Senangnya Bisa Menyebarkan “Virus” Dengan Bantuan Telkomsel

Keinginan untuk terus menyebarkan “virus blogging” kepada masyarakat yang ada di Sulawesi Utara ternyata mendapatkan sambutan positif dari masyarakat yang ada di Sulawesi Utara. Hal ini terlihat saat saya dipercayakan oleh Telkomsel Regional Indonesia Timur untuk membawakan materi Pengenalan Dunia Blogging dan Bagaimana mencari penghasilan dari aktifitas blogging.

Mulai dari siswa, mahasiswa, pengusaha bahkan dari wartawan media online hadir di acara yang diselenggarakan di hotel Aston Manado. Kegiatan ini mungkin merupakan kegiatan training/sharing mengenai blogging yang pertama (mungkin) yang dilaksanakan di Sulawesi Utara.

Sempat timbul kekhawatiran apakah akan ada peserta yang datang ke acara ini. Apalagi ketika jam sudah menunjukan pukul 9 pagi, yang hadir saat itu masih berjumlah 3 orang termasuk saya padahal acara direncanakan dimulai jam 9.

training blogging di hotel aston Senangnya Bisa Menyebarkan Virus Dengan Bantuan Telkomsel

Photo: Stephany Chp

Akan tetapi rasa khawatir mulai sirna tatkala peserta mulai berdatangan satu persatu hingga akhirnya ruangan yang dipakai untuk menampung 50 peserta yang ditargetkan terisi penuh. Walaupun sempat tertunda sampai dua jam, namun akhirnya acara pun bisa berjalan dengan lancar. Acara yang direncanakan dimulai jam 9 pagi akhirnya molor hingga jam 11. Namun kelihatannya pihak panitia sudah menyadari hal ini :ngakak

Namun akhirnya saya juga sadar, hei ini Indonesia bro… Biasalah kalau acaranya mundur sampai 2 jam (walaupun saya sendiri tidak menyukai hal ini karena saya selalu berusaha datang tepat waktu). Namanya juga kita hidup di Indonesia, apalagi jika mendengar semboyan orang Manado (selama masih ada pohon karet, jam karet akan terus berjalan)

Acara sharing seputar bloggingpun dimulai dengan “acara pemanasan” dari pihak telkomsel dengan membagi-bagikan souvenir kepada setiap peserta dan voucher pulsa 50.000 kepada mereka yang beruntung (sayang kesempatan pertama saya tidak beruntung karena tidak mendapatkan voucher pulsa). Selesai bagi-bagi souvenir dan pulsa akhirnya sayapun “beraksi” layaknya pahlawan bertopeng (maklum sambil nulis artikel ingat si sinchan)…

Harus diakui pertama kali agak gugup ketika akan mulai menyampaikan materi kepada para peserta yang hadir mengingat yang duduk di depan saya ada dari kalangan profesional/pengusaha dan wartawan media online. Bahkan saat akan perkenalan suara saya hampir tidak keluar hingga harus mendapatkan kartu kuning “baca peringatan” dari pihak penyelenggara…..

Malu kalau akan ditegur lagi (beda dengan mereka yang duduk di kursi panas yang ngga pernah malu walau selalu ditegur rakyat) maka sayapun memperbaiki kesalahan tersebut dengan lebih mengencangkan volume suara hingga akhirnya sayapun bisa menyelesaikan materi yang hampir memakan waktu selama 2 jam tanpa mendapat “teguran” untuk kedua kalinya.

Materi pengenalan dunia blogging yang saya sampaikan selesai tanpa diberikan kesempatan untuk tanya jawab mengingat perut mulai keroncongan karena jam telah menunjukan pukul 13.15 (waktu HP saya saat itu). Selesai istirahat makan siang selama hampir 1 jam, acarapun dilanjutkan dengan materi mengenai citizen jurnalis yang dibawakan oleh teman saya (bor Saul Tindangen) yang juga merupakan seorang kompasianer. Nanti setelah bro saul sharing mengenai aktifitasnya selama ini bergelut di kompasiana, maka sesi tanya jawabpun dimulai.

saul tindangen sharing blogging Senangnya Bisa Menyebarkan Virus Dengan Bantuan Telkomsel

Photo: Calvin Pahimaeng

Selesai tanya jawab, materipun dilanjutkan dengan pengenalan bisnis internet. Sayapun mulai beraksi layaknya pahlawan bertopeng menjelaskan model-model bisnis online yang bisa kita tekuni. Tak banyak yang saya jelaskan (hanya dasar-dasarnya saja) kemudian materi dilanjutkan oleh teman-teman dari Kawanua Blogger yang lebih berkompeten di bidangnya yang saya panggil untuk membantu saya menyebarkan virus blog dan wirausaha online.

