Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Narablog

belajar blogging Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Narablog

Narablog Harus Tahu
Seorang narablog, selain menguasai engine blog yang digunakan, narablog juga harus mempelajari teknik penulisan artikel yang baik, dasar-dasar html, css, dan editing image seperti photoshop.

Eksistensi dari sebuah blog tergantung dari sang empunya blog itu sendiri.  Dalam arti bahwa maju mundurnya blog itu, terkenal atau tidaknya blog itu terletak di tangan sang admin atau yang sering disebut narablog. Narabog mana yang tidak ingin blognya di kunjungi oleh banyak orang?

Bagi anda yang baru memulai aktifitas blogging, maka artikel ini wajib anda baca… Huwkwkwkwkw, main paksa aja gue nyuruh orang baca nih artikel.  Dan bagi anda yang sudah lama blogging/ tua-tua dalam dunia blogging, tak ada salahnya jika anda membaca artikel ini, barangkali anda juga mendapat sesuatu dari coretan ini…

Langsung ke TKP :tkp

Tentu saja untuk memulai aktifitas blogging hal pertama yang tentu harus dipelajari yakni engine blog yang digunakan. Ada beberapa engine blog yang sering digunakan antara lain wordpress, joomla, blogspot. WordPress, joomla merupakan CMS yang user friendly sehingga untuk mempelajarinya tidaklah sulit. Namun berdasarkan pengalaman saya, cms wordpress masih lebih mudah dalam pengoperasiannya. Sedangkan blogspot merupakan engine milik perusahaan google inc.

Hal kedua yang harus dipelajari yakni teknik penulisan artikel yang baik. Yup, konten is the king. Seberapa bagusnya tampilan blog yang anda miliki, jika anda tidak memiliki konten yang baik maka semuanya sia-sia. Lalu lintas dari blog anda tergantung dari tulisan-tulisan yang anda posting.

Saya sendiri hingga saat ini masih belajar bagaimana teknik pembuatan artikel yang baik. Oh ya bro, yang terpenting dalam suatu konten adalah originalitas suatu artikel. Jangan asal copy paste dari blog orang lain. Kalaupun anda terpaksa copy paste, maka sebaiknya anda memberikan tautan ke artikel yang asli dan memberiktahukan kepada blogger yang empunya tulisan.

Hal ketiga yang harus dipelajari adalah Hypertext Markup Language (html) dan Cascading Style Sheet (css). Nah ini dia biang kerok sehingga akhir-akhir ini saya sering tidur hingga larut malam. Maklum saya inginnya ada hal yang berbeda pada tampilan blog saya, makanya saya melanglang buanan hingga ke england untuk belajar html dan css. Kenapa saya jadi curhat ya?????

Kembali ke laptop. Bagi saya, penguasaan html dan css merupakan suatu keharusan bagi narablog. Anda ngga perlu sampai mahir bro, minimal anda harus belajar dasar-dasar html dan css. Dengan menguasai sedikit bahasa html dan css akan membantu urusan blogging anda bro.

Contohnya kecilnya, bisa anda lihat di bagian bawah artikel ini (artikel lain eserzone, atau artikel terkait). Untuk membuatnya anda hanya perlu menambahkan sedikit perintah html, tanpa penggunaan plugin. Memang sih ada banyak plugin yang beredar disekitar kita yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan gratis, tapi alangkah lebih baik jika kita meminimalisir penggunaan plugin, karena dengan semakin banyaknya plugin yang terpakai maka beban kerja blog kita akan semakin besar dan bisa berdampak pada lambatnya waktu loading blog kita.

Hal keempat yang harus anda pelajari yakni sedikit penguasaan software editing gambar seperti photoshop. Kenapa hal ini juga saya katakan begitu penting dan ada baiknya dipelajari oleh narablog?  Seperti yang dikatakan orang bahwa sebuah gambar bisa memberikan beribu cerita.

Gambar yang tepat bisa menjadi penuntun pada artikel anda, sekaligus memberikan nilai berbeda pada blog anda. Ngga ada salahnya kan jika anda memasukkan gambar dengan tampilan yang berbeda pada blog yang anda kelolah. Dengan sedikit menguasai photoshop anda bisa mempercantik tampilan gambar atau photo, bisa memberikan label/cap pada gambar untuk menghindari pembajakan, dan yang terpenting anda bisa memperkecil tampilan gambar atau photo sebelum anda memasang pada blog milik anda.

