Belajar Dari Chile

sebastian pinera chile Belajar Dari Chile

Sebastian Pinera
Presiden Chile Sebastian Pinera sosok pemimpin yang patut ditiru. Sosok pemimpin yang sangat peduli dengan rakyat. Adakah Pemimpin di negara kita yang seperti beliau?

Chile beberapa hari terakhir ini menjadi perhatian publik dunia karena musibah yang menimpah para penambang yang terkurung lebih dari dua bulan diperut bumi.

Jutaan dollar dihabiskan untuk 33 nyawa para penambang yang sudah lebih dari dua bulan terkurung di kedalaman lebih dari setengah kilo meter. Ada beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari musibah ini:

  1. Sikap optimis dari para penambang yang tetap mencoba bertahan hidup selama lebih dari dua bulan di kedalaman lebih dari 500 meter. Saya salut dengan perjuangan para penambang yang terkurung di bawah tanah untuk tetap bertahan hidup. Dalam kondisi yang serba sulit mereka sanggup melewati tantangan yang mungkin saja merupakan tantangan terberat yang pernah mereka alami sepanjang hidup. :2thumbup
  2. Sikap empati yang ditunjukkan oleh Presiden Chile Sebastian Pinera. Seorang pemimpin yang bukan hanya memberikan dukungan lewat media, namun juga turun langsung kelapangan melihat proses penyelamatan yang dilakukan. Sikap empati yang seperti yang ditunjukkan oleh presiden Chile, sekarang ini sudah merupakan barang langka di negeri ini. Seorang kepala negara yang juga termasuk orang terkaya di Chile rela begadang siang malam untuk melihat operasi penyelamatan yang dilakukan oleh regu penyelamat. Adakah pemimpin seperti ini di negara kita? :hope
  3. Sikap patriot pemimpin regu yang ikut terjebak. Saat akan diselamatkan sang pemimpin regu yang ikut terjebak justru lebih memilih untuk terlebih dahulu menyelamatkan rekan-rekannya. Sang pemimpin regu sendiri merupakan orang terakhir yang diselamatkan oleh regu penyelamat. Bagi saya, sikap beliau memberikan contoh bagaimana seharusnya seorang pemimpin bertindak.

Kerja keras yang dilakukan oleh pemerintah Chile tidaklah sia-sia karena seluruh penambang yang terjebak berhasil diselamatkan. Presiden Chile Sebastian Pinera pun mendapatkan ucapan selamat dari sejumlah pemimpin negara.

Kejadian ini memberikan pelajaran bagi kita untuk terus bersikap optimis menghadapi sesuatu. Sudah sepatutnyalah bangsa kita mengambil contoh kepada pemerintah Chile, bahkan kalau perlu para wakil rakyat kita melakukan studi banding ke Chile, bukannya ke Afrika untuk belajar pramuka, ia ngga bro? :ngakak

Advertisement

24 Responses to “Belajar Dari Chile”

  1. 17/10/2010 at 12:22 #

    Salut buat Sebastian Pinera.. Baru sekitar tujuh bulanan jadi presiden tapi sudah berani melakukan tindakan cepat untuk kemanusiaan..Patut dicontoh oleh penyelenggara negeri ini..

    • 18/10/2010 at 07:20 #

      bener bro…. Lapindo udah bertahun2 masih ada saja masalah yang belum terselesaikan

  2. 17/10/2010 at 14:19 #

    Mantap mas ! besok review Ahmad Dinejad mas hehe. Saya salut sama beliau :sungkem

    • 17/10/2010 at 15:08 #

      Aduh kalau Ahmad Dinejad ngga ada yang saya ketahui,,, bro kan lebih tahu soal beliau,,…. besok rencana mau review blogger cilik…. Kok bisa ya kecil-kecil udah ngeblog di saat anak seusianya demen dengan PB :ngakak

      • 18/10/2010 at 10:11 #

        Woow jangan kira saya gak demen main PB mas dulu saya bisa seharian malah saya udah kenal akrab sama yang punya warnet sampe saya bisa jadi panitia kompetisi PB warnet sekarang hehe.

        Saya dulu biasanya nginep di warnet main PB terus loh. Sekarang malah jualan voucher game online seperti PB ini wkwkwkwkwk.:ngakak

  3. 17/10/2010 at 16:45 #

    benar
    salam persahabatan bloger

    • 18/10/2010 at 05:21 #

      Salam kenal juga bro :shakehand2

  4. ajundi14
    18/10/2010 at 10:44 #

    iya bro, kemaren memang pada hangat di berita. salut dah buat semua :cendol

  5. 18/10/2010 at 16:31 #

    Salut banget buat Pak Presiden Chile. Kabarnya menghabiskan dana 250 M ya untuk kapsul ajaib itu, hebat jadi contoh buat banyak negara.

    • 19/10/2010 at 00:08 #

      Terlebih lagi buat negara kita bro yang kelihatan kurang peduli terhadap nasib para pekerja…. liat aja TV, ampir setiap hari ada unjuk rasa dari para pekerja, belum lagi nasib warga sidoarjo (lumpur lapindo)

  6. Erdien | Sundagasik
    19/10/2010 at 14:14 #

    Sepakat Mas, memang banyak hal yang patut ditiru dari mereka. Ini sungguh sebuah contoh yang mengagumkan. Moga orang kita bisa meneladani itu dengan baik

    • 19/10/2010 at 14:53 #

      Apalagi pemipin di negara kita, ia ngga???

      • Erdien | Ceritaku Suka-Suka
        19/10/2010 at 15:49 #

        Tepat Mas!

  7. Abdul Hakim
    19/10/2010 at 14:14 #

    anggota dewan jangan disuruh ke chile bro, percuma cuma ngabisin duit doang…. mending ke palestine biar dia tau gimana rasanya dijajah

    • 19/10/2010 at 14:54 #

      abis itu ke irak… :ngakak :ngakak :ngakak

  8. suarakelana
    19/10/2010 at 18:29 #

    sungguh pelajaran yg amat berharga. Bagusnya itu ditayangkan ulang berkali2 biar bisa menguak kesadaran lebih kuat.

    • 20/10/2010 at 01:29 #

      apalagi kalau ditonton berulang kali elit politik? Mungkin mereka bisa sadar dengan keadaan masyarakat disekitar mereka

  9. 19/10/2010 at 16:24 #

    Saya baru tau nih soal berita itu. Abisnya udah jarang nonton berita di TV sih. Yang salut, pemerintah Chili mau mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk melakukan penyelamatan itu. Salut pula untuk sang presiden dan tim penyelamat.

    • 20/10/2010 at 01:26 #

      Kadang juga buka situs berita ya bro???? Sekali-kali lihat perkembangan di situs berita juga bro, biar bisa tahu keadaan dunia kita

  10. 01/11/2010 at 06:40 #

    Mantab artikelnya,ditunggu yg lainnya yah.

    • 01/11/2010 at 14:26 #

      Ah biasa aja kok…. Makasih ya udah berkunjung, salam kenal :shakehand2

  11. Reseller hosting
    18/09/2014 at 17:11 #

    terima kasih atas informasinya

Leave a Comment

3+2