Sharing tentang bagaimana mencari penghasilan (Rp dan $) dengan cara dropshiping, toko online hingga bagaimana caranya mencari $ secara cepat dengan bermain PTR (paid to review) dan jualan link pun akhirnya disampaikan oleh bro Bryan Sumilat dan Deddy Saputra yang memang sudah lama bergelut dibidang tersebut dan boleh membiayai hidup mereka lewat aktifitas tersebut.

sharing blogging dengan kawanua blogger Senangnya Bisa Menyebarkan Virus Dengan Bantuan Telkomsel

Photo: Calvin Pahimaeng

Satu hal yang ditekankan bahwa untuk mencari penghasilan dari dunia maya itu bukanlah merupakan hal yang mustahil selalu ditekankan oleh bro Bryan dan bro Dedy, apalagi mereka berdua sudah bisa merasakan materi yang lumayan dari aktifitas online.

Harapan saya bahkan mungkin teman-teman yang ikut sharing secara blak-blakan (tanpa ada yang disembunyikan) pada hari ini adalah semakin banyak wirausaha online di Sulawesi Utara sehingga semakin banyak warga kawanua yang bisa memperoleh manfaat yang positif yang beronline bukan hanya sekedar cuap-cuap, curcol status galau di facebook dan twitter tanpa memperoleh manfaat yang positif.

Selesai materi, akhirnya hadiah yang ditunggu oleh para pesertapun diundi. Dimulai dari pembagian souvenir, voucher pulsa, hingga hadiah utama berupa 2 buah tablet tabulet pun dibagikan oleh pihak penyelenggara. Sayangnya “hadiah incaran saya” yakni tablet tabulet tidak jatuh kegenggaman saya. Selamat ya bro/sis yang mendapatkan hadiah tersebut semoga tablet tersebut bisa membantu aktifitas anda diunia online (sambil berharap semoga dilain waktu saya yang beruntung dapat tablet, huwkwkwkwk). Namun beruntung saya bisa mendapatkan 2 buah voucher 50.000 pada undian yang lain.

Semoga virus blog yang telah saya dan teman-teman sebarkan tadi bisa menyatu dengan memori dari para peserta tanpa bisa di deteksi dan di delete oleh antivirus manapun. Ayo ngeblog……..

Advertisement

37 Responses to “Senangnya Bisa Menyebarkan “Virus” Dengan Bantuan Telkomsel”

  1. Obat Tradisional Penyakit Jantung
    30/06/2012 at 15:10 #

    wiihh keren tuh gan,, bisa di percaya pihak telkomsel untuk menyebarkan virus bloging gimana yah rasayna..

    • 04/07/2012 at 11:21 #

      Rasanya senang bos, soalnya kegiatan “ngeblog” yang kita lakukan bisa dihargai oleh orang lain apalagi oleh perusahaan besar

  2. Obat Tradisional Usus Buntu
    30/06/2012 at 15:12 #

    semoga warga sulawesi bisa mencontoh apa yang telah agan lakukan . .

  3. 01/07/2012 at 02:27 #

    wah jarang update blog, cring cring dollarnya baru banyak neh bro… 😀

    • 04/07/2012 at 11:24 #

      Jiah,,, biasa aja bro… Sebenarnya update blog malahan lebih sering bro, cuma bukan di blog ini…. Kali ini pingin lebih serius lagi ngurusi blog direktori apalagi ada yang mau tanam saham (buat biaya sewa hosting dan beli template premium)

  4. Obat Herbal Ampuh Penyakit Migrain
    02/07/2012 at 15:54 #

    wah,programnya bagus banget tuh, kapan ya program ini diselenggarakan di daerah saya..

  5. 02/07/2012 at 19:16 #

    semoga orang-orang awam menjadi antusias dengan blogging

    • 04/07/2012 at 11:25 #

      Harapan kami dari komunitas blogger sulawesi utara juga demikian bro…..

  6. 02/07/2012 at 19:55 #

    Yang awam adalah tujuan dari Interfensi, Tetap semangat

    • 04/07/2012 at 11:27 #

      Semangat juga bro… Btw walaupun somo bale ke luar daerah mar harus tetap semangat… Ditunggu cerita-ceritanya dari tanah seberang

  7. Obat Alternatif Bronchitis
    03/07/2012 at 11:42 #

    semoga semua wilayah di indonesia bisa mendapat kesempatan yang sama untuk mendapatkan pelatihan blogging, sehingga dengan pembekalannya itu bisa di terapkan dikehidupan yang semakin modern ini.

