Pentingkah Penerapan TOS Pada Sebuah Blog?

Pentingkah penggunaan TOS pada sebuah blog? Saya sendiri menganggap bahwa penerapan TOS (Term of Service) pada sebuah blog adalah sebuah hal yang penting untuk dilakukan/diterapkan. Tapi bisa saja pendapat saya berbeda dengan pendapat bro n sis dan bagi saya hal ini merupakan sebuah kewajaran.

Memang saya melihat masih sedikit narablog yang menerapkan TOS pada blog yang mereka kelolah. Penerapan TOS lebih sering terdapat pada forum-forum baik yang membahas hal-hal yang legal maupun ilegal.

Pengertian TOS (Term of Service)

Menurut wikipedia TOS (Term of Service) adalah Terms of service (commonly abbreviated as ToS or TOS and also known as Terms of UseTerms & Conditions or Terms for short) are rules which one must agree to abide by in order to use a service. Unless in violation of consumer protection laws, such terms are usually legally binding. Terms of Service can also be referred to as Terms of Use or sometimes merely a Disclaimer, especially regarding the use of websites.

Diartikan dalam bahasa Indonesia yakni Ketentuan Layanan (TOS) adalah aturan-aturan yang harus disetujui kedua belah pihak dalam sebuah pelayanan. Kecuali jika menyangkut hal-hal seperti pelanggaran undang-undang perlindungan konsumen, istilah-istilah dalam TOS biasanya mengikat secara hukum. Ketentuan Layanan juga dapat disebut sebagai Persyaratan Penggunaan atau kadang disertai Sanggahan/Penolakan, terutama mengenai penggunaan layanan di sebuah situs web. (Sumber darinholic.com)

tos Pentingkah Penerapan TOS Pada Sebuah Blog?Seiring berjalannya waktu, semakin bertambahnya pengalaman dan pengetahuan saya didunia blogging maka saya memandang perlu untuk membuatkan TOS pada blog eserzone.com Bukannya bermaksud sombong, dan bukannya hal ini dilakukan untuk membatasi kreatifitas dari bro n sis sekalian yang datang berkunjung ke blog ini, akan tetapi TOS yang saya buat di blog ini dikarenakan mulai begitu banyaknya serangan spam dan trackback yang masuk ke blog ini dan juga agar supaya komentar yang ditinggalkan bisa lebih teratur.

Selain itu ada beberapa pengunjung yang menghubungi saya yang bertanya kenapa link yang mereka tinggalkan dihapus/diedit da berbagai pertanyaan dan pernyataan lainnya. Oleh karena itu maka saya akhirnya menerapkan TOS pada blog jadul ini. Selain memberikan berbagai larangan saya juga memberikan berbagai hadiah baik itu backlink yang di dapatkan secara gratis maupun bro n sis bisa mendapatkan hadiah berupa pasang banner gratis selama sebulan.

Gimana dengan anda bro, apakah penting penerapan TOS pada sebuah blog? Atau mungkin bro tertarik menerapkan TOS pada blog yang bro kelolah?

Advertisement

39 Responses to “Pentingkah Penerapan TOS Pada Sebuah Blog?”

  1. 06/07/2011 at 15:15 #

    Saya gak penting ah..
    Syukur ada pengunjung yg datang (berterima kasih), jadi gak perlu di kasi syarat dan ketentuan segala.
    kalo masalah spam, gak suka ya hapus aja komentarnya. gak perlu bilang-bilang..
    sok elit blognya.. hihi… :batabig

    • 06/07/2011 at 18:57 #

      Menurut saya penerapan TOS bukan berarti blog ini sok elit. Blog ini masih jauh dari yang namanya bagus apalagi elit, ngga seperti blognya bro yang sudah Ok apalagi pengunjungnya banyak… Sebenarnya kan kalau di pikir-pikir kita juga menerapkan berbagai aturan pada blog tapi tidak secara tertulis (tidak dalam bentuk posting).
      Makasih bro untuk batanya :cendol

  2. Hendro Prayitno
    06/07/2011 at 17:04 #

    Kalu buat website yang mempunyai banyak aplikasi selain blog menurut gua penting, apalagi jika menawarkan produk, tapi kalau hanya seperti blog biasa saja sepertinya tidak penting.

    • 06/07/2011 at 18:59 #

      Memang setiap narablog punya selera masing-masing bro… Penerapan TOS pada sebuah blog ibarat Moderasi pada komentar, sebagian blogger menyukai moderasi dan sebagian lagi tidak..

      • Hendro Prayitno
        07/07/2011 at 04:46 #

        Pakai disqus aja biar aman..jquery pakai disqus, level ten site pakai disqus, cnn pakai disqus.
        Yang jelas2 menyarankan memakai disqus adalah jquery dot com,,dan itu adalah situs besar.

        Dan banyak lagi, situs besar yang pakai disqus, mereka ga pakai TOS kalau hanya sekedar komentar saja. Terkecuali forum dan produk.

        Just My opinion.

