Saatnya Berhenti Ngeblog

saatnya berhenti ngeblog Saatnya Berhenti NgeblogMungkin saat ini merupakan saatnya bagi saya untuk berhenti ngeblog. Lika-liku mengarungi belantara blogosphere selama beberapa bulan membuat saya bosan berkelana didunia maya. Mungkin dunia maya apalagi yang namanya blogging bukan merupakan tempat yang tepat bagi saya untuk bersosialisasi.

Dari lima target yang hendak dicapai untuk pada tahun 2011 ini, baru satu yang tercapai yakni terbentuknya komunitas blogger manado (sulawesi utara) yang diberi nama kawanua blogger.

Sedangkan target untuk membuat blog baru yang membahas topik tertentu tak kunjung dibuat karena terbentur dengan berbagai aturan ditempat kerja yang seolah-olah mengekang berbagai ide liar saya untuk saya tuangkan ke sebuah blog. Dan akhirnya pembatalan merupakan jalan terbaik.

Target lain untuk menjalin silaturahmi dengan berbagai rekan narablog hanya berlangsung kurang lebih satu bulan saat pertama kali saya memasang akses internet menggunakan speedy (orang manado bilang mangkage). Begitu juga dengan kualitas tulisan yang saya sajikan tak kunjung membaik bahkan tak mampu membuat para blogger jatuh hati bahkan rela memperkosa isi blog ini. Hal ini bisa dilihat dari kunjungan rekan-rekan Β blogger di blog ini yang rata-rata masih sekitar 60 pengunjung perhari berdasarkan laporan mbah google (google analytics). Bandingkan dengan kunjungan perhari dari para seleb blogger.

Apalagi kalau ngomong tentang penghasilan saya didunia maya. Masih nol besar, padahal salah satu alasan saya ngeblog adalah mencari tambahan penghasilan didunia maya. Saya ngga munafik, saya juga ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari dunia maya. Tapi sayang hingga kini saldo paypal ngga kunjung bertambah, saldo rekening bank terus berkurang karena saya membeli beberapa panduan tentang berbagai peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk mengeruk dollar dan rupiah.

Ditambah lagi pekerjaan didunia maya yang terus bertambah seolah-olah membuat mental baja sebagai seorang blogger luntur seketika. So, mungkin ini merupakan saat terbaik untuk berhenti ngeblog. Mata sudah ngga tahan ingin tidur, padahal masih banyak yang ingin dituliskan… to be continue

Advertisement

35 Responses to “Saatnya Berhenti Ngeblog”

  1. Abdul Hakim
    26/02/2011 at 06:51 #

    waduh pengalaman si bro sama nih ama ane… tetap semangat bro. emang mau bikin blog apa lagi?
    eh DM saya di twitter ga dibales

    • 27/02/2011 at 21:10 #

      Udah saya balas bro, cek saja… Makasih ya sebelumnya

  2. andre
    26/02/2011 at 13:15 #

    saya kira beneran mau berhenti bro, ternyata mau tidur to?

    • 27/02/2011 at 21:12 #

      Mau tidur sekaligus berhenti ngeblog selama 2 hari

  3. 26/02/2011 at 14:27 #

    Lha, ini mo berhenti total atau mau tidur sih? πŸ˜€

    • 27/02/2011 at 21:13 #

      Dua-duanya bro, mau tidur sekaligus berhenti ngeblog (2 hari)

  4. 26/02/2011 at 14:29 #

    Jangan pernah merasa bosan bos walau memang kadang blogging ini membosankan. Cuek aja. hehe

  5. 26/02/2011 at 15:06 #

    Serius ingin berhenti atau cuma kekecewaan sesaat nih? Kalau memang kita suka menulis dan berbagi, saya rasa tidak ada kata bosan atau jenuh. Mungkin karena tujuan awal ngeblog terlalu membebani. Kalau dari awal sudah ingin menghasilkan uang, sudah ingin punya trafik tinggi, sudah ingin dinilai baik tulisannya, dsb, maka akan tinggal nunggu waktu saja untuk berhenti ngeblog.

