Perlukah Moderasi Pada Komentar?

moderasi komentar Perlukah Moderasi Pada Komentar?Birokrasi yang berbelit-belit merupakan hal yang paling tidak disukai dan saya yakin anda salah satunya. Dalam dunia nyata banyak orang beranggapan bahwa birokrasi yang berbelit-belit identik dengan pekerjaan dilingkungan pemerintahan, sedangkan didunia blogging salah ciri birokrasi yang berbelit-belit adalah komentar yang menerapkan moderasi pada komentar.

Anda adalah blogger yang menganut paham moderasi? Maaf, saya tidak mencari masalah dengan blogger  yang menerapkan moderasi pada setiap komentar.

Memang harus diakui ada keuntungan yang didapatkan ketika kita melakukan mederasi pada setiap komentar yang diberikan oleh pengujung yakni kita bisa memfilter komentar yang tidak pantas seperti komentar yang berbau sara, penghinaan, makian, apalagi SPAM.

Namun jujur saya termasuk salah satu orang yang tidak suka dengan blog yang menerapkan moderasi pada setiap komentar yang diberikan oleh visitor. Inilah alasan kenapa saya tidak suka dengan blog yang menerapkan moderasi pada komentar sekaligus alasan kenapa saya tidak menerapkan moderasi pada blog ini

  • Buang-buang waktu. Dengan menggunakan koneksi yang lemot, maka merupakan pekerjaan yang berat jika saya harus melakukan moderasi pada setiap komentar yang masuk. Begitupun ketika saya memberikan komentar pada blog dan muncul tulisan “Your comment is awaiting moderation”. Ada rasa jengkel yang timbul, apalagi kalau komentar yang saya berikan ditulis dengan serius dan  menguras isi otak saya yang sedikit tumpul.
  • Menimbulkan rasa tidak percaya terhadap narablog. Saya sering meninggalkan komentar yang berlawanan dengan artikel yang terdapat pada blog yang melakukan moderasi (sekedar menguji narablog). Beberapa hari kemudian saya kembali lagi ke blog tersebut dan kebanyakan blog yang melakukan moderasi, komentar berlawanan yang saya tinggalkan tidak di approve. Ini mengakibatkan saya jadi malas berkunjung kembali lagi ke blog tersebut. Bukankan tulisan kita dipublish gunanya agar supaya kita bisa saling bertukar pikiran dengan blogger lain?
  • Jadikan blog sebagai tempat berbagi. Bagi saya blog itu tempat untuk menuangkan ide jadi saya bisa mendapatkan banyak masukan, saran, kritik untuk kemajuan saya tanpa perlu membuang-buang waktu untuk melakukan moderasi terhadap komentar yang masuk.
  • Saya merasa dipercayai dan dihargai. Ketika saya meninggalkan komentar pada blog tetangga yang tidak melakukan moderasi, secara langsung saya merasa dihargai oleh yang empunya blog (kebalikan dari poin yang kedua). Tentunya kepercayaan ini akan saya pergunakan dengan sebaiknya, setidaknya komentar yang saya tinggalkan bukanlah SPAM dan sejenisnya.
  • Terkadang ada beberapa komentar yang saya tinggalkan berupa pertanyaan. Saya tidak tahu kapan komentar tersebut akan dipulish mungkin esok, lusa, minggu depan atau mungkin tidak sama sekali? Belum lagi saya harus menunggu jawaban atas pertanyaan yang saya tinggalkan. :cd:
  • Suatu saat pasti naralog akan kesulitan online. Kenapa saya mengatakan demikian? Karena ada suatu waktu dimana kita harus bersosialisasi dengan orang lain, terkena sakit, mengikuti acara diluar daerah apalagi kalau daerah yang kita kunjungi terbatas sarana penunjang buat online.

Namun sekali lagi saya tekankan bahwa saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan blog yang melakukan moderasi pada setiap komentar. Tapi sebagai narablog ada baiknya kita memperhatikan kenyamanan dari pada pengunjung. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi diskusi menarik dari komentar yang ditinggalkan. Jadi apakah anda masih ingin melakukan moderasi terhadap komentar yang ditinggalkan?

Advertisement

116 Responses to “Perlukah Moderasi Pada Komentar?”

  1. blogoholic.web.id
    11/12/2010 at 07:03 #

    akhirnya ada yang mengulas juga, saya benar-benar sudah bosan pake metode moderisasi selain juga mengganggu kenyamanan pengunjung, juga sangat merepotkan saya karena harus bolak-balik ke dashboard.. memang seharusnya moderisasi komentar itu ditiadakan dari kancah perbloggeran.. hidup komentar tanpa moderisasi!! :iloveindonesia

  2. 11/12/2010 at 08:45 #

    Kalau saya kebetulan menerapkan moderasi komentar di blog saya…mungkin di karenakan suka ada pngjung blog yg brkomentar di postingan yg lama jadi bisa sy kthui ,seprti yg pny blog ini berkomentar pd postingn lawas jd saya bs mengetahui ada komentar yg msuk,

    • 11/12/2010 at 09:38 #

      Saya juga bisa mengetahui bro kalau ada blogger yang memberikan komentar pada posting lama dengan sebuah bantuan plugin… Jadi ngapain harus melakukan moderasi pada komentar? Kalau untuk blogspot memang ngga bisa diakalin ya bro sehingga tidak perlu melakukan moderasi?

