Apa Arti Sebuah Nama

arti sebuah nama Apa Arti Sebuah NamaAkhir-akhir ini saya dipusingkan dengan pencarian sebuah nama. Walaupun banyak orang yang mengatakan apalah arti sebuah nama, akan tetapi saya termasuk salah satu orang yang tidak setuju dengan pendapat tersebut. Apa lagi nama yang sedang saya cari adalah bersifat penting yakni nama untuk anak saya yang akan segera lahir dan nama untuk sebuah blog baru yang akan saya buat yang mengusung satu topik tertentu (mencoba untuk setia membahas satu topik dalam sebuah blog).

Walaupun saya bukan termasuk dalam pebisnis internet (masih sebatas penggembira didunia maya yang berkelana tanpa arah) namun saya setuju dengan perkataan para internet marketing bahwa nama itu memegang peranan yang sangat penting bahkan sangat vital.

Nama untuk blog baru

Dengan memiliki nama yang bagus (para pebisnis sering menyebut dengan kata merek, brand) maka hal itu turut meningkatkan kepercayaan seseorang atau sebuah perusahaan dimata orang lain. Dalam dunia bisnis internet nama domain memegang peranan yang sangat penting. Lihatlah bagaimana domain percayadiri.com dijual dengan harga 75 juta oleh sang pemilik (Jonru) yang adalah pemilik sekolahmenulisonline.com padahal domain tersebut tidak mempunyai pagerank.

Untuk blog baru saya cenderung menginginkan nama yang digunakan mempunyai hubungan dengan topik yang saya angkat bukan seperti blog ini menggunakan nama saya. Jadi ketika nanti bro mendengar/membaca nama blog saya, setidaknya bro mempunyai sedikit gambaran tentang topik yang saya angkat dalam blog baru tersebut.

Nama untuk anak tercinta

Saya juga tak ingin terkesan latah dan ikut-ikutan dengan sebagian orang tua dalam memberikan nama apa terlebih nama buat anak. Saya ingin jika kelak anak saya bertanya kenapa di beri nama tersebut saya bisa mengatakan alasannya. Dan saya juga tak ingin anak saya nanti menyesali kenapa dia diberi nama demikian.

Oh ya bro, saya menginginkan agar ย nama yang diberikan kepada anak saya mengandung dua unsur:

  • merupakan nama yang tak lekang oleh waktu sehingga saat 10 atau 20 tahun kedepan nama tersebut tak akan terkesan kuno. Sehingga sang anak ย dikemudian hari tidak menambahkan nama baru karena lebih suka dipanggil dengan nama yang lain dari pada nama yang sudah diberikan oleh orang tua. Hal ini banyak terjadi bro didaerah saya, ngga tahu didaerah bro.
  • nama anak saya ada unsur kedaerahan sehingga sang anak tahu bahwa dia berasal dari suatu daerah tertentu dan tidak akan melupakan asal-usulnya. Bagi anda mungkin apa yang saya lakukan terkesan ribet, namun begitulah keinginan saya.

Bagaimana menurut pendapat anda bro, apa arti sebuah nama menurut bro?

Advertisement

39 Responses to “Apa Arti Sebuah Nama”

  1. 12/01/2011 at 06:11 #

    sekedar saran aja bang hhe, kalau mau beri nama anak mending pakai nama yang ada unsur agama-agamanya gitu. Jadi enggak akan tergusur oleh jaman bang. he itu menurutku lho

    • ajundi14
      12/01/2011 at 17:03 #

      kalau ini saya setuju. tambahan juga, dari nama yang ada unsur agama – daerah – baru deh marganya ditempel. dijamin tahan waktu – dan tetap tahu asalnya dari mana :cendol

      • 13/01/2011 at 08:54 #

        Sekaligus tak lekang oleh waktu ya bro

    • 13/01/2011 at 08:26 #

      Makasih untuk sarannya bro

  2. aldy~pf
    12/01/2011 at 06:36 #

    Ada yang mengatakan nama adalah do’a dan saya sependapat. Berilah nama yang bagus, agar ia tidak malu dengan yang lain.