    • 15/07/2012 at 22:46 #

      Kalau program ini sepertinya dibuat oleh telkomsel regional sulawesi, maluku dan papua… Ngga tahu dengan yang lainnya

  8. 04/07/2012 at 19:33 #

    Telkomsel sudah mulai nyeponsorin acara-acara di berbagai komunitas di daerah ya.. Yang Makassar sukses dengan lomba blognya Paling Indonesia, ini Manado juga ada gathering blogger rupanya..

    Bagi pulsanya dong.. :mrgreen:

    • 15/07/2012 at 22:49 #

      Kayaknya begitu sis, si merah mulai mendekati para blogger di Indonesia bagian timur… Kalau di bagian barat kan acara blogger dengar-dengar lebih sering di sponsori oleh XL.. Btw habis gathering kita juga mau buat lomba blog dan si merah tertarik buat mensponsori hadiahnya 😀
      Jiah, kalau pulsanya langsung saya pakai buat BIS sis, kebetulan paket BIS berakhir pada hari itu

  9. 04/07/2012 at 20:00 #

    Dari ngeblog jadi pemateri.
    Keren yo mas 😀

    • 15/07/2012 at 22:54 #

      Sebenarnya sih bukan materi, menurut saya lebih sekedar sharing aja bro dengan yang lain

  10. Obat Epilepsi Tradisional
    05/07/2012 at 12:21 #

    semoga komoditas seperti ini bisa semakin banyak yah gan . .

  11. Obat Diabetes Tradisional
    05/07/2012 at 12:24 #

    saya yakin selama acara seperti ini terus di jalankan secara rutin patinya makin banyak juga pengikut untuk kengikuti komunitas ini . .

  12. 05/07/2012 at 16:41 #

    semoga semakin sukses menyebarkan virusnya bro eser…
    sayang blogilicious thn ini batal ke manado yaa

    • 15/07/2012 at 22:58 #

      Ia bro, sayang juga batal ke Manado tanpa alasan yang jelas (hanya dengar gosip dari tetangga katanya karena ……), tapi ngga di konfirmasi dengan jelas oleh pelaksana blogilicious….

      Btw ada hikmahnya juga acara ini ngga mampir ke Manado, soalnya kan dibutuhkan 200 blogger untuk berkumpul… Mungkin kalau dipercayakan tahun depan jumlah blogger sudah semakin banyak

  13. 05/07/2012 at 20:46 #

    Senang nya dapat kepercayaan.. Kapan ya didaerah saya. Jumlah blogger masih sedikit neh

    • 15/07/2012 at 23:01 #

      Disini juga masih sedikit bro, makanya kami berusaha menyebarkan virus ngeblog. Btw coba dikondisikan dengan teman-teman yang lain… Dulu awal mula deklarasi komunitas blogger Sulawesi Utara juga hanya beberapa orang saja, sekarang anggotanya udah lumayan banyak

  14. obat herbal kista
    06/07/2012 at 15:21 #

    share share terus .. salam blogger gan !

  15. 11/07/2012 at 17:17 #

    wah semakin hebat saja bro Eser dalam ngeblog nih

  16. 12/07/2012 at 21:51 #

    masih enak bisa dapet hadiah undian. saya selama ini ikut hadiah undian ga pernah menang sama sekali tuh. memang nasip.

    • 15/07/2012 at 23:05 #

      Mungkin dilain waktu bro…. Rejeki bro mungkin lebih banyak didunia maya.. Btw main PTR juga ya bro???

  17. 25/07/2012 at 00:59 #

    Sukses terus K2B.

    :cendol

  18. 11/08/2012 at 12:40 #

    Semoga dengan adanya virus bantuan dari telkomsel ini semakin banyak lagi para blogger di Indonesia

    • XAMthone Plus Pusat
      11/08/2012 at 12:49 #

      Sip Sip Sip Setuju 😀

      • Modzjempol
        11/08/2012 at 12:52 #

        Apanya yang setuju, setuju apa??

  19. 14/08/2012 at 12:08 #

    Semoga tak hanya telkomsel tapi perusahaan lainnya bisa memboyong Bro Eser menjadi pembicara dalam berbagai seminar blogging
    Sukses selalu…

  20. 22/08/2012 at 02:31 #

    toloooonngggg… saya terserang virus blogging

  21. p709
    27/08/2012 at 06:10 #

    wetpopok.blogspot.com/2012/08/ketika-artikel-tentang-miras-berhadiah.html

    mudah2an dilirik..saya telat 2 jam 🙁

  22. Obat Untuk Epilepsi Herbal
    17/11/2012 at 11:46 #

    nyebarin virus wah bahaya atuh gan merusak ya he …

  23. 01/07/2015 at 05:28 #

    Dapatkan berita, tips, daftar harga mobil terbaru, daftar harga motor terbaru, jual beli mobil, jual beli motor di hanya di Avelia.co.id

Leave a Comment

3+2