  3. 11/12/2010 at 08:48 #

    Glek… saya malah menghilangkan kolom komentar karena kesal dicaci maki pengunjung. Meski tidak diapprove, tapi kalau membaca komen seperti itu sering sakit hati juga.

    Dulu blog saya dofollow dan tidak menggunakan moderasi komentar. Tapi karena sekarang dipasang GA, mau tidak mau harus seperti itu karena komentar juga bisa berisi poison word GA.

    Memang kadang merasa malu dan tidak enak terhadap sesama blogger. Tapi masih banyak pengunjung yang pendapatnya aneh-aneh. Misalnya kalau posting tentang video me*um, harus ada link downloadnya. Kalau tidak ada, segala caci maki akan memenuhi kolom komentar.

    Untuk blog pribadi yang menjadi sarana silaturahmi dan berbagi pikiran serta ide, moderasi komentar memang sangat tidak cocok.

    Mohon maaf kalau di blog saya komentar tidak diaktifkan.

    • 11/12/2010 at 09:43 #

      Sebenarnya dibiarkan saja bro kalau ada pengunjung yang caci maki.. Kan blogger lain bisa melihat prilaku blogger yang meninggalkan komentar tersebut…
      Memang ada posting tentang video m…m bro? :ngakak

  4. 11/12/2010 at 09:59 #

    Kalau saya tergantung situasi, blog ada yg pake moderasi ada yg engga, kalau blog english paling moderasinya pas komen pertama aja, selanjutnya bebas.

    Kalau yg masih pake blogspot sy masih moderasi (dulunya si engga) karena tiap hari komennya spam semua dari blog luar & di blogspot lumayan susah buat ngapus komennya ga seperti di wordpress dari dashboard aja gampang. Kalau di blogspot harus masuk ke artikelnya baru dihapusin satu-satu, nah kalau komennya ada 10 cape ngapusinnya.

    • 11/12/2010 at 10:26 #

      Kalau tidak salah untuk blogspot ada fasilitas antispam bro.. Jadi kenapa ngga menggunakan itu saja dari pada harus melakukan moderasi pada komentar?

      • 11/12/2010 at 10:29 #

        Yup betul gan, tapi kadang masih banyak yg lolos dan yg repot ngapus nya itu ga seperti di wp

        • 02/08/2011 at 20:55 #

          Memang kalau di blogspot sedikit repot ya bro? Soalnya udah lama ngga urus blog dari blogspot, palingkan blogspot cuma buat dummy blog 🙂

  5. Denuzz BURUNG HANTU
    11/12/2010 at 13:10 #

    Denuzz pribadi sih gak pake moderasi, karena emang bener yang kakak bilang dalam tulisan ini… Biarin narablog laen berkomentar sesuka mereka. SPAM? ya tinggal hapus aja. Gitu aja kok repot???
    :ngakak

    Salam BURUNG HANTU…Cuit.. Cuit… Cuit…

    • blogoholic.web.id
      12/12/2010 at 07:36 #

      denus memang burung yang baik.. “SPAM? ya tinggal hapus aja. Gitu aja kok repot???” saya setuju dengan yang ini..

      • phoneblog
        13/12/2010 at 15:49 #

        1 – 2 koment emang gak repot mas bro..
        coba ratusan mpe ribuaan ahahaha
        saya pernah soalnya 😀

        • 02/08/2011 at 20:56 #

          Kalau sampai ribuan berarti blognya TOP bro, bukan sembarang blog

  6. Udin Hamd | Blogger 2 Inchi
    11/12/2010 at 13:21 #

    Kalo saya pakai moderasi di awal saja…selanjutnya aman2 saja jika tidak ganti username maupun email…

    Dalam hal ini sy pernah membahasnya juga kenapa sy terapkan, tapi sudah bbrp bulan lalu saat awal2 ngeblog.

    Dan pro kontra di kolom komentar juga bisa di maklumi..

  7. eko di movableid
    11/12/2010 at 17:34 #

    moderasi makan waktu dan tenaga. repot kalau mengurusnya sendirian. beruntung mereka yg bisa memoderasi setiap komentar.

    • 11/12/2010 at 21:10 #

      Mereka mungkin punya banyak waktu bro, apalagi blog yang sudah rame tapi masih melakukan moderasi pada komentar

    • Deny Kurniawan
      26/12/2010 at 10:59 #

      berhubung masih cupu nulis (takut salah) dan punya waktu luang makanya saya bikin tiap komentar di moderasi..

  8. 11/12/2010 at 22:01 #

    Kalau bisa dipermudah, mending dipermudah saja. Sukses brow..

