Makna Natal Yang Sesungguhnya

Facebook boleh menjadi situs populer bahkan cerita tentang awal mula berdirinya facebook dibuatkan sebuah film, cerita yang disajikan oleh wikileaks menjadi topik hangat di seluruh dunia, bahkan di akhir tahun ini prestasi timnas Indonesia di kancah sepakbola menjadi bahan perbincangan serius diberbagai media massa di tanah air. Tapi sampai kapan hal itu akan menjadi bahan perbincangan? Berbeda dengan Natal yang setiap tahun selalu menghadirkan cerita yang tak akan pernah usang dimakan waktu. Namun apakah sebenarnya makna natal yang sejati?

Makna natal yang sejati janganlah diukur dari dari hal-hal lahiriah. Sudah selayaknya natal memberikan arti bagi setiap pribadi yang merayakannya.

makna natal Makna Natal Yang SesungguhnyaNatal bukanlah ajang untuk berpesta pora

Ditengah pergumulan yang melanda saudara-saudara kita yang terkena bencana letusan gunung merapi, bencana di wasior, tsunami mentawai, apakah kita rela berpesta pora ditengah jeritan tangis saudara-saudara kita? Juru Selamat datang dengan penuh kesederhanaan, maka selayaknya Natal dirayakan dengan penuh kesederhanaan tanpa menghilangkan makna natal yang sesungguhnya.

Natal bukanlah ajang saling pamer

Hilangkan kebiasaan untuk selalu menggunakan barang yang baru disaat Natal apabila perekonomian kita tidak mencukupi. Jangan pergunakan istilah orang Manado “Biar kalah nasi mar jangan kalah aksi” yang berarti biar kita kesusahan mencari makan namun jangan mau kalah dalam bergaya. Janganlah karena tetangga kita membeli sesuatu yang baru disaat Natal maka kita ikut-ikutan bahkan terkesan ingin menyaingi orang lain.

Jadikan Natal sebagai ajang introspeksi diri

Alangkah indahnya jika disaat Natal kita meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan segala tingkah laku kita selama ini, apakah segala tingkah laku dan aktifitas kita ditengah keluarga, di tengah-tengah pergaulan didunia blogosphere, bahkan di tengah masyarakat luas, kita sudah menjadi berkat bagi orang lain? Ataukah justru hingga saat ini kita masih menjadi batu sandungan?

Berbagi kasih di saat Natal

Alangkah indahnya jika Natal kali ini menjadi ajang bagi kita untuk bisa berbagi dengan sesama kita sehingga kita bisa merasakan makna Natal yang sesungguhnya. Jangan menganggap bahwa kita tidak mempunyai meteri maka kita tidak bisa berbagi dengan orang lain. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan terhadap sesama kita tanpa perlu materi namun bisa memberikan manfaat seperti mendoakan orang yang sakit, memberikan motivasi kepada mereka yang sementara putus asa, menghibur mereka yang lagi dilanda musibah, dan aktifitas berguna lainnya.

Saling memaafkan disaat Natal

Natal merupakan saat yang tepat bagi kita untuk mulai saling memaafkan seperti yang dilakukan umat muslim disaat Idul Fitri. Kenapa kita harus berkeras hati mempertahankan pendapat/ideologi kita terhadap suatu hal sehingga menyebabkan kita saling bermusuhan dan menyimpan amarah yang berkepanjangan antara satu dengan yang lainnya?

Kiranya perayaan Natal kali ini bisa dirayakan dengan penuh kesederhanaan tanpa menghilangkan makna natal yang sebenarnya. Natal kiranya membuat kita lebih peka terhadap orang lain, menggugah empati kita terhadap sesama yang hidup dalam kekurangan, yang dilanda bencana atau yang sedang dirundung kesedihan sehingga kali ini kita bisa merasakan makna natal yang sebenarnya bukannya Natal dengan sejuta perayaan tapi miskin penghayatan. Selamat hari Natal bro

Advertisement

32 Responses to “Makna Natal Yang Sesungguhnya”

  1. Realodix
    25/12/2010 at 02:14 #

    Owh ternyata ini makna sesungguhnya

  2. Denuzz BURUNG HANTU
    25/12/2010 at 04:12 #

    Just wanna say:
    “Selamat Natal” 😀

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  3. 25/12/2010 at 08:23 #

    Tidak semua orang bisa memaknai natal dengan semua itu. Contoh kecilnya saja pasti dengan berpesta >del>miras. Selamat Natal 2010 dan tahun baru 2011 bagi yang merayakan. Semoga damai dan kasih bisa bersama kita. :selamat
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  4. 25/12/2010 at 14:28 #

    HALO BANG ESER. 😛 OH YA, SELAMAT NATAL BUAT BANG ESER DAN KAWAN-KAWAN YANG MERAYAKAN. SEMOGA NATAL KALI INI MENJADI NATAL YANG INDAH
    TUHAN MEMBERKATI KAWAN-KAWAN SEMUA

    SALAM CAHYA NUGRAHA
    OH YA, HATI-HATI SENDAL SETAN DI JALAN BANG

  5. tomi
    25/12/2010 at 16:13 #

    selamat hari natal juga mas broo….
    saya merayakan natal jg cuma berkumpul dan ziarah ke makam ayah dan om..
    penuh kesederhanaan tapi penuh kebahagian dan sukacita

    • 26/12/2010 at 17:17 #

      Natal kali ini juga dirayakan dengan penuh kesederhanaan dengan sanak saudara di Kampung… Masih ingin berlama-lama di kampung tapi diburu dengan tugas kantor 🙁

      • 28/12/2010 at 10:26 #

        hehehe.. beruntung saya blm bekerja mas.. masih dalam tugas akhir kuliah.. smg januari bs maju sidang. amiiin..
        kenapa g cuti mas?

