Penyesalan Seorang Blogger

Pernakah anda mengalami yang namanya penyesalan? Ah, saya rasa pada umumnya kita pernah mengalami hal tersebut. Saya juga pernah mengalami hal tersebut, bahkan penyesalan tersebut terjadi ketika saya terjun kedunia antah berantah blogosphere.

Saat pertama kali terjun kedunia blogging ada begitu banyak keiinginan, harapan dan konco-konconya yang datang merasuk pikiran saya. Hasilnya? Ternyata saya mimpi buruk didunia blogosphere. Ketika memutuskan comeback untuk yang kedua kalinya  lagi-lagi saya hanya berhadapan dengan yang namanya penyesalan.

Dan ketika saya kembali untuk yang ketiga kalinya saya kembali dengan tekad yang kuat, modal yang cukup, guruh yang mumpuni dan berbagai tameng lainnya yang bisa melindungi saya sehingga tidak jatuh tersungkur untuk ketiga kalinya layaknya sinetron bergenre blogger yang berjudul penyesalan seorang blogger.

penyesalan blogger1 Penyesalan Seorang BloggerOh ya bro, langsung saja kita bahas beberapa penyesalan yang dihadapi oleh seorang blogger. Satu harapan saya semoga bro n sis bisa terhindar dari hal-hal berikut ini:

Penyesalan pertama, salah memilih domain name/nama blog.

Domain name memegang peranan penting dalam sebuah blog. Makanya saat kembali ngeblog untuk ketiga kalinya saya memikirkan matang-matang apa nama blog yang akan saya gunakan. Buang jauh-jauh pribahasa kuno apa arti sebuah nama. Pacar bisa gonta-ganti, tapi apa mau terus menerus gonta ganti nama domain?

Penyesalan kedua, salah memilih hosting.

Hosting merupakan kamar tempat blog kita bernaung. Ada baiknya sebelum kita menyewa sebuah kamar (baca hosting) untuk  blog yang kita kelolah, terlebih dahulu kita mencari tahu siapa pemilik rumah, bagaimana perlakuan tuan rumah (terlebih para cs) dalam menjamu para tamu. Kalau bisa cari tahu track record pemilik rumah dalam dunia maya. Hal terakhir barulah kita melihat harga sewa kamar yang diberikan oleh tuan rumah. Saya sendiri menyewa sebuah kamar di kuncihost, harga yang diberikan lumayan murah tapi ngga murahan. Tuan rumahnya juga baik.

Penyesalan ketiga, salah memilih guide.

Jika masih pertama kali terjun kedunia blogging ada baiknya bro n sis mempunyai guide yang bisa membimbing jejak langkah bro sehingga ngga tersesat. Yang saya maksudkan tersesat bukan karena bro akan kekurangan sumber informasi, tapi justru bro akan kebanjiran informasi apa terlebih jika bro ingin mencari tambahan uang jajan diinternet. Dunia maya menyajikan ribuan informasi yang harus kita pilih dan pilah. Dari guide yang berbaju putih (guruh internet marketing) hingga yang berjubah hitam (penyebar informasi scam) semuanya hampir sama, sama-sama kelihatan baik dan ingin membantu. Dan untuk hal ini saya juga beruntung karena mempunyai guruh yang bisa membantu saya baik lewat buku panduan (ebook), artikel berbobot, video, forum, tools bloging, email, maupun lewat kontak telepon. Ngga menyesal saya gabung di cafe tempat para pebisnis internet.

Penyesalan keempat, salah memilih engine blog

Banyak eninge blog yang bertebaran yang bisa anda dapatkan secara gratis diantaranya blogspot, drupal, texpatern, joomla, wordpress, auracms, dan konco-konconya. Tiga engine blog telah saya coba (blogspot, joomla dan terakhir wordpress), dan wordpress yang membuat saya jatuh hati sehingga melupakan blogspot bahkan joomla yang telah saya tekuni selama satu tahun lebih. Sebelum bro n sis memilih sebuah mesin untuk blog, maka ada baiknya bro n sis mencari tahu terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan dari mesin tersebut sehingga kendaraan yang bro tumpangi bisa melaju kencang dan tahan lama didunia blogging.

Penyesalan kelima, salah memilih template.

