Riset Keyword Dengan Google Keyword Tool

Riset Keyword Dengan Google Keyword Tool, apakah perlu? Sebelum membuat sebuah blog untuk di monetize dengan google adsense ada satu hal yang harus terlebih dahulu dilakukan yakni riset keyword. Bahkan bukan hanya untuk google adsense saja, untuk setiap blog yang anda rencanakan sebagai sumber penghasilan, melakukan penelitian secara singkat terlebih dahulu adalah hal yang tidak bisa dilewatkan.

Kenapa harus melakukan riset keyword terlebih dahulu? Saya sendiri melakukan riset keyword untuk mencari kata kunci utama dan kata kunci turunan. Kata kunci utama nantinya akan digunakan sebagai nama blog sedangkan kata kunci turunan sebagai artikel. Selain itu riset keyword juga sangat penting untuk mengetahui seberapa banyak pesaing yang akan kita hadapi.

Berdasarkan pengalaman saya tanpa melakukan riset keyword, blog yang saya buat hancur total, tidak ada visitor, penghasilan adsense kosong.  Saya waktu itu sempat berpikir bahwa nama domain yang saya gunakan mengandung kata kunci utama, tapi kenapa visitor blog saya paling tinggi 5 kunjungan perhari? Setelah saya tahu tentang pentingnya riset keyword saya sadar bahwa pesaing untuk kata kunci yang saya bidik puluhan hingga ratusan juta pesaing.

Jadi buat anda yang ingin membuat blog wallpaper untuk dimonetize dengan google adsense sangat saya sarankan untuk melakukan riset keyword telebih dahulu. Untuk melakukan riset keyword banyak tool yang tersedia dari yang gratis sampai berbayar. Kalau yang gratis saya mengggunakan google keyword tool sedangkan yang berbayar setahu saya ada keyword ninja, market samurai, SKCA (stealth keyword competition analyser).

Untuk tool berbayar saya sendiri baru sempat mencoba menggunakan market samurai (versi gratis/trial) dan SKCA (tool ini saya dapatkan gratis karena salah seorang member forum menshare tool ini, sedangkan untuk serial number kita hanya berlangganan artikel dari sang pembuat software dan kita langsung dikirimkan serial number dari tool ini).

Saya sendiri mencari kata kunci utama dan turunan  pada awal saya bermain google adsense pencarian bulanannya antara 5.000 sd 50.000.  Nmaun seiring berjalannya waktu dan ingin juga mencoba tantangan yang lebih besar maka pencarian bulanannya sekarang saya cari dibawah 100.000.

Oh ya bro, biar hasilnya lebih akurat alangkah lebih baik jika bro sign in terlebih dahulu. Untuk jenis pencocokan pada kolom sebelah kiri pilih “frasa”. Selengkapnya bisa lihat gambar dibawah ini

Riset Keyword Dengan Google Keyword Tool Riset Keyword Dengan Google Keyword ToolJika ingin mendapatkan panduan lebih lengkap bagaimana melakukan riset keyword bro bisa membaca panduan dari cafebisnis. Namun sayangnya ebook mengenai riset keyword apa terlebih memaksimalkan pencarian dari google keyword tools, hingga ebook SEO On page dan off page (mencari backlink termasuk video panduan membangun dummy blog) hanya dikhususkan bagi premium member. Saya jamin bro ngga akan kecewa menjadi premium member.

bro hanya mengeluarkan uang tidak sampai 200.000 sedangkan akun bro aktif seumur hidup. Jika ada produk baru yang dikeluarkan oleh cafebisnis bro bisa mendownloadnya secara gratis kalau yang lain masih ada biaya charge (soalnya saya sudah merasakan ketika bergabung/membeli produk di web lain). Jika ada yang kurang dimengerti bro bisa konsultasi dengan owner.

Udah dulu basa-basinya mengenai riset keyword dengan google keyword tool. Gimana menurut bro ada yang ingin ditambahkan mengenai bagaimana melakukan riset keyword dengan google keyword tool? Enjoy blogging, keep share

Advertisement

20 Responses to “Riset Keyword Dengan Google Keyword Tool”

  1. buku muslim
    10/09/2011 at 07:51 #

    gan spt na ada tulisan yang kurang enak dibaca deh. coba baca ulang+resapi tulisan “tanpa melakukan riset keyword, blog yang saya bla bla bla “. bagus na setelah kata keyword bagus na diberi tanda koma (menurut pendapat aku loh, ga tau deh klo agan).
    owh ya gan, ne aku ibnu ismadi yang punya blog bahasaislam dot com. klo buku-muslim dot com khusus menjual buku-buku. jangan lupa mampir ya ke toko aku.