  9. TuSuda
    11/12/2010 at 23:41 #

    biasanya yang terjadi, bila ada komentar dari pengunjung baru, itu otomatis dimoderasi, padahal saya tidak pernah menseting sistem moderasi…kira-kira bagaimana baiknya mengatur hal teknis ini.. :malu2

  10. 11/12/2010 at 23:47 #

    pada blog yang saya (tusuda) kelola khusus info tentang pelayanan puskesmas ini, tidak ada sistem moderasi..silakan bisa dicek dan dikunjungi…

    SALAM Kenal kembali dari Kendari.. 8)

    • 11/12/2010 at 23:57 #

      Ia, saya tadi main-main kesana bro… Baru tahu blognya (puskel) dari bro aldy

  11. kyra.curapix
    12/12/2010 at 03:02 #

    menurut saya mah tergantung yang punya web atau blog *ya jelaslah
    tapi saya rasa perlu mah
    karena sewaktu saya non aktifkan
    banyak banget spamnya,,hadeh,,entah kenapa kq bisa kayak gitu…

    • 12/12/2010 at 11:13 #

      Untuk blogspot bisa kan pakai antispam. Kalau saya lihat bro ngga menggunakan fasilitas tersebut

    • 12/12/2010 at 11:14 #

      Aneh juga ya bro, padahal pada blognya bro sudah menerapkan sistem verifikasi sebelum komentar di publish..

  12. 12/12/2010 at 11:27 #

    menarik
    salam hangat dari blue

  13. ajundi14
    12/12/2010 at 12:00 #

    wah, nampaknya saya juga kena nih :nohope sebenarnya ada beberapa alasaan saya melakukan moderasi. seperti komentar yang tidak perlu. jika muncul duluan dan kahirnya dihapus, rasanya juga kurang sreg. jadi, mending begitu di lihat kalau dirasa ga perlu yah, di blacklist saja.

    namun saya selalu mencoba untuk cepat menanggapi komentar yang tertahan.
    para komentator jg mungkin akan merasa sedikit terbantu dengan plugin responder yang dipasang. jadi, kalau bro merasa kurang berkenan, mohon maaf saja, karena dalam waktu dekat ini saya masih menerapkan sistem moderasi. :siul

    soal kepercayaan dan di hargai, PASTI dong, siapa sih yang tidak menghargai pengunjung blog kita? :cendol

    • 12/12/2010 at 17:05 #

      Seperti yang kita so bilang bro, biarkan saja komentar yang tidak perlu itu ditampilkan toh ada blogger lain yang akan menilai komentar tersebut. Jadi yang rugi kan yang ngasih komentar?

      Memang sih untuk saat ini bro ajundi masih bisa dengan cepat menanggapi setiap komentar yang masuk, tapi apakah akan selamanya begitu? Takutnya nanti ada suatu saat dimana bro ngga bisa online karena suatu halangan….
      Namun jika bro tetap ingin melakukan moderasi pada setiap komentar yang masuk, ada baiknya untuk meluangkan waktu yang lebih walaupun bro berada pada masa-masa sulit untuk online (seperti banyaknya kerjaan, sibu pacaran, dsbnya?

      • Lilik Gunawan
        16/05/2011 at 16:28 #

        Bagaimana kalau komentar yang gak perlu itu ada link ke situs perjudian online dan situs porno? Apa tetap boleh dilihat pengunjung yang mungkin anak-anak yang sedang mencari terjemah al Quran?

        [Kita semua tahu, link url semacam itu sangat update, bahkan harian sifatnya. Jadi sangat sulit didetect oleh anti spam engine]

        Bagi saya moderasi komentar tetap perlu. Toh tak semua orang baik seperti para komentator di blog ini.

        Makasih informasinya.

        • 16/05/2011 at 18:45 #

          Saya sendiri kalau menemukan link seperti itu langsung saya hapus bro, walaupun sudah terlebih dahulu dipublish….

  14. tomi
    12/12/2010 at 14:44 #

    blog saya dah dofollow auto approve lagi..
    repot mas harus approve manual, dari dlu selalu saya buat auto approve..
    mgkn kalau gak langsung muncul, berarti kena amukan si aki smet 😀

    • 12/12/2010 at 17:11 #

      Pertama kali saya ngeblog (menggunakan blog ini) saya juga menginginkan untuk mmbuat blog saya jadi dofollow, alasannya biar banyak yang berkunjung 🙂
      Tapi setelah saya pikir-pikir nantinya blogger yang akan berkunjung ke blog ini hanya sekedar cari backlink bukan untuk saling berbagi (seperti koment yang dibawah bro :ngakak ). Sedangkan tujuan blog ini dibuat agar supaya saya dan para pengunjung bisa saling bertukar pikiran soal blogging, internet, bisnis online, dll maupun mendengarkan tanggapan dari para blogger mengenai isi otak saya yang saya tuangkan dalam tulisan ke dalam blog ini.