Sering saya jumpai blogger yang senang gonta-ganti template. Tidak puas terhadap template yang digunakan/tergoda dengan baju (baca template blog) yang digunakan tetangga menjadi alasan sehingga kita berpaling menggunakan pakaian yang baru. Padahal terlalu sering kita gonta-ganti baju  selain membingungkan pengunjung blog, juga bisa membingungkan mbah google. Sedikit tips biar ngga sering gonta-ganti template, carilah template seperti bro mencari seorang pacar. Selain harus cantik (desain template yang baik), berprilaku baik (perhatikan tingkat keterbacaan website) dan juga sebaiknya tidak sombong (ramah dengan mesin pencari/template search engine friendly).

Penyesalan keenam, salah memilih teman bergaul.

Dunia blogosphere merupakan dunia tempat kita (blogger) bergaul. Seperti yang saya katakan pada point yang ketiga bahwa tidak sedikit blogger yang ingin berteman dan berusaha membantu kita (ujung-ujungnya menawarkan produk SCAM). Hal ini pernah saya rasakan, namun apa harus dikata? Inilah dunia maya, penuh dengan berbagai tips dan trik (baca tipu muslihat) yang dilakukan oleh blogger bertopeng yang melanglang buana berkeliaran dengan begitu bebasnya berbungkus sales latter yang siap memangsa kita.

Sudah selayaknya kita selektif memilih rekan blogger, buang jauh-jauh pribahasa jatuh cinta pada pandangan pertama. Jangan mudah jatuh cinta dengan blog tetangga, lihat baik-baik prilakunya didunia maya kalau perlu minta bantuan mbah google. Kalau bisa cari teman blogger yang bisa memberikan banyak masukan, motivasi buat bro n sis. Artikel yang akan datang saya akan memberitahu mereka yang telah “menjerumuskan” saya lewat berbagai tulisan mereka sehingga saya bisa lebih tahu bagaimana dunia blogosphere.

Itulah beberapa penyesalan seorang blogger yang kebetulan pernah saya rasakan ketika berpacaran dengan blogging. Bro punya tambahan? Silahkan berbagi lewat komentar dijamin aman dari satpam dan moderasi komentar

Advertisement

60 Responses to “Penyesalan Seorang Blogger”

  1. 10/02/2011 at 00:25 #

    pertamax boleh gak ?

  2. Hendro
    10/02/2011 at 00:48 #

    Penyesalan tidak ada, yang ada hanya putus asa dan tidak berani mencoba.
    Kalupun menyesal itu buat satu pilahan yang salah bukan berarti penyesalan. Jika memang dunia online untuk bisnis kenapa ngeblog dan tidak memilih berjualan dengan memilih engine joomla?
    Engine ada kelemahan dan kekurangan hostingpun begitu..
    never give up ..
    CMIIW

    • 10/02/2011 at 13:16 #

      Hampir semua engine bisa digunakan untuk berjualan bro. Maskud saya dengan memilih engine blog agar supaya kita ngga gonta ganti mesin blog sehingga bisa menjadi expert di mesin tersebut. Soal engine adalah soal selera dari masing-masing blogger… Yang terpenting sih tidak pernah menyerah walaupun jatuh berulang kali

  3. 10/02/2011 at 03:07 #

    tambahan dari saya adalah topik bahasan yang di tulis di blog kali ya?

    hehe tapi justru proses itu yang membuat kita lebih banyak belajar tentang sesuatu 🙂

    • 10/02/2011 at 13:22 #

      Menurut saya pribadi topik yang kita angkat di blog kan pastim merupakan topik yang kita kuasai, jadi mungkin blogger ngga akan menyesalinya bro apalagi saya yang mengusung blog aliran gado-gado :ngakak
      Memang proses demi proses yang kita jalani akan semakin menambah pengetahuan sekaligus menjadi pengalaman kita. Saya sangat suka dengan pribahasa Pengalaman adalah guru yang terbaik

      • 10/02/2011 at 13:57 #

        :toast sama kawan …. blogger gado2 alias blogger tinutuan .. hahahahaha

        • 10/02/2011 at 14:34 #

          Biar gado-gado mar sadap pasti banya orang suka, oi to sob??? :ngakak

  4. belajar dan berbagi informasi
    10/02/2011 at 06:29 #

    Bagi saya tidak terlalu masalah Bro. Walau mungkin memang ada sedikit penyesalan tsb. Bukankah segala sesuatunya ada prosesnya. Bahkan, dari situ kita bisa belajar.