    • 13/01/2011 at 08:53 #

      Setuju bro… Btw Aldy kedengarannya keren juga bro ๐Ÿ™‚

  3. 12/01/2011 at 15:05 #

    Setiap nama itu memiliki makna sebagai harapan spesial dari sang pemberi nama…

  4. TuSuda
    12/01/2011 at 15:10 #

    Apapun nama yang ditetapkan pasti bertujuan baik untuk semuanya… ๐Ÿ™‚

  5. julicavero
    12/01/2011 at 17:00 #

    nama yg berhubungan dengan agama juga bagus tuh…atau mengenai arti kata dalam bahasa lain selain bhs indonesia

    • 13/01/2011 at 08:56 #

      Arti kata dalam bahasa lain juga sedang saya pikirkan apa yang bagus dan bersifat positif bro

  6. TYrips
    12/01/2011 at 22:53 #

    hmmm…
    bagaimana kalo nama tokoh panutan anda bro??
    atau mungkin memakai nama anda namun menambahkan junior (or jr) dibelakangnya!!
    kan keren juga tuh…hahaha

    • 13/01/2011 at 19:30 #

      Kalau nama tokoh yang saya sukai itu sudah ada bro,… Soal menambahkan ekstensi jr dibelakang nama saya sepertinya kurang cocok bro

      • TYrips
        15/01/2011 at 15:50 #

        iya juga ya…akakakaka
        gud luck deh bro dalam pencariannya..,
        Semoga nama tersebut kelak saat ia dewasa akan menjadi indah dan harum buat anda dan keluarga anda kelak… Amien…

      • TYrips
        15/01/2011 at 15:51 #

        Oh iya ya…hahaha
        kalo gitu gud luck aja bro dalam pencarian namanya..
        Semoga nama yang terbaik yang bisa anda dapatkan buat buah hati anda…hehehe

  7. 13/01/2011 at 13:01 #

    Nama adalah doa. Dan doa adalah pintu awal menuju rejeki. Berilah nama yang terbaik, apalagi yg untuk anak sendiri. Saya bantu doa aja dari sini ya, moga2 nemu nama yg keren, mengandung doa yg bagus, dan bisa digunakan di segala masa.

    • 13/01/2011 at 17:55 #

      Lengkap bro, memang seperti ini yang saya inginkan… :2thumbup

      • 16/01/2011 at 06:59 #

        Siiip, semoga nemu yang bener2 pas, Amin;

        • 18/01/2011 at 17:54 #

          udah ketemu sekarang bro, Kevin Tomi Boanerges..
          Kevin (diambil dari nama Kevin Mitnick salah satu hacker legendaris), Tomi (Toraja Minahasa= Gabungan dua buah adat) Boanerges (Berarti anak-anak guruh)

          Gimana bro?

  8. soe
    13/01/2011 at 13:24 #

    nama bagus? btw kalau soal blog memang harus pilih pilih nama dan hari di launcing, wakakakakak biar peng sui nya bagus

    • 13/01/2011 at 17:59 #

      Kalau soal hari, saya merasa ngga terlalu penting bro. Bagi saya semua hari adalah baik….

  9. berbagi informasi
    13/01/2011 at 17:48 #

    mantap bro
    salam sukses
    ditunggu kunjungan baliknya

  10. Erdien
    13/01/2011 at 20:13 #

    Wow…. Bro Eser baru dapat momongan nih! Keren! Selamat Bro!!!

    Semoga anaknya menjadi generasi yang lebih baik dari kedua orang tuanya dalam segala hal, amin!

    • 13/01/2011 at 20:24 #

      Belum bro,… tadi sih sempat antar istri ke RS tapi langsung pulang, kata dokter masih seminggu (menurut analisa kedokteran yang kadang salah)…
      Saya juga mengharapkan semoga kelak anak saya bisa lebih baik dari orang tuanya…
      Kalo ortuya cuma tamatan S1, dia minimal tamatan S2… Kalau ortunya cuma bisa bisnis kecil-kecilan, dia bisa punya bisnis sendiri (setidaknya bisa punya PT).. Kalau ortunya cuma bisa jadi birokrat dengan gaji kecil, semoga dia bisa jadi pejabat negara… Itulah harapan dari saya sebagai orang tua

  11. Erdien
    13/01/2011 at 20:14 #

    Iya, saya setuju banget tuh, tentang kasih nama memang baiknya tak lekang oleh waktu, biar enak didengar dan nggak bikin malu buat anak kita nantinya ๐Ÿ™‚

  12. 14/01/2011 at 12:21 #

    Saya sependapat jika nama itu juga merupakan sugesti kepada pemiliknya. Jadi dengan menyandang nama itu, ia akan makin percaya diri :toast

  13. 14/01/2011 at 12:55 #

    Untuk nama domain, menurut saya sangat penting memilih yang mudah diingat dan mudah dilafalkan. Ini jika kita ingin mempermudah calon pengunjung setia mengetikkan secara langsung nama domain blog kita di address bar. Kalau nama domainnya ribet, kan sulit juga untuk diketikkan dan diingat. Bisa-bisa malah nyasar ke situs lain ๐Ÿ™‚

