Tempat Wisata di Manado Yang Sebenarnya, Asli Bukan KW

Apakah anda merasa aneh membaca judul “Tempat Wisata di Manado Yang Sebenarnya” yang saya tulis diatas? Kalau kedengaran aneh dan tidak enak untuk dibaca, kenapa justru saya membuat tulisan dengan judul seperti ini? Apakah keanehan ini diakibatkan saya yang mulai jarang menjamah keseksian blog ini? Dari pada muncul berbagai macam dugaan/pemikiran yang agak sinting mengenai judul yang saya buat, maka lebih baik saya menjelaskan saja alasan saya menuliskan judul Tempat Wisata di Manado Yang Sebenarnya.

Jujur saja, judul ini muncul akibat kegelisahan saya melihat penyebaran informasi di dunia maya mengenai berbagai destinasi wisata yang ada di Sulawesi Utara yang sangat tidak akurat, apalagi oleh para pemburu trafffic. Demi membidik rangking 1 untuk kata kunci tempat wisata di manado, wisata manado, objek wisata di manado, destinasi wisata di manado dan berbagai kata kunci yang berbau tempat wisata lainnya di Sulawesi Utara, maka informasi mengenai destinasi wisatapun dibuat berdasarkan perkiraan semata (browsing, ketemu beberapa artikel yang dimaksud, rewrite, posting).

Jika anda tidak percaya, silahkan anda coba dengan mengetikkan kata kunci mengenai tempat wisata di daerah anda. Akan muncul beberapa atau bisa saja banyak artikel yang muncul dihalaman pertama yang tidak sesuai dengan lokasi/daerah anda karena sebenarnya tempat wisata tersebut berada di kabupaten/kota lainnya.

Pernakah anda berpikir bahwa tulisan yang tidak akurat mengenai tempat wisata akan memberikan dampak bagi orang lain? Contoh kecil namun bisa berdampak besar bagi kantong traveller adalah saat ia merencanakan budget untuk berkunjung ke daerah tersebut. Contoh lainnya yang saya alami saat menjadi admin tempat penyewaan mobil di Manado. Tidak sedikit pelanggan/penggunaan jasa rental mobil yang berpikiran bahwa danau tondano, danau linow, Tomohon dan Bitung itu ada di Kota Manado. Tapi ketika saya jelaskan bahwa daerah tersebut berjarak sekitar 1-2 jam perjalanan dari Kota Manado maka merekapun heran, karena menurut mereka informasi yang mereka dapatkan bahwa tempat-tempat yang hendak dituju itu saling berdekatan (baca: 10 tempat wisata menarik di Sulawesi Utara)

Jadi sebenarnya tempat wisata di Manado itu dimana saja?

Kalau bicara jujur, sebenarnya di Manado itu hanya ada dua tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan manca negara maupun wisatawan domestik. Kedua tempat wisata tersebut yaitu:

  1. Bunaken. Bunaken memang telah menjadi destinasi wisata andalan bukan hanya Manado saja melainkan menjadi objek wisata andalan Provinsi Sulawesi Utara. Pesona bawah laut Taman Laut Nasional Bunaken yang dapat anda capai dengan menempuh perjalanan sekitar 45-50 menit dari dermaga penyeberangan di Pelabuhan Manado ke Pulau Bunaken memang begitu mempesona. Tak heran jika para wisatawan yang senang dengan wisata bahari menjadikan Bunaken sebagai salah satu lokasi wisata yang harus di kunjungi di Indonesia.
  2. Siladen. Selain Bunaken, salah satu tempat wisata di Manado yang menjadi daerah tujuan wisata adalah Pulau Siladen. Di pulau kecil namun begitu indah ini, anda akan dimanjakan dengan hamparan pantainya. Ketika sore hari tiba, anda akan menyaksikan sunset yang begitu indah. Deretan resort-resort mewah berdiri di Pulau Siladen, tak heran wisatawan yang datang ke tempat ini didominasi oleh wisatawan asing.

Itulah dua tempat wisata di Manado yang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Destinasi wisata lain yang di Kota Manado yang juga sering dikunjungi yaitu patung Tuhan Yesus Memberkati yang merupakan Patung Tuhan Yesus tertinggi kedua didunia dan berdiri disekitar perumahan mewah citraland.