    • 10/02/2011 at 13:25 #

      Memang benar semua butuh proses, tapi kalau kita bisa belajar dari orang lain kan akan lebih baik sehingga tidak mengalami kegagalan/penyesalan yang sebetulnya bisa kita hindari

      • belajar dan berbagi informasi
        10/02/2011 at 19:36 #

        Bener Bro, dari pengalaman kegagalan org lain misalnya, kita juga bisa menghindari kegagalan sendiri. Thanks bro. Blog Saya juga masih tergolong gado2, he,,,he,, :thanks2

        • 10/02/2011 at 20:20 #

          Gado-gado ngga masalah, yang penting bagaimana cara membuat dan menyajikan gado-gado agar terus dicari pelanggan :thanks2

  5. TYrips
    10/02/2011 at 08:09 #

    meskipun saya gagal pertamaX, saya juga ingin berpendapat..,
    menurut saya pribadi, semua penyesalan diatas datang tergantung dari apa motivasi seorang blogger dalam menjalankan blognya. Kalo mungkin untuk bisnis, semua penyesalan diatas haruslah diantisipasi cepat – cepat. Namun buat tipe blogger yang menganggap blog itu adalah sebuah teman (lebay seperti tsubaza Ozora…wkwkwkwk) dan menulis just for fun, tanpa beban dan mengalir seperti air pasti takkan ada penyesalan dalam membuat blog hehehe… saya berpendapat begini karna melihat sebuah contoh blog yang menjadi salah satu influence saya. Coba liahat blognya disini bro (bukan bermaksud spam) http://xfile-enigma.blogspot.com. Coba liat domain blognya, trus liat trafficnya…hehe
    keep blogging bro, btw kalo ada yang telah menyesal blogging karna alasan diatas, silahkan kalian liat blog saya saja, kemudian berhentilah menyesal karna ternyata ada blog yang lebih hancur dari punya anda…hihihihi

    • 10/02/2011 at 13:34 #

      Saya menuliskan hal ini bukan untuk menjatuhkan mental dari blogger, memang mungkin lebih tepat jika judulnya Kesalahan seorang blogger…
      Hal ini saya posting karena saat ini beberapa blogger yang saya kenal mengalami berbagai permasalahan seperti yang saya sebutkan diatas, makanya beberapa point diatas hendaknya menjadi bahan pertimbanga kita. Saya yakin narablog pemilik xfile enigma punya alasan kenapa dia memilih nama blog tersebut.

      • TYrips
        11/02/2011 at 08:21 #

        memang bro tulisan anda kali ini sangat membangun dan juga ‘memperingatkan’ kepada para blogger (khususnya newbie seperti saya). Hal seperti ini juga bisa membantu mempertahankan semangat kita untuk terus nge-blog.
        keep bloggin trus deh bro!!

        • 11/02/2011 at 09:38 #

          Ditunggu artikelnya di kawanua blogger….

          • TYrips
            13/02/2011 at 18:46 #

            hahaha…
            kita lagi mo coba bro, cuman kalo artikel berbau daerah sendiri kita masih rasa nyanda kompeten bro!!
            namun pasti kita akan coba kontribusi disana dekat – dekat ini…

        • 13/02/2011 at 19:53 #

          Tulisa sesuai minat dan kemampuan bro, jangan dulu terlalu memaksa menulis diluar yang toang suka.. Nanti lama-lama kalo so konsisten menulis baru bisa ambil tantangan menulis sesuatu diluar kebiasaan

          • Richard Rondonuwu
            14/02/2011 at 17:02 #

            itulah bro, makanya kita absen dulu… hehehe
            musti banya blajar pa nga yang so senior.., hehe
            kita kasiang ba blog cuma iko rame (sama deng tu artikel di kawanua blogger) 🙂

        • 15/02/2011 at 09:43 #

          Kalo di blogging itu belajar 20% praktek 80%.. Kalo cuma blajar kong nda coba torang nda akan tahu torang pe kemampuan. yang penting pede aja bro, lagian toh torang bukang seorang penulis tenar/wartawan yang tahu seluk beluk dunia penulisan… Didunia blogosphere yang paling penting orisinalitas dan kreativitas

  6. 10/02/2011 at 12:12 #

    pengalam yang menarik .. yang diberikan oleh senior untuk seorang Junior nya ^__^

    Terima kasih sudah memberikan Informasi berharga kepada saya ^__^

    salam hormat dari junior ^__^

    • 10/02/2011 at 13:40 #

      Saya masih junior juga bro, soalnya kan ngeblognya baru bisa mulai belajar konsisten setelah mengelolah eserzone… Memang saya sudah lama mengenal dengan dunia blogging (tahun 2006), tapi menekuni secara lebih serius baru ketika saya membuat eserzone.com.

