Seru-seruan di Kopdar Perdana VES Community Chapter Sulawesi Utara

Setelah lama tak merasakan aroma kopi darat atau yang lebeh akrab dengan sebutan Kopdar, akhirnya Sabtu 12 Agustus 2017 saya kembali bisa merasakan nuansa kopi darat dengan sekumpulan orang yang memiliki minat yang sama dengan mobil bergenre jip dari pabrikan asal Jepang yakni Suzuki. Ves Community merupakan wadah yang mempertemukan kami sehingga para pengguna Vitara/Grand Vitara, Escudo dan Sidekick yang ada di Sulawesi Utara boleh terkumpul dan membentuk sebuah wadah yang bernama Ves Community Chapter Sulawesi Utara.

Dikutip dari grup resmi Ves Community yang ada di Facebook, VES Community sendiri diperuntukan untuk semua Pemilik, Pemakai atau Pecinta Suzuki jenis Jip seperti Vitara Escudo Sidekick Escudo 1.6 Escudo 2.0 Grand Escudo XL7 Grand Vitara New Grand Vitara New Grand Escudo. Berangkat dari kesamaan akan hobby dengan mobil-mobil besutan Suzuki, maka kami para pengguna Vitara/Grand Vitara, Escudo dan Sidekick yang berdomosili di Sulawesi Utara membentuk sebuah “keluarga kecil” yang bernaung di bawah bendera Ves Community.

logo ves community Seru seruan di Kopdar Perdana VES Community Chapter Sulawesi UtaraIde untuk membentuk VES Community Chapter Sulawesi Utara berawal dari cuitan-cuitan di Facebook yang kemudian berlanjut ke obrolan via Whatsup yang dikoordinir oleh om Jack Tampa penunggang Vitara biru warga Sulawesi Utara (Tondano) yang bekerja di pulau borneo. Dari obrolan di whatsup akhirnya kami menyepakati untuk bertemu secara langsung alias kopi darat. Kopi daratpun dijadwalkan bertepatan dengan jadwal kepulangan om Jack ke bumi nyiur melambai. Akhirnya berdasarkan suara terbanyak, jadwal kopdar ditetapkan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017 pukul 15.00 di Rumah Kopi Billy yang ada di kawasan Megamas Manado. Memang tak semua anggota Ves Community Chaptep Sulawesi Utara yang bisa hadir pada kesempatan tersebut dikarenakan beberapa anggota memiliki kesibukan yang tak bisa ditinggalkan.

Oh ya bro/sis, ada beberapa alasan yang membuat saya bergabung dengan Ves Community:

  1. Alasan pertama tentu saja karena saya pengguna Grand Vitara.
  2. Kebutuhan akan informasi mengenai sparepart. Harus diakui bahwa ketersediaan akan sparepart di Manado untuk Grand Vitara sangat terbatas, jangankan di bengkel-bengkel yang bertebaran di Manado, di Dealer resmi saja sering memenumi kesulitan mendapatkan sparepart yang saya cari. Dan untuk alasan ini, juga diiyakan oleh kebanyakan member saat kopdar sabtu yang lalu.
  3. Ves Community bukanlah klub mobil yang bersifat mengikat, jadi setiap member Ves Community tidak dilarang untuk bergabung dengan klub otomotif lain. Untuk yang satu ini menjadi salah satu poin yang saya sukai karena saya sendiri sudah mendaftar menjadi anggota ID GV (Indonesia Grand Vitara) Manado.
  4. Ves Community banyak menyelenggarakan kegiatan sosial hal ini menjadi salah satu pertimbangan saya bergabung dengan keluarga besar Ves Community. Tanpa menyepelekan berbagai kegiatan otomotif yang diselenggarakan klub-klub otomotif, tapi bagi saya dampak langsung yang dirasakan masyarakat akan akan lebih bermakna/bermanfaat dibanding kegiatan lain yang lebih condong ke hura-hura…
  5. Rasa kebersamaan yang kuat dikeluarga besar VES. Saat musim mudik beberapa waktu yang lalu, meskipun saya seorang Nasrani, tapi saya sering memantau aktifitas mudik (yang konon katanya hanya ada di Indonesia) baik lewat layar kaca maupun lewat social media. Disana saya melihat rasa kebersamaan yang begitu kuat dimana ketika ada kendaraan anggota VES yang bermasalah dalam perjalanan, maka anggota VES yang berada/berdekatan dengan lokasi anggota VES yang mobilnya bermasalah langsung membantu. Ini yang tidak saya temukan dibeberapa grup/komunitas otomotif yang saya follow di social media.