    • 15/01/2011 at 02:12 #

      Memang benar bro, msaya menginginkan nama domain yang tidak terlalu panjang (maksimal dua kata), kata-kata tersebut sangat familiar ditelinga kita, ada hubungannya dengan topik yang dibahas, dan berekstensi dot com… Ribet ya bro? :ngakak

  14. 14/01/2011 at 14:31 #

    Namablog & nama anak 2 hal yang sering bikin saya bingung ๐Ÿ™‚
    seperti kemarin untuk nama anak akhirnya saya minta adik saya yang mencari namanya sampe ketemu & tentu saja saya juga harus tau apa arti nama tersebut.

    Kalau nama domain memang sebaiknya berhubungan sama topik yang mau diusung apalagi kalau tujuannya untuk bisnis, karena seingat saya si domain ikut mempengaruhi hasil pencarian juga contoh kasus domain saya yang ogameslucky ketika saya menuliskan tentang game ternyata posisnya cukup bagus di google walau dari awal ga ada niat sama sekali buat bikin topik tentang game ๐Ÿ™‚ nama domain saya sebetulnya cuma kebalikan dari kata2 tertentu.

    • 15/01/2011 at 02:19 #

      Blog saya yang baru ngga akan membahas seputar bisnis bro, tapi topik yang akan saya angkat berhubungan dengan pekerjaan saya didunia nyata

  15. rara
    14/01/2011 at 20:17 #

    Nama sangat mempengaruhi seseorang ,khusunya yg memberi nama.Karena dg begitu pasti dia punya harapan dimana harapan sebelumnya tidak dia dapat

  16. 14/01/2011 at 21:29 #

    pakai nama depan agama
    untuk nama belakang pakai nama daerah (marga)

    • 15/01/2011 at 02:23 #

      Yang terpikirkan di kepala saya sekarang
      – Nama depan pakai nama salah satu tokoh yang dikenal didunia internet
      – Nama tengah berhubungan dengan agama
      – Nama belakang berhubungan dengan daerah

  17. widodoa
    15/01/2011 at 09:01 #

    wah…kriteria untuk nama anak loe berat banget bro..ha..ha…..
    memadukan 3 kriteria bukan hal yang mudah…tapi memang betul seperti kata-kata teman2..nama adalah doa….
    semacam personal branding..tapi apa nggak terlalu berat beban yang di sandang dengan pemberian nama yang terlalu tinggi ekspetasi sang orang tua?
    jika nanti sang anak tidak bisa memenuhi harapan ortu,bisa timbul 2 kemungkinan…
    1.ortu yang stress karena harapan terhadap sang anak tidak sesuai kenyataan….
    2.anak yang stress,karena tidak bisa memberikan sesuai dengan harapan sang ortu…

    • 18/01/2011 at 17:58 #

      Berat bukan berarti tidak bisa kan bro.. Saya sudah menemukan nama yang pas Kevin Tomi Boanerges..
      Kevin (diambil dari nama Kevin Mitnick salah satu hacker legendaris), Tomi (Toraja Minahasa= Gabungan dua buah adat) Boanerges (Berarti anak-anak guruh)

  18. 15/01/2011 at 16:43 #

    namailah yg baik,, palagi klo itu utk anak kita…

  19. dHaNy
    15/01/2011 at 18:08 #

    Nama memang mengandung doa pada yang memilikinya, diberikan oleh orang tuanya. Nama yang mengandung nama-nama baik dalam agama maupun asma Allah juga bisa menjadi pilihan bro eser.

    Untuk memilih nama domain lebih efektif yang mudah dilafalkan dan hindari lafal yang sulit untuk dieja. Jadi calon pengunjung sekali mengetikkan langsung bisa mengaksesnya. Kalau 2 kata mungkin dibuat perulangan juga keren misalnya moomoo.com gitu. kalau sesuai dengan tema kembali lagi ke bro eser tema apa yang mau diangkat.hehe… sekedar ide aja bro….

    • 16/01/2011 at 10:54 #

      Untuk nama domain memang begitu syarat yang saya tetapkan bro. Ribet sih, tapi memang demikianlah realita yang ada

  20. hosnan fauzi
    15/01/2011 at 18:32 #

    wah…. selamat ya Bro….!!! punya momongan baru ya…..
    jadi pengen cepat nikah…. heheheh

    • 18/01/2011 at 18:25 #

      Buruan bro, sebelum 2012 :ngakak

Leave a Comment

1+1