      • tomi
        13/12/2010 at 15:47 #

        ahahhahaha… nyindir niih
        untung nya blog saya ada beberapa narablog yang gak sekedar cari backlink mas..
        kalau ngejunk, nyepam, langsung tak hapus comment ahahaha

        • 13/12/2010 at 18:19 #

          Sya ngga maksud menyindir bro. Tapi saya setuju jika blogger yang datang cuma sekedar ngejunk, nyepam, langsung dihapus komentarnya… Udah dikasih backlink masih mau juga koment yang OOT :cd:

          • tomi
            17/12/2010 at 15:41 #

            tuuuh di blog saya ada lg yang nyepam pake blog bahasa linggis ckckckc :hammer

    • 14/12/2010 at 21:31 #

      hampir sama kayak mas tomi. bisa kerepotan saya mengapprove semua komentar. kadang saya suka cek spam takut ada komentar yang nyasar ke kotak spam. itu aja udah bikin repot.

  15. Sebuah Tips
    12/12/2010 at 16:39 #

    Lebih bagus lagi kalau Komentarnya do Follow mas 🙂

    • 12/12/2010 at 17:33 #

      Jawabannya ada diatas bro, kenapa saya ngga menggunakan dofollow

  16. 12/12/2010 at 18:39 #

    yup q setuju ma kk 🙂
    kadang kesal juga seh ma yg pake bgituan
    tpi kadang hrus gmna ktika ada coment yg kurang brtanggung jawab 🙂

  17. Kedai Obat
    12/12/2010 at 19:17 #

    Saya rasa, tidak perlu.. Kita kan bisa monitor komentar yg masuk di Dashboard Blog, kira-kira banyak mengandung Spam, Kata Kotor, SARA, dsb, kita hapus saja.. Mkasih bro! :thumbup

  18. 12/12/2010 at 19:48 #

    hmm saya selama ini nyaman2 saja menggunakan moderasi, kalo soal pengunjung saya belum pernah survey sih tapi dengan berkunjung balik, mreka pasti ngertilah kalo kita tahu mreka udah berkunjung. kalo soal moderasi yang bikin lama, memag kalo kita gak punya hape yang bisa push-email emang susah sih.
    Jadi kalo saya sih tetap suka dengan sistim moderasi seperti sekarang ini karena tidak semua narablog bisa sopan seperti yang empunya blog ini^^

    • 12/12/2010 at 21:18 #

      tapi kadang saya jahil juga sis :ngakak
      Kalau punya HP yang bisa push email berarti harus siapkan dana yang lebih untuk beli pulsa/langganan internet. Dan juga masih banyak daerah yang koneksinya lemot sis

    • Lilik Gunawan
      16/05/2011 at 16:21 #

      Iya saya juga setuju moderasi komentar.
      Soalnya pernah ada yang ngasih link ke situs porno di blog saya.

  19. tonykoes
    12/12/2010 at 21:25 #

    Kita pe Blog jadi kena sindiran ngana pe post..he..he..he.. Oke bro aku ikutin ngana pe saran deh… tak pikir” benar juga, capek kalo harus ngeprove tayuuusss…. Untuk Mr. SPAM aku serahkan pada Mr. Akismet ajalah…

    • 12/12/2010 at 21:40 #

      Barasa dunk bro :ngakak
      Untuk urusan SPAM biar lebe aman, tambah dengan plugin quiz or antispam boot

  20. 12/12/2010 at 22:18 #

    halo mas, jumpa lagi. Maaf lagi berkunjung, semesteran baru selesai

    oh iya mas, sering pengunjung yang baru terus komentar di blog kita, maka dengan sendirinya akan dimoderasi dulu. kenapa bisa gitu mas? pengennya komentar bisa langsung masuk, gak perlu approve

    • 13/12/2010 at 17:59 #

      jawabannya dibahas oleh yang blogger yang pertama kali koment di blog ini bro..

  21. 12/12/2010 at 23:02 #

    Repot bray kalo moderasi wkwkwk mending kalo ada komentar yang jelek gak usah dibales aja hehe

  22. 12/12/2010 at 23:39 #

    malam brade.. cuma numpang nanya nih.. artinya apa ini ya..

    “riki so ba kringat darah mar susah mo cari makang”

    buat perbendaharaan kata nih :request

    sukses brow

    • 13/12/2010 at 18:09 #

      Itu hanya Hiperbola bro (bahasa Orang Manado),, artinya udah kerja keras hingg menegluarkan keringat darah, tetapi masih sulit untuk mencari makan

  23. 13/12/2010 at 02:41 #

    Pada dasanya saya juga lebih suka jika komentar saya bisa langsung muncul begitu usai mensubmite-nya. Terasa lebih dihargai saja.

    Alasan moderasi untuk menangkal spam saya rasa sangat lemah. Bukankah sudah ada plugin anti spam? Begitu logikanya. Nah, kalau alasannya karena ingin agar komentar yang masuk sesuai topik, sebenarnya bukan alasan yang terlalu bagus untuk menerapkan moderasi. Toh, kita bisa menghapus komentar yang kita anggap di luar topik atau sekadar basa-basi.

