Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Hosting

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli hosting? Salah satu pertanyaan yang sering keluar ketika kita hendak membeli sebuah hosting. Salah satu hal penting yang memegang peran penting terhadap kelangsungan blog yang bro kelolah adalah hosting tempat bro meletakkan file-file blog. Jika didunia nyata kita ingin tinggal di sebuah rumah yang nyaman sebagai tempat kita berteduh,  maka didunia maya tentunya kita juga meninginkan sebuah hosting berkualitas dan tahan banting sebagai tempat tinggal blog kita.

Untuk memiliki sebuah tempat tinggal untuk blog kita ada dua hal yang bisa kita lakukan, pertama kita membuat sebuah rumah sendiri untuk blog kita (memiliki hosting dengan segala macam perangkat pendukungnya baik itu komputer, koneksi internet yang cepat dan stabil) ataupun kita bisa mengontrak sebuah rumah sebagai tempat tinggal blog kita.

Untuk pilihan pertama yakni membuat hosting sendiri diperlukan biaya yang tidak sedikit. Dan walaupun biaya yang kita keluarkan sudah amat banyak untuk membeli berbagai peralatan seperti komputer server, genset (penjagaan jika lampu padam), ups dan peralatan lainnya semua itu akan percuma jika koneksi yang kita gunakan lemotnya minta ampun.

Saya sendiri pernah mengalami betapa sulitnya mengelolah sebuah website (website kantor) dengan hosting sendiri. Sulitnya minta ampun, apalagi dengan kemampuan saya yang pas-pasan. Pilihan kedua merupakan pilihan terbaik yakni menyewa sebuah hosting sebagai tempat tinggal blog yang kita kelolah.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika ingin membeli sebuah hosting:

  1. Fitur yang diberikan. Ketika kita ingin membeli sebuah hosting kita harus mengetahui fitur apa saja yang akan kita dapatkan seperti berapa besar space yang akan kita dapatkan, berapa besar bandwitch yang akan kita dapatkan, apakah kita bisa mendapatkan addon domain, dan juga yang tak kalah pentingnya kita tahu control panel apa yang digunakan untuk mengelolah backend apakah cpanel, spanel, xpanel, vdeck dll. Kenapa hal ini penting? Karena kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan kita untuk mengelolah bagian paling sensitif dari sebuah hosting. Jika kita sudah terlanjur mengetahui/akrab dengan cpanel maka ketika kita membeli sebuah hosting dengan control panel vdeck maka kita akan sedikit kerepotan saat mengelolah file-file blog yang akan kita upload sehingga kita harus menyediakan waktu yang lebih untuk memperlajari kinerja dari control panel tersebut.
  2. Perbandingan harga. Sebelum membeli sebuah hosting kita harus mempertimbangkan kemampuan keuangan kita. Jangan terlanjur ikut-ikutan dengan blogger lain dengan membeli hosting dari laur negeri seperi hostgator, bluehost, hawkhost dan lainnya yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar. Perhatikan kemampuan keuangan kita. Jika hosting yang ingin kita beli hanya digunakan untuk sebuah blog  maka ada baiknya kita mempertimbangkan untuk membeli hosting dari dalam negeri saja karena rata-rata harga yang diberikan lebih murah dari hosting luar negeri. Untuk blog ini saya mempercayakannya kepada kuncihost sedangkan untuk blog saya dengan target pengunjung luar negeri yang saya monetize saya mempercayakan kepada hostgator. Tidak lucu jika karena ingin ikut-ikutan membeli hosting dari luar negeri tapi suatu saat nanti kita tidak mampu membayar harga sewa jika sudah jatuh tempo.
  3. Customer support. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui kualitas dari customer sehingga suatu saat ketika kita hendak menghubungi si CS siap sedia untuk membimbing kita. Bersarkan pengalaman saya ketika hendak membeli sebuah hosting hal pertama yang akan saya hubungi adalah si CS. Saya coba ajak chat, tanya ini itu sambil memperhatikan bagaimana cara si CS melayani saya sebagai pelanggan. Saat saya merasakan mendapatkan pelayanan yang menarik maka saya lebih mempercayai hosting tersebut. Pengalaman saya ketika berhubungan dengan Customer Suppor dari pihak hostgator adalah sangat memuaskan. Walaupun saya selalu mendahului dengan kalimat “sorry if my english is not good because i just use google translate” tapi si CS bersedia melayani saya dengan baik dan ramah bahkan semua pertanyaan saya bisa dijawab dengan baik.
  4. Perhatikan jumlah klien. Semakin banyak klien menandakan bahwa hosting tersebut cukup handal sehingga banyak orang yang tertarik menggunakan hosting tersebut. Selain banyaknya klien, kualitas klien (nama besar klien) juga bisa menjadi bahan pertimbangan bro n sis.
  5. Sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila blog yang dibangun mempunyai target pengunjung dalam negeri saja maka tidak ada salahnya jika kita menggunakan hosting dengan server dalam negeri (IIX). Tapi kalau target pengunjung blog kita dari luar negeri apa terlebih amerika maka akan lebih baik jika mengambil hosting yang berasal dari luar negeri contohnya hostgator. Jangan terburu-buru membeli hosting dengan kapasitas besar jika blog yang ingin kita buat hanya untuk personal blog yang jumlah pengunjungnya belum terlalu banyak. Jangan mudah percaya dengan hosting yang mengatakan bahwa kita mendapatkan kapasitas hosting unlimeted dan bandwtitch unlimeted. Walaupun sudah dikatakan bahwa kita mendapatkan hosting yang unlimeted namun sebenarnya kita tidak mendapatkan kapasitas yang unlimeted. Jika memang benar kita mendapatkan hosting unlimeted, terus kenapa ada paket-paket hosting yang diberikan? Jangan lupa juga membaca TOS/syarat dan ketentuan penggunaan hosting
  6. Perhatikan website/blog yang menggunakan jasa hosting yang hendak kita beli. Kita harus memperhatikan website/blog yang menggunakan hosting tersebut. Jika blog tersebut sulit diakses, sering maintenance server maka bukan hal yang bagus terhadap hosting tersebut. Apakah kita mau membeli hosting yang sering down dan maintenance server?
  7. Keberadaan perusahaan penyedia hosting. Perhatikan bagaimana kita bisa menghubungi hosting tersebut. Perhatikan alamat hosting apakah jelas atau tidak, bagaimana kita bisa menghubunginya (alamat yang jelas jika suatu saat kita hendak mengunjungi hosting tersebut), nomor telepon yang tersedia, dan alangkah lebih baik jika kita bisa menghubungi suatu saat (kalau bisa 1×24 jam) secara online baik lewat yahoo messenger ataupun live chat
  8. Testimoni pelanggan. Testimoni yang saya maksud tidak dilihat langsung dari website penyedia hosting, akan tetapi testimoni pelanggan yang ditulis diluar website perusahaan/direview langsung oleh blogger. Saya lebih mempercayai testimoni yang berasal dari luar website resmi penyedia hosting dari pada membaca testimoni langsung pada website penjual hosting. Ada baiknya sebaiknya anda meluangkan sedikit waktu untuk melihat review dari blogger-blogger lain yang mengeluarkan pendapat mereka selama menggunakan sebuah hosting. Memang membaca TOS adalah salah satu hal kecil yang sering tidak kita lakukan baik saat membeli sesuatu. Ada baiknya kita meluangkan waktu untuk membaca TOS apalagi jika kita hendak bergabung dengan website yang memfasilitasi pembayaran online seperti ketika kita hendak bergabung dengan iPaymu.com Pembayaran Online Indonesia atau paypal.
  9. Siapa dibalik hosting. Jika hendak membeli hosting dari dalam negeri ada baiknya jika melihat siapa yang berada dibelakang  perusahaan penyedia layanan hosting tersebut. Satu hal kenapa saya mempercayakan hosting blog ini kepada kuncihost karena nama-nama blogger (mas hengky, bro triwahyudi, bro chandra) yang menjadi punggawa kuncihost. Oh ya berdasarkan laporan yang saya terima dari mas hengky bahwa kuncihostdipercayakan menjadi sponsor nasional bootcamp yang akan dilaksanakan di Bandung dalam waktu dekat.
  10. Baca TOS. Membaca TOS yang diberikan merupakan langkah yang baik sehingga kita bisa mengetahui hal-hal apa saja yang kita dapatkan ketika membeli hosting dan hal-hal apa saja yang tidak bisa kita lakukan ketika kita membeli hosting. Contohnya jika blog yang ingin kita buat ingin kita pasangi plugin autoblog. Beberapa penyedia hosting yang saya coba hubungi ternyata tidak mengijinkan menggunakan plugin tersebut karena memberatkan kinerja server.