Saya melihat banyak narablog yang tidak memperhatikan hal yang kecil  ini. Asal ada gambar yang disukai langsung di aja dipasang pada artikel. Padahal sebenarnya ukuran gambar tersebut masih bisa diperkecil baik dari ukurannya (lebar dan tinggi) maupun besar gambar (berapa kb). Gambar yang terlalu besar ukurannya akan membebani kerja server.

Ternyata ada banyak juga ya hal yang harus dipelajari oleh narablog. Sulit? Ah tidak juga bro…. Seorang yang ingin berhasil akan mengatakan: memang tidaklah mudah, tapi BISA untuk dilakukan. Tapi seorang pecundang akan berkata sebaliknya: memang bisa, tapi tidak mudah.

Advertisement

24 Responses to “Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Narablog”

  1. 11/10/2010 at 01:11 #

    Test….

  2. 11/10/2010 at 05:43 #

    Semuanya masih saya pelajari tuh, dan makin susah makin asyik, harusnya memang seperti itu yang dirasain klo kita mempelajari sesuatu yang kita sukai, tul g mas? 😀

    • 11/10/2010 at 11:03 #

      Yup, makin susah seharusnya makin menantang :shakehand2 :thumbup

  3. JhezeR
    11/10/2010 at 15:20 #

    teknik penulisan artikel yang baik,kayaknya saya masih kacau dibagian ini :cd :malu2

    • 11/10/2010 at 15:58 #

      Sama, sya juga sementara belajar nh bro, masih sementara cari referensi.. Btw kenapa blognya sering susah dibuka ya bro kalo saya mampir??? Apa karena koneksi inet saya yang terlalu lemot atau??? Oh ya saya pake chrome

  4. Erdien | Sundagasik
    11/10/2010 at 16:10 #

    Kalo saya gini, memang tidak mudah dan saat ini saya belum bisa 😀

    • 12/10/2010 at 01:22 #

      Tapi nanti saya pasti bisa ia kan bro????

  5. 11/10/2010 at 11:32 #

    Mantep..wah harus bnyk belajar nih, hehe..ajarin atuh bang 😀

    salam.

    • 11/10/2010 at 12:59 #

      Wah, saya juga masih belajar bro… saya baru bisa photoshop doang… WP baru pake, html n css baru senang belajar sekarang…. Menulis masih nyari guru….
      But seiring berjalannya waktu dengan keinginan tuk terus belajar dan praktek maka semuanya akan berjalan lancar :shakehand2

      • 11/10/2010 at 23:58 #

        amin..sama2 belajar dan berbagi ya bro..tks

  6. 11/10/2010 at 13:37 #

    Saya suka kata2 yg di cetak tebalnya mas 🙂

    Btw, sayang artikel terkait di artikel ini tidak ada. Tapi saya coba masuk ke artikel yg lain muncul :2thumbup

    Oia mas, itu di footer koq ada ID google Analityc y ?

    • 12/10/2010 at 01:23 #

      yang bisa jawab kan anda bro…. kan saya pasang script yang anda berikan bro :selamat . Script itu menampilkan artikel perkategori menurut saya, makanya ngga ada artikel terkait. Oleh karena itu tulisan artilke terkait saya ganti dengan artikel lain eserzone
      Ia bro, soalya pengaturan template saya ada pilihan untuk mengaktifkan site tracking… Memang fungsi sebenarnya site tracking apaan bro???
      Apakah sebaiknya saya disable aja???
      REPLY

      • 12/10/2010 at 02:37 #

        Iya mas, memang itu menampilkan artikel terkait berdasarkan kategori.