        • 07/07/2011 at 12:17 #

          Makasih untuk masukannya bro, nanti akan jadi bahan pertimbangan saya

  3. 06/07/2011 at 17:42 #

    Buat saya tidak penting. Saya tidak mau membatasi kreatifitas orang dalam berkomentar. Saya beri kebebasan penuh. Tapi, kalau memang ada yang berkomentar tidak baik, ya tinggal dihapus saja, beres.

    • 06/07/2011 at 19:05 #

      Sebenarnya TOS tidak membatasi kreatifitas seseorang ketika hendak berkunjung ke blog tetangga… Bagi saya TOS hanyalah sebagai panduan sehingga kita tahu hal-hal apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan pada sebuah blog.. Saya juga dulunya sempat berpikir kenapa harus dibuatkan TOS kan tinggal hapus saja kalau ada komentar yang tidak kita sukai.. Jika kita main hapus terhadap setiap komentar yang tidak baik yang masuk ke blog kita bukankah justru kita yang membatasi kreatifitas blogger padahal kita sendiri tidak TOS yang jelas pada blog kita?

      Menurut saya dengan adanya TOS maka kita akan bisa lebih leluasa bertindak (contohnya dengan menghapus komentar yang tidak baik) karena kita telah menerapkan TOS pada blog

      • 06/07/2011 at 20:57 #

        Maksud saya komentar yang tidak baik adalah komentar yang berisi umpatan atau kata-kata jorok. Meskipun komentar yang masuk bernada miring atau negatif asal tidak ada kata-kata jorok, tetap saya loloskan.

  4. Kaget
    06/07/2011 at 22:47 #

    Kalau menurut saya blog belum pas memajang TOS. TOS itu lebih mengena denga socmed ataupun online store yang pasti penting banget buat pengguna.
    Untuk informasi komen di blog, saya cuma masang sebaris kalimat dibawah kolom komentar. Saya rasa itu sudah cukup 😛

  5. 07/07/2011 at 00:43 #

    klo TOS dikaitkan dengan sepam menyepam nggak terlalu penting sih, soalnya kebanyakan cuman sekali mampir ngejunk and nggak datang lagi, mulai ngejunk sana sini lagi bro… 🙂

    • 07/07/2011 at 12:31 #

      Makasih tuk koreksinya bro… Nanti saya perbaiki

  6. 07/07/2011 at 05:44 #

    Kalau TOS yang berkaitan dengan komentar, bagi saya tidak terlalu penting sih. Lain halnya jika berkaitan dengan konten (postingan). Misalnya tentang apakah boleh dicopy-paste, tidak boleh, atau aturan copy-paste jika diizinkan. Sejauh ini, saya belum menuliskan TOS untuk itu, soalnya saya merasa belum perlu untuk blog saya.

    Kalau untuk pengaturan komentar (misalnya moderasi, menghapus, atau mengeditnya), saya rasa tak perlu ditulis TOS-nya. Toh, saya rasa rata-rata sudah bisa maklum jika komentarnya dimoderasi, diedit, atau dihapus. Kalau masih ada yang bertanya, berarti dia kurang tahu etika berkomentar 🙂

    Saya sendiri tidak segan mengedit komentar yang berisi link (misalnya dengan cara menghapus linknya atau sekedar membuatnya jadi bukan berupa link). Termasuk menghapus komentar yang sama sekali tidak nyambung atau tergolong spam halus.

    • 07/07/2011 at 12:23 #

      Makasih untuk masukannya bro, nanti akan jadi bahan revisi untuk perbaikan TOS

  7. 07/07/2011 at 09:36 #

    Kalau yang umum saya liat dan berhubungan dengan komentar biasanya dikasih keterangan di atas atau bawah kotak komentarnya bro

    misal “Komentar Yang Bernada Spam/promosi dan tidak berhubungan dengan artikel akan dihapus”

    Kira2 seperti itu si yang sering saya liat

    Saya juga sering menemukan beberapa komen yang cuma promosi jasa/barang yang dia jual dan berkali2 komen dalam waktu berdekatan tanpa ada korelasi dengan artikel dan akhirnya saya langsung balas lewat email dan di kotak komen supaya jangan terlalu berlebihan kalau promosi apalagi tidak nyambung dengan artikel 🙂 akhirnya berenti tu orang

    • 07/07/2011 at 12:25 #

      Makasih untuk sarannya bro… Namun saya masih bingung bagaimana caranya membuat “pemberitahuan” dibawah kotak komentar.. Punya saran bro

      • 07/07/2011 at 12:52 #

        Biasanya manual gan, langsung edit di templatenya

      • 07/07/2011 at 18:22 #

        Buka saja file comment-post.php di folder theme yang bro gunakan. Di bagian bawah kode textarea (atau di atasnya), bisa kita sisipkan notifikasi/pemberitahuan yang diapit dengan tag p.

        • 07/07/2011 at 18:24 #

          Ups. Ralat sedikit, yang benar yaitu file comments.php (bukan comment-post.php).

  8. Agus Siswoyo
    07/07/2011 at 19:32 #

    Meskipun tidak mencantumkan TOS, dalam etika pergaulan antar blogger sudah seharusnya kita memiliki kesadaran diri untuk tidak copas karya tetangga.

