Suara Blogger Indonesia: Bebaskan Blogger Vietnam Yang Dipenjara

Kami, para blogger / netizen Indonesia menyampaikan solidaritas dan menyatakan kepedulian yang mendalam atas dijatuhkannya vonis penjara berat terhadap 3 (tiga) blogger Vietnam yang kritis terhadap pemerintah. Kami menilai, kriminalisasi blogger merupakan ancaman terhadap kebebasan berekspresi, kebebasan berpendapat, dan kebebasan berinformasi.Seperti diberitakan, pada 24 September 2012, Pengadilan Rakyat kota Ho Chi Min menjatuhkan hukuman berat terhadap sejumlah blogger Vietnam (sumber: http://www.bbc.co.uk/news/world-asia-19697905 dan http://www.ifex.org/vietnam/2012/09/19/dissidents_targeted/) antara 4 hingga 12 tahun penjara. Mereka dihukum melalui pengadilan yang hanya memakan waktu 6 jam, karena menyuarakan kritik terhadap pemerintah Vietnam. Vonis penjara kepada tiga blogger tersebut menambah panjang daftar kriminalisasi blogger / netizen di Vietnam. Saat ini sudah 19 blogger / netizen di Vietnam yang dipenjara karena kritis terhadap pemerintah (http://en.rsf.org/vietnam-dissidents-and-families-targeted-18-09-2012,43397.html)

Kriminalisasi atas pelaku perbedaan pendapat di Vietnam senyatanya merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia (HAM), terutama terkait dengan pasal 19 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia(DUHAM) dan pasal 19 Kesepakatan International tentang Hak Sipil dan Politik yang telah diratifikasi oleh Vietnam pada 24 September 1982.

Hukuman penjara yang ditimpakan kepada blogger / netizen di Vietnam tersebut, selain merampas HAM para blogger / netizen yang terkena hukuman, juga dapat menimbulkan “chilling effect“, atau terhambatnya kegiatan yang sah (dalam hal ini kegiatan berpendapat, berekspresi, berinformasi) karena kekuatiran atas ancaman sanksi hukum. Sehingga hanya akan tersisa segelintir blogger / netizen yang masih berani menyuarakan kebenaran dan kejujuran di Vietnam pada khususnya, dan perlahan dapat berdampak pula bagi blogger / netizen di kawasan Asia Tenggara pada umumnya.

Untuk itu, kami mendesak Pengadilan Rakyat kota Ho Chi Min dan Pemerintah Vietnam untuk membebaskan 19 blogger / netizen yang saat ini telah berada di dalam penjara melalui proses hukum yang berlaku dan membuka akses bagi pengamat internasional. Karena kami yakin, pembebasan para blogger / netizen dari penjara tersebut selain pengakuan atas kebebasan berekspresi, berpendapat dan memperoleh informasi, juga sebagai bentuk perlindungan HAM oleh negara.

Demikian pernyataan solidaritas dan kepedulian kami, blogger / netizen Indonesia, agar dapat menjadi perhatian Pengadilan Rakyat kota Ho Chi Min dan Pemerintah Vietnam.

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi:

  1. Margiyono, Indonesia Online Advocacy (email: margiyono_megi[at]yahoo.com, telepon: +6281517961819)
  2. Donny BU, ICT Watch – Indonesia (email: donnybu[at]ictwatch.com, telepon: +62818930932)
  3. Akhmad Nasir, Combine Resource Institution (email: anasir[at]combine.or.id , telepon: +628112508530)
Catatan: Surat ini telah disampaikan kepada pemerintah Vietnam (melalui Kedubes Vietnam di Jakarta)

Luangkan sedikit waktu anda dengan mengirimkan dukungan lewat http://suarablogger.org/2012/09/26/bebaskan-blogger-vietnam lihat box paling bawah setelah artikel dan kirimkan dukungan anda.

Advertisement

36 Responses to “Suara Blogger Indonesia: Bebaskan Blogger Vietnam Yang Dipenjara”

  1. 28/09/2012 at 08:47 #

    setuju”!!!
    berikan kebebasan kepada para blogger untuk berekspresi..

  2. Kolesterol Tinggi
    28/09/2012 at 12:58 #

    kasihan sekali .. saya turut mendukung ..

  3. 28/09/2012 at 14:34 #

    Boleh minta link tulisan blogger Vietnam yang dipenjara itu ga, Mas? Seberapa tajam sih kritik dia. Sebenarnya banyak juga lho blogger Indonesia yang mengkritisi pemerintah, tapi masih dengan bahasa yang halus

  4. 28/09/2012 at 17:24 #

    Miris sekali mendengarnya…
    Saya jadi ingat pas jamanya orde baru, tidak ada kebebasan dalam bersuara

  5. alena
    29/09/2012 at 21:32 #

    asal jangan pemerintah latah ya ngeberangus blogger-blogger kritis

  6. 30/09/2012 at 16:11 #

    Sekarang ahirnya gmana ?masi dipenjara brow.w. . uda lama ne ga maen2 ke blog ente . .hehe

  7. 01/10/2012 at 00:24 #

    Dan belakangan aku mikir2 dan memperhalus tulisanku, ada juga beberapa tulisan saya yang kritis tapi dielus sehalus mungkin.