    Saya saja yang sudah 2 tahun lebih ngeblog, masih terus ingin menulis dan berbagi, walau penghasilan online tak kunjung sesuai harapan. Kalau masalah trafik, percayalah. Ia akan terus meningkat kalau jumlah tulisan kita semakin banyak. Yang penting punya visi ke depan saja.

    • 27/02/2011 at 21:16 #

      Jawabannya ada di artikel terbaru bro… Btw makasih buat motivasinya sekaligus sudah mengingatkan

  6. Abdul Hakim
    26/02/2011 at 16:33 #

    oh jadi themes yang ini tho??? dari mana nih bro themesnya? hasil urunan kemaren kah

    • 27/02/2011 at 21:19 #

      Hadiah dari bro tomi, ngga ada yang mau urunan bro, mungkin mereka lebih tertarik memakai yang bajakan. Btw makasih ya buat kirimannya

      • tomi
        28/02/2011 at 02:24 #

        nahh dah dapat yg satu lagi kan berarti mas dari mas hakim.. cipp dehh πŸ˜€

        • 28/02/2011 at 11:26 #

          Ia, baru diterima kemarin… Akhirnya lengkap apa an dicari… Thanks brooooo

  7. 26/02/2011 at 23:44 #

    memperkosa…?? spertinya saya pernah dgr dari blog laen bro hehehehe…!!!

    • 27/02/2011 at 21:25 #

      Sudah banyak tetangga yang memakai kata “memperkosa”, saya sekedar ikut-ikutan aja bro

  8. Jeng Liz
    27/02/2011 at 06:22 #

    Aku dulu juga begitu sering bosan ternyata krn kita salah milih topik. Hehehehe
    Kalo kita pilih topiknya emang kita suaki otomatis blogging itu menjadi menyenangkan kok πŸ™‚ Sekarnag intropeksi diri aja dulu, suka topik yg seperti apa sebenarnya? Dan perluas pergaulan dengan blogger luar deh… pasti jadi kaya πŸ™‚

    • blogernas
      27/02/2011 at 15:44 #

      Saya setuju dengan mas Is. Kalau banyak yang dipikirkan dengan target blogging justru membuat kita macet. Jangankan dapat uang dari blog, inspirasi saja mati. Karena itu, bebas lepaskan dulu semuanya. Yang terpenting dulu, kalau menurut saya, adalah ide, inspirasi. Mati inspirasi identik dengan mati hidup.

      Bro eser!
      Saya mengutuk jika bro berhenti. Jujur saya terharu membaca tulisan ini.
      Makanya saya tak sabar ingin menulis komentar.

      Titik terang itu muncul kadang disaat kita tak melihat apa-apa selain hanya kesenangan dan kepuasan. Kalau boleh share, jujur saya tak perna bayangkan blogernas bisa dapat pengunjung 2000 perhari spt sekarang. Dan saya juga tak pernah bayangkan sekian banyak pengunjung fanatik blogernas. Mereka mengaku bgt terinspirasi oleh tulisan saya. Baik yg inbox saya di Kompasiana, FB maupun lewat email. Bahkan ada yg mengaku melonca-loncat kegirangan bgt permintaan add-nya di FB saya konfir. Benar-benar saya bahagia terharu.

      Beberapa diantara mereka sudah medesak saya agar membukukan tulisan2 di blogernas dan dilempar ke pasaran.

      Kemaren saya juga diundang di sebuah hotel (utk kedua kalinya) menjadi salah seorang nara sumber diskusi agama dg kajian modern. Itu gara-gara mereka baca tulisan saya.

      Padahal, semua itu diluar skenario saya. Tak pernah saya bayangkan. Yang saya pikirkan hanya menulis. Menulis. Bagaimana menulis itu sendiri bisa saya nikmati.

      Dan jujur, saya juga butuh dana dan berharap blogging saya menghasilkan uang. Tapi hingga saat ini belum ada. Yang ada baru perhatian publik. Pengakuan. Tapi itu sudah jauh dari cukup bagi saya saat ini. Entah nanti apa jadinya saya juga tidak tahu.