  7. 10/02/2011 at 14:25 #

    Trimakasih atas sarannya mas
    kalau sekarang aku masih selfhosting gratisan hhe
    co.cc + webhost
    tapi loadingnya lama
    oh ya, trimakasih juga
    semoga kalau aku mau beli hosting atau domain tidak menyesal hhe

    • 10/02/2011 at 21:02 #

      memang ada baiknya jika beranjak menggunakan domain self hosting bro, apalagi bro mulai belajar menekuni yang namanya bisnis…. Akan terleihat lebih kredibel jika menggunakan self hosting dibandingkan yang gratisan.. Oh ya bro, gimana bisnis kaosnya?

  8. kamaropini
    10/02/2011 at 16:32 #

    buanyakkkk… sekali penyesalannya… tapi kan tetep kembali dan kembali untuk ngeBlog. yah, berarti jiwa menulis di blog sudah tertambat di hati. hehehe.

    • 10/02/2011 at 19:21 #

      Penyesalan itu bukan hanya saya yang pernah mengalami, tapi yang paling penting sih jangan mudah menyerah… Apa ia, jiwa menulis sudah tertanam di hati saya??? :bingung
      Semoga saja begitu

  9. Octa Dwinanda
    10/02/2011 at 19:16 #

    Penyesalan yang terakhir adalah : kenapa ga dari dulu ngeblognya.. Hehe

    • 10/02/2011 at 19:54 #

      Benar juga bro, :ngakak :thumbup

  10. tomi
    10/02/2011 at 21:00 #

    saya penyesallan cuma ada di nomor 3, 6 mas ..
    3. salah milih guide karena dl temennya malah pebisnis online yg gak berhasill alhasil saya cm termakan bujuk rayunya
    6. karena dl saya gak pernah bergaul.. untungnya sekarang sering bergaul dan ngbrl dengan narablog.. jadinya ya enak dan bs tuker informasi dan wawasan

    • 11/02/2011 at 01:11 #

      Poin kelima ngga termasuk ya bro? :ngakak

      • 16/02/2011 at 19:24 #

        hehhe.. enggak mas. masih mencari jati diri.. hehehe

  11. 10/02/2011 at 21:13 #

    Alhamdulillah, blom menyesal hingga hari ini dan smoga tidak …

  12. 10/02/2011 at 21:27 #

    Kalau saya sih mas banyak salah. Tapi dari kesalahan itu kita belajar tidak?

    • 11/02/2011 at 01:13 #

      Benar bro, belajar dari kesalahan.. Saya juga sementara belajar dari kesalan saya yang lalu, apalagi kesalahan saya didunia maya selama ngeblog

  13. Denuzz BURUNG HANTU
    10/02/2011 at 23:36 #

    Sepertinya penyesalan ke-2-lah yang sangat Denuzz rasakan…
    Hosting yang salah… Hikzzz…
    So, harus nunggu setahun buat pindah hosting. Bisa sih langsung pindah, tapi kan sayang duitnya… Hehe…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    • 11/02/2011 at 01:19 #

      Hal ini memang menjadi dilema bro…. Disatu sisi menyesal dengan hosting yang sering down, tapi disatu sisi nyesal juga mengeluarkan biaya apalagi kalau sewa kamarnya belum lama. Sedikit tambahan, jika akan menyewa hosting baru jangan keburu kontrak satu tahun… Untuk permulaan kontrak dulu 3 bulan, nanti kita bisa lihta bagaimana tingkah laku hosting tersebut

  14. BikinHoki
    11/02/2011 at 08:23 #

    Penyesalan yang bisa jadi pelajaran berharga mas. Bisa jadi pertimbangan teman yang ingin terjun ke dunia blogosphere termasuk saya.

    • 11/02/2011 at 10:57 #

      benar mas, artikel ini saya tulis biar bisa menjadi bahan pelajaran bagi kita semua.. Tapi yang pasti jangan larut dalam penyesalan

  15. ardianzzz
    11/02/2011 at 14:22 #

    1. Penyesalan saya, tidak punya cukup uang untuk beli hosting yang support SSH… 🙁
    2. Tidak punya kartu kredit untuk verifikasi account Heroku… :((
    3. Tidak pakai Linux sejak dulu… :(((

    • 11/02/2011 at 14:46 #

      Untuk point nomor satu kita sama bro….

