyimak dulu deh gimana perkembangan dan tanggapan dari Telkomsel nih…

  4. 12/02/2012 at 03:03 #

    salam kenal.. saya pengguna telkomsel dari pertama punya ponsel hingga kuliah, sampai akhirnya pindah ke operator lain karena alasan tertentu. sebagai pengguna biasa sih dulu saya nyaman-nyaman saja pakainya, ternyata di balik itu ada peraturan yang merugikan bagi resellernya, saya baru tahu nih…

  5. 12/02/2012 at 04:26 #

    Hmmm kok jadi terlalu mengekang reseller yah. Coba sampein keluh kesahnya ke CSnya aja mas kali aja banyak temen – temen yang protes juga 🙂

    • 15/02/2012 at 21:38 #

      Udah saya sampaikan bro, tapi kata CSnya ini udah menjadi peraturan dari mereka…

  6. 12/02/2012 at 08:58 #

    maka dari itu sampai detik ini saya tidak pernah memakai telkomsel, soalnya peraturannya emang rada ngaco.

  7. 12/02/2012 at 10:46 #

    Telkomsel memang paling bagus aksesnya dan saya menggunakannya juga namun untuk khasus semacam ini tak tahu dna baru mengetahui dari anda
    Moga2 peratiran untuk reseller telkomsel tidak terlalu ketat dan jlimet sehingga nantinya tidak akan merugikan anda dalam berbisnis pulsa
    Makin sukses terus untuk anda..

    • 15/02/2012 at 21:41 #

      Semoga saja demikian bro… Sukses juga buat usaha sedotwc nya

  8. 12/02/2012 at 15:21 #

    Dari pertama kali punya Hp saya memaki no im* jadi ndak tau perkembangan tentang si merah…. tapi kalo didaerah saya kebanyakan memang memakai no yang sama dengan saya dan kalo temen2 di daerah2 memang si merah terkenal dengan sinyal nya yang bagus, banyak temen saya yang dari sulawesi memakai si merah ini….
    Saya doakan bisnis Pulsanya lancar mas….
    :thanks2

    • 15/02/2012 at 21:46 #

      Ia, daerah Sulawesi memang signal si merah bagus bro… Btw sulawesi mana sih bro? Saya juga kan dari Sulawesi

  9. 12/02/2012 at 18:02 #

    “bertanya terlebih dahulu dimana nomor tersebut sekarang berada sebelum melakukan pengisian pulsa” == Repot bro, kenapa ga otomatis aja langsung nolak tu si merah kalau lagi di luar wilayah kan dia pasti bisa ngelacak posisi lagi dimana, masa konsumen ma penjual yg harus repot

    Kalau sistem cluster sy dah lama dengan karena teman sy juga jualan pulsa dan sekarang agak berkurang omsetnya karena ga bisa jual ke luar wilayah, tapi kalau aturan2 yg lain baru tau setelah baca disini

    Lucu ya di Indonesia, konsumen cuma di sedot duitnya doang… kalau emang aturan jelas tujuannya apa si ga masalah tapi kalau cuma buat kepentingan sepihak repot dong.

    Ngomong2 untung sy ga pake si merah buat komunikasi utama, punya juga cuma buat cadangan doang 🙂

    • 15/02/2012 at 21:49 #

      Benar bro, akhir-akhir ini si merah sering berulah….. Omset jadi berkurang drastis, apalagi saya juga kan jualan pulsa lewat internet :marah

  10. 13/02/2012 at 01:13 #

    ini udah berlangsung lama. anehnya di Tangerang antara kabupaten dengan kota juga enggak bisa :bingung

    • 15/02/2012 at 21:51 #

      Kalau saya baru tahu beberapa hari yang lalu bro, pas mau order kena tegur sama si CS… Kalau ternyata ada peraturan seperti ini kenapa ngga disosialisasikan kepada klien sebelum menjadi reseller???

  11. XAMthone plus
    14/02/2012 at 11:53 #

    Heuuu….iya bener nih cerita mirip sama yang saya alami…

  12. Agen XAMthone Plus Jati Barang
    14/02/2012 at 15:07 #

    hem kalau harus menanyakan dulu dimana lokasi no yang akan di isi ke konsumen bukannya kurang sopan,,

    begitulah,,gak cuma di chip aja,,sekarang peraturan tarifnya pun aneh dan jadi mahal banget,,kadang-kadang sinyalnya gak ada sama sekali,,

    • 15/02/2012 at 21:53 #

      Sanat tidak sopan bro jika harus menanyakan lokasi mereka yang akan diisikan pulsa…. Selain tidak sopan juga merepotkan

  13. medgad
    14/02/2012 at 16:06 #

    ikut nyimak mas, kebetulan saya bukan pengguna si merah..heee

  14. Obat Herbal Keputihan
    15/02/2012 at 17:26 #

    info nya sangat bagus sekali..
    tapi saya gak ngerti..

  15. 15/02/2012 at 23:24 #

    Walah, baru tau soal aturan aneh itu bro. Saya sendiri malas jualan pulsa lewat hape. Dari pengalaman beberapa teman, pasti ada aja masalah, terutama nggak bisa transfer. Nggak tau juga penyebabnya.