    Itu sama repotnya dengan menerapka moderasi, di mana kita harus memilih dan menghapus komentar tertentu.

    • 13/12/2010 at 18:11 #

      :thumbup
      seperti kata bro arief rizky kalo ada komentar yang jelek gak usah dibales aja :ngakak

  24. kyra.curapix
    13/12/2010 at 06:56 #

    iya mas,,,
    saya malah tidak tahu kalo ada anti spammnya
    hehe 😀

    • 13/12/2010 at 18:12 #

      Banyak plugin anti spam yang bergentayangan di wordpress.org yang bisa didownload gratis

  25. 13/12/2010 at 10:10 #

    :2thumbup: Setuju mas !!!!!
    bahkan yang sering kali saya sebelin tu adalah yang poin nom 2 tu lo. Huuft…,bikin BT za

  26. andre
    13/12/2010 at 14:25 #

    saya yang terakir sob. sekarang lagi susahnya bisa online. kalo saya lebih mending memberikan narablog berpendapat aja.

  27. Agus Siswoyo
    13/12/2010 at 16:13 #

    Saya percaya sama WP-Anti Spammer aja deh. Sisanya, bebas berkomentar.

  28. Guusn
    13/12/2010 at 21:12 #

    kalau saya sih membiarkan orang bebas berkomentar d blog saya mas, karena dari komentar kita bisa mendapat masukan untuk memperbaiki blog. dan jg bs mendapatkan ide posting 😀

  29. agoest
    15/12/2010 at 21:15 #

    moderasi komentar?..sangat-sangat tidak perlu,karena blog tidak berisi rahasia negara…ada yang mampir ke blog blog saja sudah bersyukur,koq komentar mau di moderasi…
    pengunjung cuman 20biji..komentar di moderasi..mau mapir lagi ya ogah…

    • 15/12/2010 at 22:06 #

      :ngakak, sadis banget kalimat yang terakhir bro

    • 01/02/2011 at 19:36 #

      kalau g mau mapir lagi y terserah, gt aja kok repot, toh masih banyak to blogger yg lain yg mau berkunjung

  30. TimBI
    16/12/2010 at 01:02 #

    selama ini ane terbiasa pake yang seperti agan Udin Hamd lakuin… coz itu udah defaultnya (biasanya sih kalo settingan default itu memang settingan rekomendasi… jd ane ikutin aja… CMIIW)
    kalo komennya dimoderasi terus ya… :cd: jadinya
    kalao yg tanpa moderasi, ntar ane coba di blog ane yang baru lainnya :thumbup

    n btw, komennya mantabs gan, karena ane nggak ngikutin tuh kasus, jd ane baca info perkembangannya dulu sebelum ane bales komen agan.

    Thanks, jadi tahu nih :2thumbup

  31. 23/12/2010 at 01:23 #

    Depe cara mo stel di WP supaya nda aktif tu moderasi bagimana Ser????

  32. 24/12/2010 at 15:52 #

    “Your comment is awaiting moderation” memang menjengkelkan sih Ser.
    Kalo saya pribadi sih ngikutin ama agoest aja deh, orang visitornya hanya 10 sampe 20 biji aja komentar di moderasi, ya ogah :ngakak

    • 24/12/2010 at 16:20 #

      Jangankan 10-20, ada juga blogger yang pengunjungnya 3-5 masih melakukan moderasi pada komentar

  33. A Fauzi
    28/12/2010 at 22:42 #

    Pengalaman ngeblog memang berbeda-beda. Di blogku itu kalo dilepas begitu saja, wah tiap hari belasan robot masuk bikin spam. Untungnya kini akismet makin “galak”, banyak koming miring yg dijaring. Tugas moderasi menjadi lebih ringan. Yah, itulah resiko ngeblog, daripada laman dipenuhi sampah, lebih baik mengalah, menyisihkan sedikit waktu utk moderasi 😀

    • 01/02/2011 at 20:56 #

      Saya ngga mempergunakan Akismet lagi bro, soalnya akhir-akhir ini sering berprilaku aneh… Mereka yang datang bertamu secara baik-baik malah ditangkap… Untuk mengatasi masalah ini saya menggunakan plugin quiz… SPAM ngga ada, dan Semua komentar dari pengunjung bisa langsung muncul

  34. 01/02/2011 at 19:35 #

    blog q juga tak moderasi sob, tp bukan berarti aq takut span, bukan itu alasan q, tp aq lebih karena aq g punya banyak waktu buat akses inet, dengan aq moderasi komentar setidaknya kapan pun aq bisa akses inet aq bisa berkunjung balik, karena kecintaan q pada blogwalking selain itu kadang2 para pengunjung komentar d postingan paling belakang, jd g enakkan kalau g bisa berkunjung, tar d kira pelit komentar / kunjungan, saya tidak butuh banyak pengunjung, buat apa punya pengunjung ratusan tp g ada yg komentar, lebih baik aq punya 1 pengunjung tp mau berkomentar daripada punya 10 pengunjung tp cuma baca doank, karena dr awal ngeblog target q adalah komentar, posting + komentar, apapun alasannya blog q tetep moderasi, kalau mau komentar monggo kalau aq pas OL y akan aq kunjungi balik, tp kalau g mau komentar yg kabur aja silakan cari blog yang g menerapkan sistem moderasi, buat aq postingan tanpa ada yg komentar sia2