  16. TuSuda
    11/02/2011 at 16:31 #

    Kadangkala menyesal juga mengapa sy baru (setahun) tahu tentang ngeblog..kenapa tidak dari dulu (puluhan tahun lalu) saja bisa berkiprah di dunia blogging.

    • 11/02/2011 at 19:18 #

      Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali bro

  17. 11/02/2011 at 18:28 #

    Saya rasa, point diatas bukan termasuk sebuah penyesalan, tapi hanya kesalahan yang “mungkin” masih bisa diperbaiki beberapa hal. Kecuali poin satu (nama domain).

    Karena masalah Domain untuk membangun branding. Jadi harus bener2 di”tahajjud”i…. :shakehand2

    Yang penting blogging tetep jalan bro..

    • 11/02/2011 at 19:58 #

      Memang benar bro, se[perti yang sudah saya sebutkan ketika mengomentari tyrips, bahwa artikel ini lebih tepat berjudul Kesalahan seorang blogger…

  18. dHaNy
    11/02/2011 at 23:15 #

    semoga setelah penyesalan tersebut sekarang semakin matang lagi ngeblognya… Saling memberi motivasi dan menjaga silaturahmi…

  19. 11/02/2011 at 23:54 #

    ini ceritanya bukan penyesalan yo cah bagus, iki jenenge sumeneng

    • 12/02/2011 at 21:48 #

      Ado bro nya mangarti kita dengan apa yang nga da tulis (saya ngga ngerti bro dengan komentarnya)

    • TYrips
      13/02/2011 at 18:48 #

      bruakakaka… koq tahu kalo author blog ini asli Jawa sih…hehehe

  20. 12/02/2011 at 11:06 #

    Menurut saya itu bukanlah penyesalan bro tapi lebih menjurus pada pencarian jati diri sebagai blogger, seorang blogger pemula jika tidak melakukan kesalahan2 tersebut ya g bakalan ada peningkatan kualitas blogger, kecuali ia menyerah dan putus asa karena telah mengalami kesalahan2 tersebut barulah akhirnya ia nyesal, nyesal bukan krn hal2 diatas tapi karena ia tidak mau belajar lebih giat lagi serta bersabar..

    Just my opinion

    • 12/02/2011 at 21:53 #

      Memang seperti apa yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa judulnya kurang pas, yang lebih tepat adalah kesalahan seorang blogger…
      Tambahan yang bagus bro, kesalahan janganlah dijadikan alasan untuk menyerah. Tapi kesalahan sebaiknya menjadikan kita untuk lebih giat lagi belajar seperti yang bro katakan :thumbup

  21. andre
    12/02/2011 at 12:50 #

    kalo saya lebih sering penyesalan ke 5 sob. pakai wordpress, tapi templatenya masih bingung. belum ada yang pas di hati. soalnya belum bisa bikin tmplete sendiri

    • 12/02/2011 at 21:55 #

      Cari aja template gratis yang banyak beredar, kemudian baru dimodifikasi sedikit biar makin kinclong… Kalau punya duit lebih, ya beli temlate premium bro…

  22. dery
    13/02/2011 at 16:09 #

    untungnya tidak ada yang salah dari blogku..
    mulai dari domain name hingga pertemanan tidak ada yang ku sesali,, semuanya kujalani dengan syukur.. hehe.. 😀
    mas eser mau order kaos blogger tidak? cek blog saya mas.. :mrgreen:

  23. 14/02/2011 at 13:26 #

    Terkait penyesalan nama domain, apakah maksudnya nama domain blog ini bro? Saya rasa nama eserzone.com sudah cukup singkat, simpel, mudah dilafalkan, dan juga mudah diingat.

    • 14/02/2011 at 14:20 #

      Kalau nama yang ini saya sudah sreg bro… Yang saya sesalkan nama domain dua blog saya yang terdahulu, padahal blog yang satu (citawaya.com sudah ada PR 2 (walaupun beberapa bulan terakhir jarang di update)

  24. 25/02/2011 at 19:13 #

    memang musti hati-hati dan tips ini sangat berguna bagi blogger level menengah, kalau blogger newbie saran saya nikmati saja ngeblog itu :kr

    have fun :selamat

  25. Domain murah
    09/09/2014 at 18:25 #

    Terima kasih atas infromasinya semoga bermanfaat untuk semua orang, terima kasih 🙂

Leave a Comment

1+1