Itulah 10 hal yang harus kita perhatikan ketika kita hedak membeli sebuah hosting. Apakah bro punya tambahan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah hosting?  Enjoy blogging…

Advertisement

22 Responses to “Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Hosting”

  1. KLIKHOST.com
    09/07/2011 at 17:13 #

    Bener banget. Sesuaikan saja dg kebutuhan. Dan ingat, tidak ada hosting manapun yang bebas error. Jadi jangan berharap dengan harga mahal sekalipun akan menjamin benar-benar bebas dari masalah / gangguan.

    • 10/07/2011 at 20:11 #

      Masukan yang mantap master… Sesuaikan dengan kebutuhan, sepertinya kalimat itu yang memang pas.. Oh ya, makasih juga buat bantuannya beberapa hari yang lalu

  2. Handry
    09/07/2011 at 19:27 #

    Bro.,hanya menanggapi no.3.. You are not alone because I also like that..wkwkwkw

    • 10/07/2011 at 20:38 #

      Artikel ini sebenarnya dapat ide karena chat di FB bro

  3. ajurNA
    10/07/2011 at 23:32 #

    wah kalau untuk hosting-hosting beginian aku masih belum tahu banyak dan kalau disesuaikan dengan kebutuhan kayaknya aku saat ini belum mebutuhkan hosting bro. tapi pingin sih otak-atik hosting mungkin tahun depan bisa kesampaian dan ini bisa buat pertimbangan.

  4. 11/07/2011 at 01:26 #

    Cuma mau sedikit mengoreksi, bahwa hosting unlimited yang dimaksud bukan saja berarti dalam hal kapasitas harddisk yang disediakan, namun bisa juga berupa bandwidth yang tidak terbatas. Ini mungkin ada kaitannya dengan salah satu banner di blog saya. Sepertinya kalimat pada banner tersebut bisa menjebak, padahal unlimited yang dimaksud adalah dalam hal bandwidth, terutama jika menggunakan server dalam negeri.

    • 11/07/2011 at 10:02 #

      Yup benar bro, yang unlimeted bukan hanya kapasitas tapi juga bandwidth bulanan.. Btw ini tidak ada hubungannya dengan banner yang terpasang di blog bro iskandaria. Kebetulan dulu saya pernah mendaftar website yang saya buat (pesanan orang) di salah satu hosting… Di hosting tersebut memang tertulis kapasitas unlimeted dan unlimeted bandwitch.. tapi ternyata mereka punya banyak ketentuan yakni tidak boleh dibuatkan forum, ada download file yang disimpan dalam hosting yang dibeli dan berbagai peraturan lainnya

  5. 11/07/2011 at 01:52 #

    Secara keseluruhan, saya setuju dengan poin-poin di atas bro. Cuma, menurut saya penjelasan pada poin tentang “sesuaikan dengan kebutuhan” (poin ke-5) agak kurang nyambung. Kesannya jadi seperti menyudutkan iklan atau penawaran dari sebuah hosting. Padahal (menurut saya) yang seharusnya menjadi penjelasan adalah apa yang dimaksud dengan “menyesuaikan dengan kebutuhan” itu, bagaimana mengenali kebutuhan, dan bagaimana membandingkan antara kebutuhan dan kondisi serta target blog/website yang akan kita bangun.