    • 01/02/2011 at 20:59 #

      kalau saya ngga terlalu mementingkan soal komentar bro, asalkan artikel itu bisa memberikan manfaat bagi pengunjung, maka walaupun ngga kasih komentar ngga apa-apa… Lagian mengejar komentar bukan merupakan target saya ketika ngeblog. Blogging menjadi tempat bermain saya sekaligus mengasah kemampuan otak yang mulai tumpul, sekaligus tempat bersosialisasi, bertukar pendapat dan mengenal dunia luar

      • 10/02/2011 at 16:42 #

        beda blogger beda sob, aq lebih suka komentar, buat aq lebih baik punya satu pengunjung dari pada punya ratusan pengunjung tp g ada yang komentar, aya ndak mempermasalahkan pengunjung mau komentar apa tidak, cuma jika pengunjung blog saya ingin saya kunjungi blognya y jika berkenan tinggalkan komentar meski hanya dengan kata wowwwwwwwwwww

        • 10/02/2011 at 20:12 #

          Memang benar bro, masing-masing blogger punya selera tersendiri.. Dengan perbedaan maka kita akan semakin kaya pilihan.. :thanks2

  35. 08/02/2011 at 13:13 #

    Moderasi komentar …? saya termasuk orng yg suka,di blog gue,ndak ada moderasinya,tapi tidak sedikit komentar rekan blogger yg masih pending,,entah knp lgi di pending padahal ndak pake moderasi.
    Sayang kurang tau kesalahannya dari mana…?apakah komentar yg di kirm trsbt linknya terlalu panjang atau gmn…?

    • 08/02/2011 at 17:08 #

      Lihat di pengaturan setting komentar didasboar bro

  36. kamaropini
    11/02/2011 at 01:31 #

    hehe, moderasi bagi saya sangat perlu. Tentu moderasi ada tingkatannya. Tidak semua komentar dimoderasi, tapi komentar pertama kalinya yang mampir di blog saya di moderasi terlebih dahulu. Kemudian setelah itu jika sudah di approve, moderasi selanjutnya pada user yang sama tidak berlaku. mengapa demikian. saya beri kasus.
    1. adanya spamming bomber. Mungkin di blog ini belum pernah mengalami, karena blog saya dulu sempat kena spamming bomber dan cukup mengerikan. Setiap harinya beratus2 komentar tak bermutu, bahasa aneh bahkan link2 iklan.
    2. jika ternyata yang komentar itu robot atau spam, maka dari moderasi dapat kita tindak lanjuti menjadi spam, jadi kedepannya dapat ditanggulangi oleh mesin blog itu sendiri.
    3. layaknya tamu. yups, layaknya tamu, tentu ingin bertamau ada adatnya. blog juga begitu. jika ada perkataan terlalu memancing SARa, maka empunya blog berhak menindak lanjuti komentar tersebut. maka dari itu moderasi sangat perlu demi kenyamaan semua pihak.
    hehehe, komennya panjang yah? maaf2, sekedar berbagi.

    • 11/02/2011 at 09:37 #

      Panjang ngga jadi masalah bro, yang penting bukan SPAM :ngakak
      Untuk menghindari spam saya hanya menggunakan plugin quiz yang untuk saat ini masih sangat ampuh. But, semua tergantung dari kita masing-masing narablog… Salah satu alasan juga saya ngga melakukan moderasi karena repot jika harus melakukan moderasi komentar satu persatu dikarenakan koneksi inet yang saya gunakan ngga begitu baik juga karena waktu online saya yang tidak menentu dan begitu singkat

  37. 11/02/2011 at 11:45 #

    Klo koment dgn moderasi sebenarnya bagi saya pribadi bikin repot dan saya tak terlalu peduli dengan koment orang, mau caci maki, hujatan atau apalah namanya terima saja, kalau tak suka dengan koment2 itu, ya jangan diblas, dibiarkan aja. Dan kalau trnyata koment baik2 malah ga muncul mungkin karena si akismet lagi kerja dan sama sperti blog ini, saya juga pake quiz dan lumayan membantu menghindari spam …

    • 11/02/2011 at 14:05 #

      Kalau udah pake quiz ngga usah lagi pake Akismet bro, untuk saat ini menggunakan quiz udah cukup membantu kok

      • 12/02/2011 at 17:12 #

        Sekedar utk pnjagaan level 2 krn trkadang ada juga yg lulus dr quiz … 🙂

        • 13/02/2011 at 22:01 #

          Kalau saya sih sampai sekarang ini belum ada yang lolos, makanya akismet sudah tidak saya gunakan lagi