    • 16/02/2012 at 09:53 #

      Kalau soal transfer pulsa saya ngga pernah mengalami masalah bro sewaktu menggunakan chip mkios… lancar-lancar aja, soalnya kan pake chip khusus dari telkomsel… Mungkin yang bermasalah adalah mereka yang menggunakan satu kartu yang bisa melakukan transaksi ke semua operator. Kalau yang seperti itu memang sering bermasalah…

  16. Obat Tradisional Hiv Aids
    16/02/2012 at 12:06 #

    nyebrang aja gan low gitu mah ke ke yang laen , ,
    sule ajj bisa nyebrang masa kita engga , ,,heheheheee

    • 16/02/2012 at 23:11 #

      Mau nyebrang, tapi masalahnya jaringan yang ada di tempat tinggal saya yang terbaik hanya itu bro

  17. 17/02/2012 at 09:13 #

    Ribet juga ya kalau setiap kali harus tanya ke pelanggan posisinya dimana….

    • 17/02/2012 at 21:00 #

      Sangat ribet bro, disamping itu malu juga ke konsumen… Masa mau cari tahu posisi segala hanya untuk mengisi pulsa

  18. 17/02/2012 at 12:25 #

    kunjungan perdana … saya pengguna telkomsel sejak thn 2000 sampe sekarang. satu2 nya masalah, sering putus kalo telpon ke luar daerah. mau ganti lagi kayaknya sudah jatuh hati. karena sinyal di daerah saya yg bagus ya telkomsel.

    • 17/02/2012 at 21:03 #

      Sepertinya kita mempunyai masalah yang sama bro… Pengen cerai dengan si Merah tapi masih belum bisa soalnya signal paling bagus didaerah saya ya si merah

  19. 17/02/2012 at 19:34 #

    Wah berarti pulsa sellernya gak bisa go International dong gan :ngakak

    • 17/02/2012 at 21:46 #

      Jangankan internasional, keluar daerah aja ngga bisa… Aneh juga ya metode bisnis dari si Merah…

  20. 17/02/2012 at 19:57 #

    saat ngetik komentar disini..
    saya pake telkomsel

  21. 17/02/2012 at 21:17 #

    heeemmmmm, tamba lama tambah sip aja nih telkomsel, saya sendiri sebagai pelanggan telkomsel sejak tahun 2003 sekarang mah sering di kecewain sama si merah, mulai dari signyal tidak tentunya tarif yg berlaku, hadeeehhh…. untung hape ada dua jadi yg satu pake untuk rakyat , kalau tsel mah buat punya2an aja, hehehe….

    • 17/02/2012 at 21:54 #

      Pake untuk rakyat? Maksudnya bro?

      • 17/02/2012 at 23:57 #

        maksudnya pake si ungu bro alias yg punya slogan “internet untuk rakyat” 😀

  22. 18/02/2012 at 21:58 #

    Sepertinya ini adalah dilihat dari pembagian dealer, sehingga mkios daerah suatu tempat hanya bisa digunakan untuk pengisian daerah tersebut, jika digunakan diluar kota atau provinsi akan blank signal.

  23. souvenir gelas
    22/02/2012 at 00:32 #

    ganti yang lain aja gan…
    q dlu juga pelanggan setia si merah, tapi skrg dah pindah…
    si merah g bisa di ajakin irit…

  24. 25/02/2012 at 12:47 #

    wah bikin bangkrut ath

  25. 27/02/2012 at 19:23 #

    bikin capek tuh…. ane juga ada pengalaman pake mkios, ribet….

  26. keyoy
    04/03/2012 at 14:55 #

    waaaaaaah peraturannya ngasal 🙁

  27. eko
    06/03/2012 at 13:24 #

    saya baru tau ini sob..
    pantas aja banyak reseller yg mengeluh..
    Tp saya brterimakasih sama tsel karna mudah di ajak internet gratisan..

  28. 11/03/2012 at 16:06 #

    Pengalaman yang kurang mengenakkan kita dan menguji kesabaran kita
    Sabar saja mas, moga2 peraturannya berubah lebih baik dan tidak lagi mengganggu privasi kita..

  29. 11/03/2012 at 20:36 #

    apa-apan tu peraturan???pengalaman ane pake T-sel itu rugi bro..yang lain aja banyak yang lebih murah, tapi ane terlanjur milih t-sel.akhirnya ane mutusin buat ganti yang lain..selingkuh ya selingkuh deh 😀

  30. 15/03/2012 at 12:38 #

    Nanamanya telkomsel semakin banyak konsumen semakin bingung lihatnya.

  31. 20/03/2012 at 14:52 #

    bener-bener peraturan yang aneh..
    padahal saya baru pake kartu telkomsel nih.

  32. Obat Tradisional Darah Tinggi
    30/03/2012 at 15:33 #

    mulai ngelirik ke operator lain nih gan ..