Tempat Wisata di Manado yang terkenal yaitu Bunaken Tempat Wisata di Manado Yang Sebenarnya, Asli Bukan KWTempat Wisata disekitar Manado

Sedangkan tempat wisata lainnya yang sering disebutkan berada di Manado sebenarnya berada di luar Kota Manado. Beberapa tempat wisata disekitar Kota Manado diantaranya Gunung Mahawa, pasar Tomohon, Danau Linow, Bukit Doa yang semuanya berada di Kota Tomohon yang dapat anda tempuh dengan perjalanan sekitar 50-60 menit dari Kota Manado menggunakan kendaraan roda empat. Sedangkan Danau Tondano dan Desa Pulutan yang terkenal dengan kerajinan gerabah berada di Tondano dengan jarak tempuh sekitar 70-80 menit dari Kota Manado.

Adapun keindahan bawah laut Pulau Lembe dan Kawasan Hutan Lindung Tangkoko berada di Kota Bitung. Sedangkan pesona pulau kecil dengan pasir putih yang sangat halus yaitu Pulau Lihaga lokasinya agak jauh dari Manado karena berada di Likupang. Selain harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Manado ke Likupang, anda juga masih harus menggunakan perahu dari Likupang ke Pulau Lihaga menggunakan perahu.

Jadi, sebelum melakukan perjalanan wisata ke Manado, ketahuilah dengan sebenarnya dimana lokasi wisata tersebut berada. Apakah memang berada di Manado atau justru jauh dari Manado. Jangan sembarangan percaya dengan artikel yang anda temui, akan lebih baik jika anda mempercayai situs lokal yang memang kontentnya baik tulisan, foto dan video berasal dari warga Manado, Sulawesi Utara. Dan salah satu referensi yang bisa anda percaya mengenai lokasi/tempat wisata di Manado adalah www.seputarsulut.com (Foto: manadofuntrips.com)

Advertisement

36 Responses to “Tempat Wisata di Manado Yang Sebenarnya, Asli Bukan KW”

  1. 23/11/2014 at 01:06 #

    Sangat setuju ! Informasi yang keliru semacam itu hanya akan menimbulkan perasaan kecewa dari para wisatawan yang sudah terlanjur mempunyai ekspektasi tinggi terhadap tempat wisata yang dimaksud, padahal kenyataannya berbeda.
    Satu lagi, mengenai lokasi wisata bukit kasih di kanonang, masih ada saja blog-blog yang merekomendasikan tempat ini karena keindahannya plus foto bukit kasih pada masa jaya-jayanya.. hallo ! realitanya, kitapun terpaksa harus mengakui bahwa saat ini bukit kasih sudah tidak seindah dulu. Apa jadinya ketika wisatawan yang sudah berharap lebih menikmati panorama bukit kasih, namun yang ditemui disana sangat berbeda dengan informasi yang beredar… hhhmmm…
    Mari revisi kembali informasi tempat tempat wisata di Manado… gerakan yang luar biasa dari Ketua Kawanua Blogger 😀

    • 30/11/2014 at 09:54 #

      Ya,,, Kanonang sekarang sudah tinggal kenangan… Banyak juga wisatawan lokal yang komplain ke saya mengenai keberadaan Bukit Kasih Kanonang yang sudah tidak terawat lagi.. Sayang, uang negara yang sudah dihabiskan miliaran rupiah seakan hilang begitu saja

  2. 24/11/2014 at 06:48 #

    Betul skali ketua! 😀
    kayaknya ini semacam kritikan buat para blogger traveler juga kali ya?? supaya gak sembarangan membuat artikel yang menyebar informasi keliru di dunia maya…

    • 30/11/2014 at 09:34 #

      Ya,,, sebagai seorang blogger sudah selayaknya kita membantu menyebarkan informasi yang sebenarnya apalagi sebagai warga asli Sulawesi Utara karena Sulut bukan hanya Manado…

  3. best british brand
    10/12/2014 at 12:21 #

    wah gila keren banget nih pemandanganya dibawah lau manado, selain wisata dan makananya manado terkenal juga dengan wanita cantiknya loh

  4. Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Diabetes Melitus
    11/12/2014 at 14:33 #

    tempat wisata yang indah ya gan, subhanallah

  5. Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Sesak Nafas
    26/12/2014 at 16:28 #

    ia gan lain kali saya berkunjung kesana, insyaallah

  6. singapore news
    10/01/2015 at 16:43 #

    indah nya tempat ini

  7. mimi
    09/02/2015 at 18:03 #

    pengeennn kesanaaaaa
    baguss bgt…

  8. Izin nyari rezeki gan, hapus ya bila di anggap spam – Cara Cepat Mengeringkan dan Menyembuhkan Luka Jahitan dengan Obat Herbal Pengering Luka Bekas Jahitan Operasi Jelly Gamat Gold G.

