Mohon Masukannya

website joomla wordpress Mohon Masukannya

website dinas kesehatan
Mohon masukannya bro untuk website dinas kesehatan kabupaten minahasa selatan yang sementara saya kerjakan.

Ngga thau mau nulis dari mana, yah langsung aja deh ke intinya tanpa banyak basa basi lagi :tkp

Seperti yang sedang saya katakan pada artikel saya yang lalu akhir-akhir ini saya sedang disibukkan dengan pengerjan tiga buah website sekaligus, satu untuk website kantor menggunakan engine joomla, dan dua untuk blog menggunakan engine wordpress.

Sebenarnya untuk website kantor saya rencananya akan menggunakan engine wordpress juga, tapi setelah saya coba di localhost, kayaknya lebih cocok jika menggunakan engine joomla. Yang jadi permasalahan bagi saya karena untuk penempatan widget, rasanya wordpress kurang baik digunakan untuk website portal….

Kalau di joomla kan, setiap halaman kita bisa atur modul-modul apa yang bisa ditampilkan sesuai dengan isi artikel, nah kalo di wordpress saya belum tahu caranya. Apakah bisa di custom seperti dijoomla, penempatan modul yang berbeda tanpa perlu ribet dengan yang namanya css, html dan php?

Namun yang saya rasa kurang dari joomla untuk fasilitas komentarnya masih kurang baik dibandingkan dengan wordpress. Ada sih plugin yang bisa di instal, tapi plugin premium…..

Padahal saya inginnya website tersebut berbeda dengan website-webiste pemerintah pada umumnya. Saya ingin agar supaya website tersebut selain berkesan formal tapi bisa juga bersifat interaktif. Artinya website tersebut selain kelihatan formal, namun juga para pengunjungnya bisa saling bertukar pikiran/bertanya lewat artikel-artikel yang diterbitkan sehingga masyarakat akan mendapatkan informasi kesehatan yang dibutuhkan.

Jadi webistenya ngga monoton seperti kebanyakan website instansi pemerintah yang cuma ada artikel/info doang, sedangkan para netter ngga bisa berinteraksi langsung dengan penulis artikel. Harapan saya website instansi kami nantinya juga bisa berfungsi seperti blog, jadi antara narablog dan para pengunjung ada interaksi….

Solusi yang saya dapatkan yakni dengan membuat subdomain. Jadi untuk tampilan homepagenya menggunakan engine joomla, sedangkan subdomain yang berisi artikel tentang kesehatan menggunakan engine wordpres. Dan natinya untuk blog yang menggunakan engine wordpress akan dikelolah oleh para tenaga medis baik yang tersebar diseluruh wilayah kerja kantor kami. Biar artikel tentang kesehatan bisa beragam….

Terus dengan begitu mereka juga kan akan bisa belajar ngeblog, siapa tahu diantara mereka ada yang menjadi seleb blogger??? ngarap mode ON…

Mungkin ide saya ini terdengar aneh, makanya saya ingin meminta masukan dari para netters semua yang berkunjung ke blog ini, baik yang berkunjung secara sadar  ataupun karena kesasar. Atau mungkin anda mempunyai ide yang lain bro untuk website kantor kami??? Saya sangat mengharapkan masukan dari anda bro

Advertisement

29 Responses to “Mohon Masukannya”

  1. 14/10/2010 at 11:38 #

    Bentar-bentar. Web kantor gitu sepertinya bukan masuk web portal tapi profile site. Jadi harusnya tidak ada kolom komentar. Silakan buat saja halaman untuk mengontak perusahaan mas via email.

    Nanti malam tercoreng namanya mas, namanya juga perusahaan kalau balas komentar asal-asal seperti nyeplos di blog kan gak etis ? Untuk ide subdomain, asalkan tidak melanggar norma-norma dan kebiasaan di perusahaan sih tidak apa-apa membuat blog termasuk dalam membalas komentar loh.

    Kalau menurut saya sih gitu :shakehand2

    • 14/10/2010 at 12:30 #

      Itu bukan website perusahaan bro, namun website kantor dinas kesehatan….. Untuk komentarnya saya rencananya diverifikasi dulu oleh admin aru deh bisa nongol…
      Dan juga artikel yg ada kollom komentarnya hanya artikel kesehatan bro (Tips Hidup Sehat)…. Menurut data yang saya dapatkan, jarang sekali pengunjung website bertanya lewat kotak email, kan lebih praktis kalau bisa langsung koment…. Navigasi lebih mudah bro buat netters…

      • joko santoso
        15/10/2010 at 07:31 #

        Klo pilihannya wp or joomla, untuk web site kantor sebaiknya ya .. pake joomla aja bro

        • 15/10/2010 at 07:45 #

          Ia, memang rencananya saya pake joomla pak… Ini juga berdasarkan usulan dari salah seorang kenalan yang ada di pusat…. Cuma yang saya mau tanya juga bagaimana agar supaya website tersebut bisa bersifat interaktif…

        • 16/10/2010 at 03:46 #

          Pilih Textpattern saja, lebih baik dari keduanya. 😛

          • 16/10/2010 at 15:57 #

            Textpattern?? Baru dengar saya bro…. CMS juga or???

          • 17/10/2010 at 23:45 #

            Textpattern(TxP) didesain sebagai CMS yang sangat fleksibel. Begitu fleksibel sehingga saya bisa memanfaatkannya menjadi CMF (Content management Framework).