        Oh klo site Tracking scriptnya harus Full mas. TIdak boleh ID Trackingnnya saja. :hammer

        • 12/10/2010 at 02:53 #

          Gitu ya bro???? Soalnya diteplate cuma diminta ID trackingnya. :hammer

  7. Zainur Rochim
    11/10/2010 at 22:38 #

    Betul gan, narablog sendiri kan berasal dari kata narasumber dan blog, artinya narasumber blog, jadi sebagai narasumber blog, kan harus menguasai topik yang ditampilkan di blognya. lalu gimana mau pengunjung selalu datang jika narablognya sendiri tidak paham dengan apa yang mau disampaikan diblognya..(ceramah mode:on) :malu

    Jadi harus banyak belajar dan mengaplikasikannya. walapaun pada awal nulis diblog terkadang tulisan di artikel tidak nyambung (seperti saya he3x :malu) tapi diasah terus, karena lama-lama nantinya jadi bagus sendiri. lha wong batu kena air terus menerus aja bisa bolong, moso otak kita ga bisa (bukan ikutan bolong ya :ngakak)

    Salam kenal gan, sory dah kebanyakan berceloteh :shakehand

    • 12/10/2010 at 01:36 #

      Ah mantap nih bro, Belajar sambil diaplikasikan… :shakehand2

  8. 11/10/2010 at 14:56 #

    yang bisa jawab kan anda bro…. kan saya pasang script yang anda berikan bro. Script itu menampilkan artikel perkategori menurut saya, makanya ngga ada artikel terkait. Oleh karena itu tulisan artilke terkait saya ganti dengan artikel lain eserzone

    Ia bro, soalya pengaturan template saya ada pilihan untuk mengaktifkan site tracking… Memang fungsi sebenarnya site tracking apaan bro???

    Apakah sebaiknya saya disable aja???

  9. Agus Siswoyo
    12/10/2010 at 11:57 #

    Photoshop, itu yang masih baru dalam pikiran saya. Selama ini masih edit pakai aplikasi paint Windows.

    • 12/10/2010 at 13:59 #

      kalo photohop itu udah jadi makanan saya dari dulu bro…. Sebaiknya belajar deh pake photoshop walaupun cuma dasar2nya… Di photoshop ada fasilitas untuk menyimpan gambar untuk website, jadi ukuran gambar (kb) bisa diperkecil…

  10. 12/10/2010 at 19:04 #

    Untuk sekadar editing gambar sederhana, menurut saya tidak wajib menguasai photoshop. Cukup MIcrosoft Office Picture Manager sudah lebih dari memadai. kecuali ingin menambahkan efek-efek pada gambar.

    Oya, tulisan di atas akan lebih baik jika disajikan dalam bentuk list bernomor. Fungsinya yaitu untuk lebih mempercepat pemindaian (scanning) dan agar pembaca bisa lebih cepat tahu gambaran umum isi tulisan.

    • 13/10/2010 at 12:47 #

      Memang benar sih bro untuk editing gambar secara sederhana banyak program yg bisa kita pergunakan. Maksud saya ngga harus menguasai, dasar2nya aja yg dipelajari.
      Kenapa saya menyarankan software editing gambar??? Karena pada sotfware editing seperti photoshop ada fasilitas untuk kompresi gambar (Safe for web) sehingga gambar yg akan dimasukkan ke dalam artikel ngga terlalu besar tapi dengan kualitas yg bagus…. Setahu saya Microsoft office picture manager ngga mempunyai fasilitas tersebut bro (Mohon dikoreksi kalau saya salah)…
      Soal penyajian artikelnya, makasih untuk masukkannya…. Saya baru yahu ternyata kalau penyajian artikel dalam bentuk list bernomor dapat mempercepat pemindaian …. thanks bro untuk sarannya :thumbup

      • 13/10/2010 at 17:26 #

        Eits. Ada kok fasilitas compresi pada MS Picture Manager. Ada pilihan compres sebagai web document. Ada juga pilihan compress dalam persen. Serta beberapa pilihan lagi.

        Oya, photoshop harus dikuasai jika kita sebagai narablog ingin sering menampilkan screenshot ke dalam postingan kita. Di situlah fungsi photoshop sangat terasa membantu (untuk menampung hasil capture gambar pada screen).

        • 14/10/2010 at 08:51 #

          Wah baru tahu saya pak kalo ternyata MS picture manager ada pilihan comress web document. Maklum jarang sekali mempergunakan MS PM. Udah dari dulu senangnya ama sotoshop….. Bahkan dapat uang makan sewaktu kuliah dulu dari program itu….. Makasih ya pak untuk ilmunya, di traktir cendol deh!!!! :toast

  11. Reseller hosting
    18/09/2014 at 18:48 #

    Terima kasih ataa informasinya, semoga bermanfaat bagi semua orang

Leave a Comment

3+2