  9. Numpang nyari rezeki gan, hapus ya kalo spam –
    Cara Cepat Mengeringkan dan Menyembuhkan Luka Kanker Payudara dengan Obat Herbal Pengering Luka Kanker Pada Payudara Jelly Gamat Gold G

  10. Numpang nyari rezeki gan, hapus ya kalo spam – Informasi Menarik Mengenai Cara Cepat Mengeringkan dan Menyembuhkan Luka Diabetes dengan Obat Herbal Pengering dan Penyembuh Luka Diabetes Jelly Gamat Gold G.

  11. 16/06/2015 at 12:39 #

    luar biasa indah

  12. 24/06/2015 at 01:28 #

    wah indah sekali pemandangan bawah lautnya

  13. 05/09/2015 at 22:44 #

    wah, keren kak, pengen kesana, tapi di jogja gak kalah keren kok

  14. 17/09/2015 at 14:30 #

    kalau ke menado mesti nyempetin, wajiiibbb 🙂

  15. 30/09/2015 at 15:59 #

    ternyata patung yesus yang tinggi itu ada di manado ya.. kiraen di luar negeri

  16. 01/10/2015 at 19:03 #

    Informasi yang sangat bermanfaat sekali.
    Saya ingin bersahabat dengan semua para blogger
    Salam kenal dari http://jualjamunik.com

  17. 03/10/2015 at 19:19 #

    makasih

  18. 03/11/2015 at 00:21 #

    Ingin rasanya berkunjung kesana, semoga bisa terwujud..manado adalah salah tujuan rekreasi impian saya..

  19. 07/11/2015 at 04:25 #

    ternyata bawah lautnya yang menjadi andalan… sangat patut di kunjungi 🙂 indonesia memang penuh dengan keindahan 🙂

  20. 04/12/2015 at 13:26 #

    Thanks gan artikelnya sangat bermanfaat!! 5 game dalam 1 Id hanya di http://www.gemilangpoker.com Agen poker Online Indonesia Terpercaya. Nikmati juga bonus2 yang sangat menarik dari kami. add pin BB 2BAF85D5

  21. 14/01/2016 at 19:59 #

    wuihh indahnya bagus banget pemandangannya 🙂

  22. 11/02/2016 at 08:19 #

    Keren! pesona bawah laut yang sungguh luar biasa…
    ada lagi gk foto2nya selain diatas?
    semoga kelak bisa kesana bersama keluarga 😀

  23. 15/02/2016 at 11:46 #

    masih original

  24. 13/03/2016 at 14:24 #

    mantep gan pencerahanya,, thankz

  25. 18/03/2016 at 21:29 #

    waw ….. pemandangan yang indah sekali

  26. 22/03/2016 at 11:34 #

    jadi pengen nyemplung di bunaken

  27. 29/03/2016 at 07:42 #

    Tempat wisata manado sebenarnya sangat menarik untuk ditelusuri karena wilayah Indonesia memiliki wisata alam yang sangat indah.

  28. 08/05/2016 at 19:09 #

    tempat
    wisata indonesia
    emang keren dan indah

  29. 26/05/2016 at 10:41 #

    Bunaken keren banget, tempat wisata disekitarnya juga pastinya keren2!

  30. 11/07/2016 at 11:55 #

    wih keren gilak,,,patut masuk dalam daftar kunjungan nih

  31. Bunga Tangan
    04/02/2017 at 20:16 #

    Alam menado yang sangat Indah kapan yang bisa main kesana

  32. 06/05/2017 at 14:30 #

    kesel juga yah kalo kaya gitu kak, jauh* keasana ternyata tempat yang dituju sangat jauh dari harapan hmm

  33. 28/05/2017 at 00:45 #

    Seju bangett min, sekarang emang udah banyak banget pemburu trafffic. Demi membidik rangking 1 untuk kata kunci tempat wisata. Seharusnya semua blogger tentang wisata ini seperti ente. yang enggak asal asalan.

  34. 28/05/2017 at 01:13 #

    Keren artikelnya, pengen bngt ke bunaken 😄, nikmatin destinasi bawah lautnya#

Leave a Comment

1+3