  6. anawia Optimis
    26/12/2010 at 01:49 #

    natal hmmm apa tuh kagak ngerti ane. tapi biasanya selalu mengajarkan sesuatu yang baik. ia gak?

    • 26/12/2010 at 17:58 #

      Natal itu merupakan hari raya keagamaan umat Kristiani bro

  7. hosnan fauzi
    26/12/2010 at 03:07 #

    selamat natal ya… mas…

    salam kenal

  8. 26/12/2010 at 13:38 #

    selamat natal yaa

    Dija berkunjung….

    • 26/12/2010 at 17:27 #

      Makasih tuk kunjungannya dik… :shakehand2

  9. Erdien
    26/12/2010 at 16:03 #

    Semoga semua umat Kristiani khususnya mampu memaknai hari besarnya iu dengan bijak, sehingga mampu memberikan yang terbaik untuk dirinya dan semua yang ada di sekitarnya!
    Sukses buat karir dan kehidupanmu Bro!

    • Ceritaku Suka-Suka
      26/12/2010 at 16:04 #

      Ikut nampang di sini Bro
      hehe… :iloveindonesia

    • 26/12/2010 at 17:20 #

      Thanks bro, alangkah indahnya jika kita bisa hidup rukun dan damai seperti semboyan orang Manado “Torang samua basudara, baku baku bae kong baku-baku sayang”

  10. Ceritaku Suka-Suka
    26/12/2010 at 16:05 #

    Wew…. spammer mah ditawan oy :malu

  11. 26/12/2010 at 18:31 #

    HHA ITU POSTINGANKU KOK BRO, YANG JUDULNYA KAYAK GITU LAH AHAHHAA. NONTON BOLA YA NTAR BRO :p

    • 26/12/2010 at 19:07 #

      Sudah pasti itu bro, walaupun tampilan monitor TV jelek tapi tetap ngotot nonon

  12. Aldy
    26/12/2010 at 19:33 #

    Selamat Natal sahabat, semoga kelahiran Yesus Kristus memberikan kecerahan dan kedamaian.

    • 27/12/2010 at 12:37 #

      Selamat Natal juga bro :selamat

  13. 26/12/2010 at 23:47 #

    Ane ikut dukung aja gan jika yang berbau positif

  14. 27/12/2010 at 00:30 #

    ane jadi bosen tiap hari berita dimana2 timnas melulu.. btw mungkin bisa dijelaskan gan sejarah diperingatinya natal? biar pada tahu neh agan2 sekalian 😀

    • 27/12/2010 at 12:42 #

      Kalau soal sejarah Natal udah banyak di artikel-artikel tetangga bro, makanya saya tidak menjelaskan dalam artikel ini.

  15. 27/12/2010 at 11:50 #

    Saya ucapkan selamat saja bro, maaf saya tidak merayakannya, semoga dapat memaknai hari bahagia ini dengan semestinya, sukses kedepan bro! Kita naik gaji ga bro tahun depan?, hehe

    • 27/12/2010 at 12:49 #

      Perbedaan itu kan semakin mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara di negeri kita ini. Yang penting kita bisa saling menghargai satu dengan yang lainnya seperti dalam dunia blogging ada begitu banyak jenis blogger sehingga dunia blogosphere kita penuh dengan banyak warna…
      Ia bro, tahun depan kita naik gaji, walaupun nanti akan dirasakan pada bulan maret/april. 15% dari gaji pokok kan?

  16. 27/12/2010 at 15:53 #

    selamat merayakan natal, eser 🙂

  17. ajundi14
    31/12/2010 at 20:47 #

    halo,,, maafff saya terlambat…. :sorry
    semoga ucapannya masih di terima….
    SELAMAT NATAL 2010 … kalau ada yang kurang berkenan mohon di maafkan. semoga kita semua mendapat karunianya :sungkem

  18. CoZyBLOG Belajar dan Berbagi Informasi | Tips | Motivasi | Blog | Bisnis Online | Software
    08/01/2011 at 19:58 #

    sama ma agan. ane jg cmn mendekam dirumah bersama keluarga. lebih enak gan.

Trackbacks/Pingbacks

  1. xbox 360 best games - 17/03/2012

    xbox 2 red lights…

    Life can provide you with 100 reasons to cry, however, you may give life lots of reasons why you should smile. Good a.m….

Leave a Comment

1+1