    Misalnya begini:
    Kebutuhan bisa dibagi dalam hal kapasitas harddisk, bandwidth bulanan, target pengunjung yang dibidik, dan target jangka panjang. Nah, dari situ, jika misalnya website yang ingin dibangun hanya berupa blog yang berorientasi pada pengunjung dalam negeri, maka menggunakan hosting yang menyediakan server dalam negeri bisa jadi pilihan yang baik. Lalu untuk tahap awal (untuk blog baru), kapasitas 150 MB dan bandwidth 2 GB sudah lebih dari mencukupi.

    Itu cuma contoh saja bro (untuk bagian penjelasan poin ke-5).

    • 11/07/2011 at 10:17 #

      Makasih untuk tambahan dan koreksinya…. Saya ngga bermaksud menyudutkan akan salah satu pihak hosting (takut nanti dituntut seperti prita)… Poin kelima saya tulis cuma berdasarkan pengalaman sebelumnya bro, tapi ternyata ngga nyambung menurut bro Is. Saya coba perbaiki bro, tapi tulisan sebelumnya tidak saya hilangkan.. Sekali lagi ini tidak bermaksud untuk menyudutkan salah satu hosting. Artikel ini justru diposting berdasarkan chat dengan rekan Handry di facebook

  6. Sosial Budaya
    11/07/2011 at 13:04 #

    Bener tuh, sesuai kebutuhan, ngga murahan, dan yang pasti ngga suka ngulah 😀

  7. Rudi
    12/07/2011 at 15:14 #

    Kalo boleh tau bro eser memilih paket hosting apa dikuncihost ?…diliat dari jumlah visitor perhari eserzone.com jadi ngiler ingin nyicipi juga.

    • 12/07/2011 at 21:08 #

      Saya ambil Paket SEGAARRRR – SEGAR 400 (Rp. 150.000/tahun) udah dengan domain, kebetulan waktu itu lagi promo bro… Tapi beberapa waktu yang lalu saya bru aja upgrade hosting (tambah 35rb), dapat Bandwidth 30000 MB/bulan. Silahkan hubungi CS nya bro untuk info selanjutnya, jika berkenan daftar dari link affiliasi saya ya bro :ngakak

  8. 14/07/2011 at 08:02 #

    Mantab arikelnya bro.
    Saya kemarin akhirnya juga pindah hosting juga bro.
    Semua hal di atas saya setuju, dan akhirnya saya juga mengikuti bro eser menggunakan kunci host 🙂
    Dan tak lupa pula saya daftar dengan link affiliasi bro eser yang dulu udah mengenalkan ke saya. Semoga tercatat di kuncihost bro 🙂
    Makasih infonya.

  9. mashengky | kaya dari bisnis vcc
    15/07/2011 at 08:33 #

    kuncihost memang sudah menjadi sponsor resmi NBC mas..

    • 15/07/2011 at 21:25 #

      Sip,.. sukses terus bos buat kuncihost… ditunggu diskon-diskon berikutnya :ngakak

  10. 02/08/2011 at 04:02 #

    Hosting yang paling bagus n murah apa ya?

    • 02/08/2011 at 21:08 #

      Kalau saya percayakan blog ini kepada kuncihost..

      Murah tapi ngga murahan bos, sudah hampir setahun blog ini ngontrak di kuncihost

  11. mas javas
    09/08/2011 at 11:37 #

    mantabb gan … blog keren

  12. Hariri
    23/09/2011 at 12:16 #

    mas bro, kalau hosting kuncihost apakah lumayan atau tidak? soalnya banyak hosting yg murah tapi takut murahan. mohon sarannya

  13. mulyasaroh
    25/11/2012 at 15:04 #

    terimakasih banyak atas infonya sangat membantu sekali …….!

Leave a Comment

3+2