            Ukuran corenya hanya 400-an kb. Bisa didownload di http://textpattern.com

      • 16/10/2010 at 14:39 #

        Oke kalau sanggup atur ribuan komentar masuk nantinya sih tidak apa-apa mas. Maklum situs kantor dinas kesehatan pasti ramai kunjungan. klau harus di moderate dulu komentarnya sangat ribet tentunya.

        Ini yang kelola situs, pribadi atau team ?

        • 16/10/2010 at 16:03 #

          Wah benar juga ya bro,,,, kalau nanti banyak pengunjungnya pasti ribet tuk moderisasi komentarnya,…. Kalo pengelolaan situs saya sih maunya dibuatkan team bro, tapi ngga tahu dengan teman2 yang lain apa mereka mau atau ngga!!!! Soalnya teman kantor yang biasa main inet dua2nya sibuk kuliah ambil S2…
          Ribet, ribet, ribet…..

  2. JhezeR
    15/10/2010 at 13:13 #

    Kalo pengen ttp ada interaktif, kan bisa dicari theme wp yg suport custom widget / berbeda tiap page,single,tag,kategori bro kalo gak salah yg pernah saya coba theme “the beeb3” tpi versi nulled, kayaknya cocok buat web pemerintahan.

    • 15/10/2010 at 15:08 #

      Nanti saya coba dulu ya bro templatenya…. But setelah saya lihat templatenya lebih cocok buat portal ya bro????

  3. 15/10/2010 at 07:44 #

    Oh, kirain saya mau minta saran/masukan soal tampilannya yang udah jadi dan udah ada linknya. Ternyata setelah saya cari-cari, emang gak ada ya link ke websitenya (dalam tulisan di atas). Kalo gitu, saya nggak bisa ngasih penilaian/masukan. Nunggu udah jadi dulu deh kalo gitu.

    Maaf, saya bukan web desainer atau web developer. Jadi belum bisa memberi saran/ide tentang websitenya mau diisi apa.

    • 15/10/2010 at 07:50 #

      ok bro,,, saya kira bro seorang web desainer, soalnya iawebsite nya banyak tutornya seperti bro satrya :thu

      • 15/10/2010 at 09:33 #

        Hehe. Kalo banyak nulis tutorial (misalnya seputar coding) kan bukan berarti penulisnya pasti seorang web desainer. Bisa saja ia cuma hobi ngeblog dan hobi utak-atik HTML maupun CSS (seperti saya contohnya).

        Tapi saya memang bercita-cita ingin menjadi web desainer nantinya. Sementara ini masih terus belajar pemrograman web dulu.

        • 15/10/2010 at 12:51 #

          Udah dekat bro jalannya menuju kesitu….. sayangkan kalau ilmunya kalau didiamkan begitu aja…. Sukses terus bro :thumbup

  4. 15/10/2010 at 09:58 #

    Saya kan wp addict, sudah pasti menggunakan wordpress. :cd

    Butuh bantuan mas :hammer

    • 15/10/2010 at 12:53 #

      Sip deh bro, nanti kalau ada hal yang akan ditanyakan soal WP saya akan langung menuju blog anda bro…. :ngakak

  5. 15/10/2010 at 17:18 #

    Pake joomla utk portal nampaknya betul lebih cocok..Untuk lebih interaktif mungkin edit edit tambah2 pake jquery ya, salam 🙂

    btw boleh bro klo ane pasang link blog nya ke blog ane?thanks bro

    • 15/10/2010 at 23:59 #

      Ia, memang saya sudah pernah membuat portal dan rasanya memang joomla yang lebih cocok… Wah kalau bermain jquery saya masih belum pandai…. ada referensi bro???

      • 18/10/2010 at 16:25 #

        hmm ke situs jquery nya aja langsung, ato ya klo ada apa-apa langsung aja om google sih. tinggal cari apa yang ingin diimplementasikan ama fitur dari jquery, edit2 deh sesuai kebutuhan.
        Salam 🙂

        • 19/10/2010 at 00:11 #

          ia sih bro,,, tapi kalo ada masalah yang berhubungan dengan joomla saya lebih senang ke forum resmi id-joomla Indonesia….

  6. 15/10/2010 at 18:07 #

    waduh, gak ngerti mas, pernah belajar joomla tapi cuma dua hari, setelah itu g pernah lagi bersentuhan ama joomla…belum bisa bantu nih, maap..

    • 16/10/2010 at 00:03 #

      Gapang kok belajar joomla, atau mungkin barang kali belum ketemu sama mentor yang pas…. :shakehand2

  7. 16/10/2010 at 04:53 #

    wah..saya belum berani kasih masukkan mas…
    saya masih newbie bangett..
    saya turut mendoakan semoag berhasil saja ya….
    :2thumbup :2thumbup :2thumbup

  8. 16/10/2010 at 07:55 #

    Wah, sudah master semua komentar di atas.

    • 16/10/2010 at 17:00 #

      Maklum lah sis, yang ngasih komen para pendekar yang udah lama malang melintang didunia maya….

  9. Erdien | Ceritaku Suka-Suka
    19/10/2010 at 14:24 #

    Kalo yang ini saya hanya bisa dukung dengan doa aza, semoga semua yang direncanakan berjalan lancar dan menuai manfaat

  10. Domain murah
    16/09/2014 at 19:01 #

    Terima kasih atas infonya

Leave a Comment

3+2