    • 07/07/2011 at 20:13 #

      Yup, sangat setuju mas…. Copas artikel/tulisan dalam dunia maya maupun dalam dunia nyata sebenarnya adalah hal yang tidak baik

  9. 07/07/2011 at 19:47 #

    wah kalau saya malas pasang TOS, toh cuma blog pribadi, kalau ada komentar spam tinggal hapus hehe 😀

  10. tomi
    07/07/2011 at 22:17 #

    kalau blog dofollow memang sebaiknya ada TOS mas untuk memperingatkan spammer ma junker.. maklum blog dofollow biasanya banyak dikejar backlink hunter.. trus nanti kalau link dihapus ehh malah marah.. makanya tos disini sangat berperan penting..

    tp kalau blog sederhana kayak saya blm perlu TOS mas hehehe

    • 08/07/2011 at 00:34 #

      Apanya yang sederhana bro? Walaupun tampilannya sederhana tapi pengunjungnya membludak…

  11. ajurNA
    08/07/2011 at 03:16 #

    kalau menurut aku TOS tidak penting jika untuk blog pribadi. mungkin kalau setara dengan forum yang ada fiture register/join baru menurutku penting soalnya untuk membatasi pendapat member satu dengan member lain supaya bisa seragam. kalau adminnya cuma satu siapa yang mau di TOS.

    • 08/07/2011 at 10:39 #

      Kedepan saya ada rencana untuk mengundang blogger untuk menulis di blog ini bro, siapa tahu ada yang tertarik….

      • ajurNA
        08/07/2011 at 11:33 #

        kalau memang mau mengundang blogger lain ya penting juga itu TOS, karena yang namanya orang banyak kan gak mungkin punya keinginan yang sama jadi untuk membatasinya ya dengan TOS itu supaya tidak banyak mengomeli blogger yang join.

  12. 08/07/2011 at 19:46 #

    jadi bahan pertimbangan nih 🙂

    • 08/07/2011 at 21:24 #

      Silahkan dipertimbangkan.. Dulu saya juga mempertimbangkan hal ini setelah membaca posting dari sis isnuansa dan bro darin termasuk beberapa blogger lain

  13. Rizkyzone.com
    08/07/2011 at 20:33 #

    menurut saya mah penting untuk sebuah blog yang sifatnya orijinal khususnya dari segi konten

    • 08/07/2011 at 22:04 #

      Akhirnya ada juga yang setuju dengan saya setelah beberapa rekan blogger sebelumnya menganggap TOS pada sebuah personal blog tidak begitu penting

  14. Blog Misteri TYrips
    09/07/2011 at 14:38 #

    Kalo menurut saya penting kayaknya bro… disclaimer ato terms of service buat blog yang berisikan artikel original, kayaknya sah2 aja buat TOS-nya..
    saya kurang setuju dengan anggapan “cuman blog kayak gitu / gini”. Karna blog zaman sekarang menurut saya merepresentasikan individu pengolahnya… 😀
    lagian, sekarang kan Cyber Law / UU IT (Apalagi di Indonesia) masih buram dan kurang sosialisasi. Gak ada salahnya seorang blogger membuat TOS (hitung2 hukum adat sendirilah…hehe)
    Btw, saya sendiri belum masang TOS sih di blog saya…wkwkwk (perbuatan yang kontras dengan perkataan)

    Salam Blogger Kawanua…
    Chayo Ketua!!

    • 10/07/2011 at 20:09 #

      Satu lagi ketambahan dukungan… Ado bro jangan bawa-bawa tu “ketua” disini….

  15. Blog Misteri TYrips
    12/07/2011 at 15:04 #

    okok dang bro!!

  16. 22/07/2011 at 19:13 #

    mungkin saya sebagai pemula belum pantas untuk berkomentar disini tapi kebetulan karena saya juga sejak beberapa bulan terakhir mulai belajar optimasi Adsense nah dari beberapa blog itu saya ketahui terms of service dan privacy policy ternyata mampu manaikkkan harga sebuah blog. mohon maaf jika tida sesuai maklum baru belajar

  17. arif
    07/08/2011 at 12:12 #

    bedanya TOS, Privacy policy, Disclaimer dll. apa mas ?? setau saya TOS biasa dipake di web perusahaan yang menyediakan layanan seperti hosting dkk.

    • 07/08/2011 at 12:58 #

      Saya juga bingung membedakan ketiganya bro… Tapi memang TOS kebanyakan dipakai di web-web besar tapi kan ngga ada larangan bagi narablog untuk membuat TOS pada blog yang dikelolahnya??

  18. Lagu batak
    31/08/2011 at 11:27 #

    benar kata kakak, tos sangat lha penting kita buat d halaman web kita karena semua ada aturan main ny dan yg pasti menurut para marketer sukses google suka itu. thank atas sharing ny kak, salam dahsyat.

  19. 23/02/2015 at 23:54 #

    penting juga, untuk mengingatkan komentator

Leave a Comment

3+2