  38. presto
    12/02/2011 at 14:30 #

    saya setuju nggak usah moderasi karena bikin e-mail penuh

    • 12/02/2011 at 21:50 #

      Tapi banyak juga yang suka bro,,, mungkin biar tambah kerjaannya :ngakak

  39. 14/02/2011 at 19:18 #

    Saya sependapat dengan 6 point yang Bang Eser (panggil apa ya baiknya) paparkan di atas, saya juga termasuk orang yang kurang menyukai komentar yang dimoderasi, kenapa? Kotak komentar saya pikir disediakan sebagai sarana bagi pengunjung untuk mengekspresikan pendapatnya mengenai blog yang dikunjungi meski komentar tersebut hanya sekedar kalimat-kalimat singkat namun tetap saja komentar dapat menjadi sumber inspirasi dan koreksi bagi blogger sendiri untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

    Dulu memang saya pun pernah memoderasi komentar tetapi sekarang sudah tidak lagi, cukup CAPTCA atau plugin akismet (di WordPress) saja sekedar memfilter komentar spam. Itu pendapat saja (cmiiw).

    Terimakasih. Salam.

    • 16/02/2011 at 08:04 #

      Saya enaknya panggil bro eser aja… Kalau sudah pakai captca menurut saya lebih baik akismet ngga usah digunakan lagi soalnya akhir-akhir ini akismet sering bertingkah.. Saya sendiri sudah tidak menggunakan akismet lagi, cukup menggunakan plugin quiz

  40. Wati
    15/02/2011 at 18:02 #

    kalau blogku masih perlu moderasi kos banyak spam yang masuk 🙁

    • 16/02/2011 at 08:02 #

      Pakai anti spam dong… Oh ya untuk blog yang mana ya? Soalnya waktu saya berkunjung ke blog ini (wartaterkini.com) ngga ada kotak komentar :bingung

    • Lilik Gunawan
      16/05/2011 at 16:42 #

      Kalau spam aja sudah masalah, apalagi kalau link ke situs perjudian. Misal tebak skor, game online, dll. Yang namanya perjudian, di mana-mana pasti dibatasi.

      Tapi di dunia online mereka bisa ganti-ganti nama domain seenaknya. Dan mereka mana peduli anak-anak atau orang dewasa yang ikut bermain judi.
      Agar bisa main judi, anak-anak bisa saja mencuri identitas orang dewasa di sekitarnya.

  41. 15/02/2011 at 23:10 #

    Modernisasi komentar memang untuk memfilter koment yang sifatnya sara,menghina dan spam, tapi di negara kita yang koneksi internetnya (tergolong) lemot ada baiknya modernisasi perlu dipertimbangkan penggunaannya, tapi untuk blog yg trafficnya tinggi seperti eserzone … perlu modernisasi komentar u/ mengantisipasi beberapa hal diatas dan tentunya lebih efisien. Salam Sukses selalu

    • 16/02/2011 at 07:58 #

      Waduh traffic blog ini masih parah bro. Saya sendiri tidak suka dengan moderasi komentar karena koneksi inet saya tergolong lemot dan juga saya kan orang kantoran jadi agak repot jika harus melakukan moderasi komentar satu persatu….
      Dan untuk saat ini, ngga ada komentar yang bernuansa sara, kalaupun ada yang melayangkan kritik itu saya anggap sebagai masukan bagi saya untuk bisa lebih baik lagi

  42. 18/02/2011 at 18:00 #

    ngapain di moderasi.., kalo komen ngawur kan tinggal ngapus,, didiemin jg
    yg komen mestinya malu sendiri walopun anonim…,
    ngomong2 pasang emotikon ini berat nggak ? kalo nggak berat kayanya mentep juga
    :travel :cendol

    • 18/02/2011 at 20:33 #

      Kalau saya sih ngga merasa terlalu berat, lagian kita bisa memilih emotikon mana yang akan dimunculkan

  43. Blog
    01/03/2011 at 12:49 #

    postingan yang bagus kawan
    terima kasih ya

  44. braja
    19/04/2011 at 22:08 #

    :toast :selamat wah ni kaskus motion nye lebih keren dari yg ada di blog ane

  45. 05/06/2011 at 21:35 #

    Kalau “ketuk pintu” sebisa mungkin menyatakan mahsud dan tujuannya, kalau ngak sempat isi shoutbox aja, lebih simpel dan ada jejak yang ditinggalkan. Thks

  46. 01/08/2011 at 16:46 #

    blog saya baru saja gak pake moderasi, kalo menurut saya sih memang moderasi ini mengganggu banget, apalagi kalo yang pernah saya baca di blog lain, mending cari yang lain daripada komen di blog yang pake moderasi.. Tapi kalo tanpa moderasi harus ada pencegah spamnya juga dumz..