    Kayaknya blogger itu sebut nama kali ya? :cd

  8. obat herbal lupus
    03/10/2012 at 10:15 #

    pake di penjara segala sih gan ..
    heeh ges sampe mai lah di penjara

  9. Obat Tradisional Jerawat
    03/10/2012 at 11:25 #

    saya udah ikut partisipasi buat ngasih dukungan ke merka .

  10. obat herbal penyakit tumor lambung
    03/10/2012 at 14:29 #

    apakah ini bisa juga disebut melanggar hak asasi manusia.?

  11. Cara Menghilangkan Jerawat
    03/10/2012 at 15:08 #

    waduh, salah sebut nama produ kali ya…
    ya, semoga saja permasalahan bloggert vietnam bisa segera selesai.

  12. sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit jupiter z1
    04/10/2012 at 10:42 #

    wah ini sih namanya melanggar hak untuk berbicara, susah sih klo UU nya saja kurang kuat 😀

  13. obat herbal kencing nanah
    04/10/2012 at 11:03 #

    bebaskan saja kasian gan

  14. Obat Tipes
    04/10/2012 at 21:05 #

    Apakah itu termasuk pelanggaran HAM..??
    terimakasih infonya gan.. ^_^

  15. jelly gamat luxor
    08/10/2012 at 10:45 #

    awesome 😀

  16. uuf
    08/10/2012 at 15:34 #

    kenapa toh di penjara gan bebaskan lah kaisan

  17. Obat Herbal Lemah Syahwat
    09/10/2012 at 11:01 #

    Bener tuh , birkan bloger berekspresi dengan apa yang dia mau.

  18. kevinn
    10/10/2012 at 13:34 #

    setuju ma post ini

  19. Obat tradisional rematik
    11/10/2012 at 14:04 #

    harusnya senang ada yang mengkritisi karena masih ada yang mengawasi kinerjanya eh ini malah di penjara… bebaskan saja

  20. Pusat Obat Tradisional
    12/10/2012 at 09:08 #

    ayo berikan trus dukungan kita utk mreka m/

  21. Busana Anak
    16/10/2012 at 11:00 #

    Betapa bersyukurnya kita sejak zaman alm Gus dur kebebasan berekpresi dengan segala tafsir bisa dilakukan di bumi pertiwi ini. Kita bantu doa semoga kebebasan berpendapat di Vietnam bisa segera terwujud. Amien

  22. 17/10/2012 at 10:35 #

    ternyata kebebasan berekspresi dalam berpendapat masih dibatasi di negeri tetangga ya…

  23. 17/10/2012 at 13:46 #

    mungkin sekarang masih di masa orde baru.. maka kita pun akan mengalami hal yang sama 😀

  24. Obat Herbal Penyakit Asam Lambung
    19/10/2012 at 01:15 #

    ya jangan pemerintah latah yang ngeberangus blogger-blogger kritis

  25. Obat Herbal Penyakit Asam Lambung
    19/10/2012 at 01:17 #

    Solusi tepat atasi panyekit asam lambung adalah dengan cara konsumsi obat herbal penyakit asam lambung dari Jelly Gamat Luxor yang sudah teruji ampuh menyembuhkan asam lambung dan aman tanpa adanya efek samping berbahaya bagi organ tubuh, Selain menyembuhkan lambung jelly gamat akan membantu proses penyembuhan penyakit lain.

  26. 22/10/2012 at 00:37 #

    untung di negara kita blogger d kasih ke bebasan,,,tapi tetap harus sesuai aturan

  27. obat herbal penyakit
    24/10/2012 at 01:06 #

    ane dukung segalanya doa dan moril…

  28. Obat Alami Untuk Jantung Koroner
    29/10/2012 at 15:17 #

    semoga apresiasi kita sesama blogger bisa di terima dan di dengar ..

  29. Obat Penyakit Gagal Ginjal
    31/10/2012 at 11:26 #

    Terima kasih ya telah menginjinkan kami untuk mencari backling pada blog ini walaupun pada kenyataanya kami hanya merepeotkan anda sbagai pemilik blog..
    😀
    bila memang apa yang telah kami lakukan salah semata mata kami hanya sekedar mencari nafkah..mohon untuk di maafkan..

  30. 02/11/2012 at 11:14 #

    kasus hampir sama juga menimpa Blogger yang ditembak Taliban, karena menuliskan ketakutan pada Taliban yang melarang wanita bersekolah… 🙁

  31. 02/11/2012 at 16:38 #

    Dukungan yang masuk semoga menjadikan blogger vietnam bisa lepas dari hukuman yang menjerat mereka.

    Yg persoalan perbedaan demokrasi disana beda dengan negera kita Indonesia.

  32. Obat Untuk Penyakit Kanker Otak
    08/11/2012 at 17:20 #

    kunjungan sore nih mana gan untuk artikel terbarunya ..
    😀

  33. Info Gadget
    13/11/2012 at 03:05 #

    Kpd blogger2 yg berani dan kritis itu smg diberi kekuatan, kesabaran. Semakin dibungkam akan semakin kuat menyerang, perubahan itu pasti terjadi kawanku, percayalah.

  34. Obat Alternatif Penyakit Maag
    18/11/2012 at 22:20 #

    semoga dia cepat dikeluarkan thanks atas infonya……..!

  35. 30/11/2012 at 09:37 #

    inilah the real blogging, bisa bermanfaat di dunia nyata.

  36. dedo
    06/12/2012 at 11:42 #

    kalau emang salah jangan di lepas gan kalau memang tidak salah maka lepaskan aja he…

Leave a Comment

3+2