      Oya, seminggu yang lalu, seseorang kirim email ke saya. Dia ingin pasang iklan di blog saya. Dengan sewa perbulan. Katanya mau ambil langsung 6 bulan. Tinggal tunggu konfirmasi selanjutnya dari dia, soal banner dan segala macam. Sampai sekarang belum ada email baru darinya. Entah dia sibuki atau apa saya juga tidak tahu dan tak pernah tanya.

      Tapi saya tetap tidak bgt berharap. Saya mengalir saja. Apapun jadinya nanti. Jadi Bro Eser. Saya sedih jika bro berhenti.

      Sudah Bro. Bangkit lagi.
      Gigit bibir. Hitung tiga kali: Praaak!
      Blogging lagi!

      • 27/02/2011 at 21:30 #

        Makasih sudah bersedia meninggalkan jejak disini bro, artikel ini justru muncul ketika saya berkunjung ke bloggernas…
        Saya setuju jika bro membukukan isi bloggernas kedalam sebuah buku seperti yang dilakukan oleh chappy hakim….
        Makasih buat berbagai petuah, saran, dan kutukannya semoga semua itu bisa membuat saya lebih betah didunia blogosphere apapun situasi yang dihadapi.

  9. Richard Rondonuwu
    27/02/2011 at 09:31 #

    ironis memang, dikala hasrat yang sangat menggebu – gebu tercipta didalam pikiran, namun dalam sekali saja terjangan kedalam hati mampu membuat habis semua hal yang kita bangun selama ini… bro, sebelum anda benar – benar berhenti ngeblog, cobalah menulis sebuah artikel bambang pamungkas anda.., – eh maksudnya cuma pamungkas nyanda pake Bambang – yang disetiap kata – katanya mengalir dari hati anda… sapa tahu sebuah perubahan akan terjadi..,
    ((mooooo….))> {

    • 27/02/2011 at 21:34 #

      Kita nda suka bambang pamungkas, yang kita suka okto maniani

  10. Ansen
    27/02/2011 at 12:40 #

    Meninjau isi tulisan, saya cb terka2 aja neh faktor utama kalo bro eser bosan ngeblog blm mendapatkan manfaat khususnya incom dr internet, malah hanya ngeluarin dana melulu meski dia sudah berusaha.
    saya rasa itu karena blm terbukanya jalan. (sok tau.ya sy)

    dan yang kedua adalah bahwa pada saat dia nulis ini orangnya dah ngantuk tuh.

    moga bro eser tetap semangat ketika dengar saya bilang saya dapat paling sedikit $12 per hari (mklum jg nyubi neh) tanpa banyak menyentuh blog, tanpa menulis postingan di blog, semuanya secara otomatis, tinggal setting dan tinggalkan blog bekerja sendiri.

    Semangat bro.. jangan nyerah ! internet is not just a game. Maju,, :ngacir2 pelajari, tabur , lalu tuai..!

    • 27/02/2011 at 21:38 #

      Gimana caranya mendapatkan $ bro? Sharring kwa di blog… DITUNGU

      • Ansen
        28/02/2011 at 04:00 #

        Baiklah Bro, sebenarnya caranya sudah ada disekitar bro eser, smua yang disni jg saya rasa pada tau, cm trkdang ini di pandang sbelah mata kebanyakan org.
        sederhana saja, saya gak tahan kalo mikir terlalu berat maka saya pake cara yang ringan2 aja, beli domain (boleh domain gratis), sewa hosting (blh hosting gratis), install wordpress(gratis), isi satu posting bahsa inggris selaku posting pembuka dr admin. pasang script adsense sprti GA,chitika,infolinks,dkk (pilih slh satu aja), install plugin auto article (bukan wp robot or wp omatic) search di google pluginnya tdk ada di directory wordpress, atur settingan plugin tersebut dan tinggalkan. sbulan prtama blm dpt apa2 jgn kcwa, sbulan kmudian dpt $0,5/hari dah lumayan, dst..dst..brtmbah..