    • 02/08/2011 at 21:05 #

      Sebenarnya kalau narablog punya waktu yang banyak untuk melakukan moderasi pada komentar sih ngga apa-apa???
      Tapi gimana jika waktu onlinenya jarang? Tapi jujur saya juga malas berkunjung ke blog yang melakukan moderasi pada komentar.. Btw makasih udah berkunjung bro

  47. 14/08/2011 at 15:08 #

    Salam kena,,,
    Entah akan mulai dari mana untuk sebuah coment, moderasi juga baik akan tetapi menyita waktu, dan melelahkan lainya

  48. 25/08/2011 at 01:05 #

    saya pernah gitu gan di moderasi dulu komentar orang di blog saya tapi lama-kelamaan saya jadi bosen dan capek bolak-balik dasboard mulu..heee terima kasih sharingnya gan :2thumbup .

  49. 06/09/2011 at 02:43 #

    sukses gan..
    memberi tanggapan pada pengunjung akan selalu mengasah ilmu yang di punya.
    janganLAH MALAS UNTUK MEMBALAS KOMENT.
    memang susah untuk bisa menjadi ORANG BIJAK

    • 11/11/2011 at 23:30 #

      Tapi ngga semua komen juga harus dibalas kan bro????

  50. BOO
    02/11/2011 at 03:33 #

    perlu dan tidak perlu … tergantung kebutuhan, situasi dan kondisi

  51. 11/11/2011 at 01:44 #

    bener buat semua kawan-kawan disini.

    1. tergantung kebutuhan
    2. lihat situasi
    3. mempermudah
    4. takut spam
    5. malas
    6. waktu
    7. apalagi yach
    semua tergantung pemiliknya untuk meluangkan waktunya dan yang terpenting menambah silaturahmi untuk berpikiran positif.

    Terima Kasih
    Wasalam

  52. 01/12/2011 at 13:40 #

    Kalau di WordPress.com, moderasi itu tetap perlu, Gan. Untuk menghindari masuknya komentar spam. Soalnya Mesin Detektor WordPress.com itu lebih kejam daripada Google Panda. Blog WP.com yang ada komen spamnya akan langsung di suspend secara otomatis jika ketahuan mesin detektor ini.
    Untungnya, sistem moderasi di WP.com ini bisa di-customize. Tapi setingan defaultnya menurut saya tetap yang terbaik. Yaitu;
    1. Komen pertama harus dimoderasi, komen selanjutnya langsung diloloskan.
    2. Komen yang memiliki lebih dari dua link hidup, otomatis dibuang ke kotak spam.
    3. Pemilik blog WP.com yang selalu menulis komen di blog WP.com lain dengan memasang link hidup ke blog-nya sendiri juga akan di-suspend, walaupun link tersebut hanya satu di setiap komen.
    Begitu, Gan. Tapi untuk yang no. 3 ngga bisa di-customize.

  53. blog commenting services
    04/03/2012 at 11:36 #

    Some time before I was wanting to know about web optimization. At this time I realize that blog posting supposes to be really essential for my site. SO, I decided to turn to the blog commenting service.

  54. 11/03/2012 at 20:51 #

    gara-gara baca ini saya jadi pengen bikin blog saya auto approve…hmhh

  55. 17/03/2012 at 03:58 #

    Opini yang bagus bang Eser.
    Hmm kalo di blog saya memang make moderasi, tapi untuk komentar pertama aja, kalo dia berkomentar untuk kedua kali dan selanjutnya ya langsung masuk.
    Menurut saya sih karakter yang komen ke blog kita bisa dilihat dari komen pertamanya ke blog kita, kalo komen pertamanya aja udah nyepam (misalnya) kemungkinan komentar selajutnya juga nyepam. Begitu juga sebaliknya.

  56. Obat Herbal
    09/05/2012 at 17:25 #

    trus utk ngatasin masalah spamming gmn bro bagusnya?

  57. 22/08/2012 at 00:39 #

    kalau saya pribadi ada plus dan minusnya menerapkan moderasi pada komentar, selain menghindari spammer, saya suka membaca dan membalas komentar2 yang masuk pada tulisan kita,,,

  58. Selvi
    18/09/2012 at 10:29 #

    tergantung yang punya web sih, tetapi biasanya nyebelin kalo ternyata di moderasi

    • 21/09/2012 at 20:40 #

      Setuju,,,, nyebelin kalo menurut saya… Tapi semua tergatung ke masing2 narablog

  59. Dhimas Kirana
    27/01/2013 at 12:22 #

    kalau saya dengan moderasi, gag tau kenapa lebih suka pake moderasi..
    ntar tinggal klik Reply and Approve, jadi reply komentar sekalian meng aprrove.. hehehe 😀

  60. emy
    27/09/2013 at 20:31 #

    thx sob infonya..

  61. 01/11/2014 at 14:23 #

    Terima kasih atas kepercayaannya, gan

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Menghilangkan Moderasi Komentar di Wordpress | BLOGOHOLIC.WEB.ID - 11/12/2010

    […] main-main ke blognya sobat eser, dan nemuin artikel yang berbunyi “Perlukah Moderasi Pada Komentar?” dan dalam artikel tersebut sobat eser menuliskan beberapa poin negatifnya untuk sebuah blog yang […]

Leave a Comment

2+2