    • 13/09/2011 at 07:40 #

      OK, makasih untuk koreksinya bro…

  2. 10/09/2011 at 21:02 #

    Tampilan barunya keren bro.
    Riset keyword emang penting banget bro, karena itu menentukan keberlangsungan blog yang akan kita jadikan sebagai sumber penghasilan 😀
    Kalau saya memang saat ini belum melakukannya.
    Selama ini saya menggunakan yang “persis” bro, ternyata hasilnya dengan “frasa” berbeda ya?

    • 13/09/2011 at 07:46 #

      Memang agak berbeda bro hasil pencariannya…. Saya juga masih mempelajari mengenail riset keyword apalagi pemilihan “frasa” maupun “persis”… Soalnya berdasarkan ebook/tutor SEO yang saya pelajari setiap IM ada yang memilih “persis” namun ada juga yang memilih “frasa”… Dari pada dibuat bingung sendiri maka saya mencoba kedua-duanya pada blog yang berbeda biar kelihatan hasilnya… Kalau dari pengalaman bro sendiri gimana?

  3. 12/09/2011 at 01:49 #

    baru menggunakan google keyword tool saya bro, belum pernah menggunakan tool lain buat riset keyword apalagi yang berbayar,, :malus
    tapi untuk mencari turunan keyword utama, jika menggunakan stt2, saya biasa mengambil referensi postingan artikel, dari keyword yang terekam oleh plugin tersebut.

    • 13/09/2011 at 07:51 #

      STT2 juga memang bisa digunakan bro namun hal itu hanya berguna jika blog kita sudah jalan, tapi bagi blog baru kan sangat susah jika hanya mengharapkan hasil tangkapan dari STT2… Kalau tool yang lain menurut saya hanya mempermudah saja bro, toh semua hasil riset tool berbayar juga diambil berdasarkan google keyword tool

  4. Relationship
    01/10/2011 at 20:26 #

    mantep bro.. tapi bukannya lebih baik cari keyword yang walaupun search perbulannya dikit tapi ngga ada saingan bro? kalau kaya di atas kayaknya saingannya bejibun bro..

    • 14/10/2011 at 20:42 #

      Kalau ada pencarian perbulan saya yakin pasti ada saingannya bukannya ngga ada… Ngga semua hasil pencarian dengan cara diatas banyak saingannya. Untuk menemukan saingan yang sedikit saya menggunakan software lain

  5. 01/10/2011 at 22:27 #

    Masih cari keyword yang tepat sob, berhubung ladang utamanya di agung ngurah car masih dipupuk terus, kita coba petik di sawah “Off” yang sudah menghasilkan. Btw sangat membantu sobat. Salam sukses

    • 14/10/2011 at 20:55 #

      Terus di optimsi bro dan jangan lupa Onpage SEO… Saya sendiri sekarang lebih mengandalkan SEO Onpagenya

  6. gading
    04/10/2011 at 09:54 #

    mantap mas tipsnya, saya masih newbie banget soal cara mendapatkan penghasilan lewat internet..

    • 14/10/2011 at 20:59 #

      Saya juga masih newbie bro, untuk adsense saja saya belum pernah PO.. Namun semoga bulan ini sudah bisa PO.. Yang penting tetap FOKUS dan TERUS BERUSAHA

  7. 04/10/2011 at 17:32 #

    nice info gan

  8. 09/10/2011 at 13:35 #

    cara gunain keyword analyzer tuh gamana mas? saya suka rada pusing… gak ngerti masalahnya .:D

    • 14/10/2011 at 21:02 #

      Keyword analyzer itu sebuah tools riset keyword ya bro??? Saya juga belum pernah menggunakan tools tersebut

  9. BOO
    03/11/2011 at 02:40 #

    saya jarang memperhatikan keyword … menulis ya apa saja yg sy rasa asyik untuk dituliskan ulang dalam bahasa sy
    ini salah atau bener ya?

    • 17/05/2012 at 11:40 #

      Kalau untuk personal blog ngga usah memikirkan masalah riset keyword bro…

  10. Web Design Company London
    08/12/2011 at 14:57 #

    Hey,

    Keyword research is very important. I personally think google adwords is pretty cool according to me. Thanks for the share.
    Cheers.

  11. 15/05/2012 at 21:45 #

    saya sudah lama tahu soal google keywords tool tapi sampai sekarang saya belum pernah memanfaatkannya, sepertinya njimet juga kalau cari topik melalui tool ini
    sukses selalu buat Bro Eser

  12. 09/09/2015 at 08:11 #

    Sekarang interface nya udah berubah lagi, jujur buat awam agak sulit sih pake software Google Keyword Tool ini untuk pertama kalinya. Btw apakah ada software alternatif lain untuk mendapatkan suggestion keyword?

Leave a Comment

3+2