        Dalilnya, paling kecil: 1 blog 0.5 / hr X 10 blog = $5.
        $5/hari hasil domain dan hosting gratis, dan juga tnpa perlu bikin artikel.

        refernsi domain = co cc (free) bikin sebanyaknya terserah, ni domain cocc friendly ma google. kl bro pengen pake TLD akan lbih bagus.
        referensi hosting = 000webhost (free) ,limit domain yang bisa nankring disana saya blm tau pasti krna bru 6 domain saya duduk manis disana. kl bro punya hosting lain silahkan.

        trus apa mampu ngurusin blog sebanyak itu? . mampu. jangankan 10, 50 blog pun bs keurus. ya karena tinggal setting dan tinggalkan, tp kl bro pgen walau hanya sekedar login ke blog jg boleh, atau pgn meng seo-kan blog2 tersebut akan lebih baik.

        Apakah termasuk autobloging? saya sendiri nggak ngerti sangat dgn auto blogging yg sbnrnya. ktnya kl auto blog tu di larang n di banned, tp buktinya smpe skrg nggk tuh. mlh lebih parah lagi dgn adanya AGC. semuanya trgantung baik buruknya sebuah blog kali, kalo blog ngajakin perang,bakar,bunuh mgkin di banned ya ??? :jrb:
        Itu aja bro sdikit yg saya ketahui dr banyaknya yg diketahui org. (para pemburu $).
        Yang ini saya kasi krena saya tau dr pengakuan bro eser sm sprti saya yang minim dlm english jika harus merivew product seperti Amazon,eBay,Paydocom,Clickbank dll yang membutuhkan setidaknya ya sekurang2nya (english) πŸ˜›

        Atau mgkin bro sudah terlebih dahulu mengetahuinya?
        Saya rasa para sesepuh kita yang kasi comment disini lebih paham dech !

        • rahman
          13/03/2011 at 07:53 #

          sip lah ilmunya… perlu dicoba nih..

  11. 27/02/2011 at 14:04 #

    tetap semangat, saya juga trafik masih rendah tapi tetap berusaha rutin ngeblog

  12. ardianzzz
    27/02/2011 at 15:01 #

    Semoga beruntung bro… πŸ˜€

  13. dery
    27/02/2011 at 22:21 #

    intinya, ngeblog itu bukan paksaan mas..
    jangan dibuat menjadi kewajiban..

    • 28/02/2011 at 11:35 #

      Ini cuma artikel selingan bro, coba cek artikel terbaru saya

  14. 28/02/2011 at 02:27 #

    semua kembali ke visi dan misi mas eser.. secara pribadi kalau saya memang suka berbagi dan hobby menulis dan menuangkan unek2 saya di blog..
    seperti kata mas is,, takutnya cuma putus asa / kekecawaan sesaat karena tidak tercapai cita2…
    dulu saat saya pengen monetize blog memang pernah merasa ingin berhenti ngeblog, tp setelah mengganti mindset, akhirnya bertahan hingga skrg hampir 1.5 tahun

    coba direnungka mas πŸ˜€

  15. 28/02/2011 at 11:37 #

    jawabannya ada di artikel terbaru bro….

  16. 28/02/2011 at 23:14 #

    salam kenal gan;)
    ada info menarik juga nih.
    pastikan mampir ke sini juga

  17. 01/03/2011 at 12:09 #

    Hehe kirain berhenti beneran

  18. 03/03/2011 at 11:56 #

    Saya jadi malu
    Lama gak ngebloh

    Maaf baru nongol lagi sobat
    Baru update dan BW lagi nih daku
    Salam persohiblogan πŸ™‚

    • 03/03/2011 at 17:25 #

      Ok bro, welcome back to the jungle

  19. Domain murah
    09/09/2014 at 18:20 #

    Terima kasih atas informasinya, semoga bermanfaat untuk semua orang πŸ™‚

Leave a Comment

3+2