  33. amplifier circuit
    15/04/2012 at 03:55 #

    ane sih blom pernah pake telkomsel gan…setia ama IM3

  34. 15/04/2012 at 15:36 #

    coba cari provider laen gan,,saya berlangganan telkomsel ud 1 tahunan memank ada beberapa kebijakan yang terkadang tidak langsung di share kepada konsumen,saya tetap pakai karena nomer ud tersebar 🙁

  35. Obat Tradisional Nyeri Sendi
    26/05/2012 at 16:01 #

    seoga hanya kali inis aja telkomsel memberikan peraturan yang tidak jelas . . .

  36. Obat Epilepsi Tradisional
    26/05/2012 at 16:02 #

    untuknya ga pake telkomsel,,hehehee

  37. 28/05/2012 at 18:51 #

    Semua kebijakan pasti nanti akan ada efekx,seperti halnya akang yg jatuh cinta dengan telkomsel sekarang mulai melirik yang lain..

    • 03/06/2012 at 10:28 #

      Walaupun sering dibuat sait hati tapi tetap pakai si merah juga sis… Soalnya di daerah saya cuma itu yang bagus signalnya…

  38. 12/07/2012 at 21:53 #

    kalau saya sejak dahulu ga pernah setia ama satu operator aja. pokoknya kalau lg ada promosi menarik ya pindah operator.

    • 15/07/2012 at 22:47 #

      Kalau saya paling malan gonta ganti kartu bro

  39. 30/04/2013 at 21:43 #

    saya sebagai penjual pulsa dan sekaligus custamer servis di ,perusahaan pulsa elektrik jga habis babak belur di hajar complen konsumen yg gk ngerti aturan kyk gni gan,,,,,oh untuk informasi bukan hanya telkomsel aja tapi semuanya jga udah ikut2tan di cluster gan,,,,jadi siap2 aja klw anda tinggl di kota tpi anda punya no dari kota b klw mau beli pulsa pulang dulu tuh ke kota B soalnya stok no lintas di batasin wkwkwkwkwkwk peraturan aneh kyk gini kok di terapka yah???/

  40. BAGAS
    28/05/2013 at 15:43 #

    Salam kenal semuanya,saya sebagai owner server pulsa elektrik merasa terkekang dgn adanya aturan cluster.Pakai chip Mkios orderan gk target di tegur,,transaksi kluar area ditegur jg.Sedangkan org skg byk yg tiap harinya bisnis pindah2 tempat dan beli pulsanya langganan.Dgn adanya aturan ini tiap mau isi pulsa harus tanya posisi dmn.Kesannya sbg penjual pulsa tu ingin tau privacy org.Chip mkios saya yg di blokir sdh lebih 10 chip gara2 transaksi outer atau kluar area dealer setempat.Katanya skg era globalisasi kok provider malah jd era gombalisasi.Maunya omset gede tp mempersempit kesempatan.

  41. 08/09/2015 at 12:17 #

    waduh, ane baru tau kalau ada provider yang seperti ini, melayani custumernya dengan peraturan yang aneh, selama ini ane cuma berkomuniksi dengan PABX aja sih di kantor panasonic, kalo untuk komunikasi di luar, pakenya si kuning, bukan telkomsel. BTW, nice inpoh gan, nanti ane kaarin dan infoin juga ke tman ane.

  42. 18/11/2015 at 09:12 #

    rumah dijual murah, harga rumah knock down kayu jati kuno mulai 20 jutaan.

    RUMAH JAWA JOGJA adalah perusahaan jual beli rumah jawa dan pemborong bangunan untuk hunian, penginapan, pendopo, rumah makan, resort, guest house, villa dan lain sebagainya. Tim ahli dan segala keperluan pembangunan yang Anda butuhkan semua ada pada kami sehingga memudahkan Anda mengontrol pembangunan hanya dengan satu pintu.

    Layanan kami meliputi :

    -Jual beli rumah limasan, rumah joglo, rumah kampung, rumah geladak, lintring, gazebo, kandang sapi /kandang kebo, gebyok dll,

    -Jasa bongkar pasang dan setting ulang segala type rumah jawa knock down,

    -Pemborong bangunan,

    – Arsitek,

    -Konsultan,

    -Desain taman,

    -Desain Interior dan Eksterior.

    -Dll.

    RUMAH JAWA JOGJA beda dengan yang lain karena kami bukan sekedar MEMBANGUN RUMAH namun kami MEMBANGUN HUNIAN yang layak, artistik, keren, aman, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Jasa yang kami tawarkan juga sangat berbeda dengan yang lainnya karena kami selalu memberikan pelayanan terbaik, tenaga kerja yang ahli dibidangnya, terlatih, profesional, loyal, jujur, berdedikasi, bertanggung jawab dan selalu mengedepankan keamanan sesuai dengan standar kontruksi di Indonesia.

    Dengan pengalaman serta kemampuan yang kami miliki dan tenaga kerja berpengalaman yang ahli dibidang arsitektur rumah jawa, membuat kami yakin bahwa kami dapat membantu mewujudkan rumah impian anda.

  43. 26/07/2016 at 12:01 #

    perdagangan monopoli selalu begitu

  44. 26/07/2016 at 12:03 #

    peraturan yang selalu indikator

Leave a Comment

3+2