Meski sempat molor dari jam yang ditentukan dan lokasi pertemuan bergeser ke depan McD (rumah kopi billy padat dengan pengunjung termasuk tempat parkirnya), akhirnya beberapa pengguna Vitara, Grand Vitara dan Escudo mulai berdatangan. Setelah lama menunggu akhirnya om Jack yang merupakan koordinator yang mengumpulkan kami para pengguna Vitara/Grand Vitara, Escudo di Sulut datang dengan membawa ole-ole yaitu stiker resmi Ves Community, cek penampakan stikernya di bawah iniStiker VES Community Chapter Sulawesi Utara Seru seruan di Kopdar Perdana VES Community Chapter Sulawesi Utara

Kedatangan om Jack makin “memanaskan” pembicaraan mengenai seluk beluk dunia otomotif apa terlebih ketika topik mulai membahas tentang modifikasi Vitara/Grand Vitara dan Escudo. Racun modifikasi kembali mulai menyebar kedalam pemikiran saya yang memang sejak pertama kali menggunakan Grand Vitara berniat untuk mengubah tampilan si badak bergaya off road. Panas sore yang menyerang tak menyurutkan niat kami untuk beranjak dari tempat tersebut, malahan topik pembicaraan semakin hot saja.

Ketika matahari mulai masuk kedalam peraduan dan lokasi parkir mulai tak sanggup lagi menampung mobil Vitara/Grand Vitara dan Escudo yang mulai berjejer rapi, maka kamipun memutuskan untuk berpindah lokasi ke samping lapangan basket (masih di kawasang mega mas) untuk kemudian menempelkan stiker khas Ves Community yang dibawa langsung oleh om Jack dari pulau Borneo sambil menunggu beberapa anggota yang memang sudah mengkonfirmasi kedatangan mereka.

Kopdar Perdana VES Community chapter Sulawesi Utara 4 Seru seruan di Kopdar Perdana VES Community Chapter Sulawesi Utara

Kopdar Perdana VES Community chapter Sulawesi Utara10 Seru seruan di Kopdar Perdana VES Community Chapter Sulawesi UtaraKopdar Perdana VES Community chapter Sulawesi Utara 6 Seru seruan di Kopdar Perdana VES Community Chapter Sulawesi Utara

Selesai menempelkan stiker ke kendaraan masing-masing, acara dilanjutkan dengan foto bersama. Semua kewajiban yang harus dilakukan ketika terjadi sebuah pertemuan tak terkecuali saat kopi darat, apalagi saat badak kesayangan telah disematkan stiker resmi Ves Community.

Kopdar Perdana VES Community chapter Sulawesi UtaraMalam mulai menjemput namun acara bukannya berakhir malah berlanjut ke sesi ke 3, nongkrong di warung kopi sambil melanjutkan obrolan mengenai komunitas Ves Community dan seluk beluk mobil Vitara, Grand Vitara dan Escudo. Dari obrolan di warkop Red Corner maka kamipun bersepakat untuk mempercayakan koordinator Ves Community chapter Sulawesi Utara kepada anggota yang tertua yaitu om Welson sang penunggang Vitara merah. Sengaja kami tidak memilih Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara dalam komunitas kami karena sesuai dengan situasi di Ves Community pusat bahwa tidak ada yang menjadi Ketua dalam komunitas, yang ada hanyalah koordinator.

Selain menetapkan koordinator, kamipun membicarakan mengenai beberapa rencana kegiatan yang akan kami laksanakan kedepan. Mungkin berbeda dengan klub mobil lainnya yang ada di Sulawesi Utara, Ves Community chapter Sulawesi Utara akan lebih mengedepankan kegiatan sosial yang memiliki dampak langsung di tengah masyarakat Sulawesi Utara seperti yang sering dilakukan VES Community yang ada di pusat maupun chapter yang tersebar diseluruh Indonesia.

Malampun makin larut, raungan suara knalpot makin menggema dikawasan megamas yang memang terkenal sangat ramai ketika malam minggu tiba. Waktu di handphone saya menunjukan sekitar pukul 23.00 ketika kami sepakat untuk mengakhiri pertemuan perdana yang begitu berkesan. Semoga “keluarga kecil” bisa erat terjalin sekaligus Ves Community Chapter Sulawesi Utara bisa memberikan manfaat bagi masyarakat nyiur melambai… One unity one hope, salam satu aspal!

By the way in the bus way, 12 Agustus mungkin bisa ditetapkan sebagai hari lahirnya Ves Community chapter Sulawesi Utara. Semoga kita bisa terus tumbuh dan memberikan nuansa positif ditengah semakin macetnya Kota Manado 🙂

Advertisement

5 Responses to “Seru-seruan di Kopdar Perdana VES Community Chapter Sulawesi Utara”

  1. 08/09/2017 at 05:12 #

    Info dan tips nya menarik banget makasih infonya.

  2. 02/10/2017 at 19:42 #

    Mantap min, lanjutkan

  3. 18/10/2017 at 13:47 #

    Terima kasih atas informasinya yang sangat bagus dan jelas sekali. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat pembaca semuanya.

  4. 02/11/2017 at 23:34 #

    sukses untuk community nya..jaya selalu

  5. 09/11/2017 at 16:24 #

    Mobil impian saya nih, belum kesampean beli mobil… 🙁
    sampai sekarang kalau pas jalan-jalan sama keluarga paling bisanya ya cuma sewa mobil.
    btw, thx infonya kang.

Leave a Comment

2+3