Kenapa Foto Ini Diributkan di Dunia Maya?

Masalah copy paste memang ngga ada matinya. Sudah banyak blogger yang membahas mengenai masalah ini dan sudah banyak perdebatan yang timbul mengenai copy paste. Kali ini sayapun ikt-ikutan latah mengenai masalah copy paste atas sebuah karya berupa foto dari seorang rekan blogger sekaligus fotografer yang berasal dari Manado.

Stieven Foto Kenapa Foto Ini Diributkan di Dunia Maya?

Foto by StievenK

Kenapa foto tersebut bisa diributkan oleh orang-orang Manado didunia maya, mulai dari blogger, siswa, fotografer, komunitas, mahasiswa, dosen dan penikmat dunia maya di situs jejaring sosial seperti facbook dan twitter? Sebelumnya lihat dulu penampakan dari foto yang ramai diperbincangkan tersebut

Foto diatas ramai di bicarakan karena ternyata foto tersebut dipublikasikan kembali di sebuah fanspage facebook (http://www.facebook.com/orangmanado) bahkan watermark yang diberikan oleh pemilik foto sebagai penanda bahwa foto tersebut milik dari bro Stieven sengaja dihilangkan/dihapus oleh sang admin. Jelas saja hal ini membuat bro Stieven selaku pemilik foto naik pitam. Selaku seorang pecinta karya seni (fotografer), hal ini dianggap sebagai pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual oleh pemilik blog stievenk.sleki.org

Cerita lengkap mengenai masalah ini bisa dilihat di blog resmi bro stieven

Bagaimana Tanggapan Saya Mengenai Pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual ini?

Bagi saya sendiri, hal ini jelas sebuah kesalahan. Sebagai seorang blogger maupun penggiat dunia maya selayaknya kita menghargai karya cipta dari orang lain. Walaupun kita mempunyai tujuan positif/tujuan mulia akan tetapi selayaknya kita menghargai karya orang lain. Apa susahnya mempublikasikan sebuah karya seni dengan mencantumkan sumbernya?

Dan jika kita mendapat teguran dari pemilik sebuah karya cipta yang telah kita publikasikan di blog kita, selayaknya kita menanggapinya dengan positif bukannya melakukan sebuah pembenaran atas ketidak benaran. Saya sendiri selalu berusaha untuk memberikan sumber yang jelas mengenai kutipan maupun foto/gambar yang saya publikasikan melalui blog ini. Untuk gambar diblog ini yang tidak saya tuliskan sumbernya, hal ini karena saya melihat foto/gambar tersebut telah beredar luas di beberapa website sehingga saya tidak tahu siapa pemilik dari foto/gambar tersebut (dihalaman TOS saya juga telah menjelaskan mengenai hal ini) Dan sayapun siap untuk menghapus gambar/artikel milik orang lain yang saya publikasikan jika dimintakan oleh sang pemilik seperti yang saya tuliskan dalam TOS blog ini

Btw in the bus way sayapun pernah mendapat teguran dari salah seorang pengunjung blog ini karena saya mengganti footer template blog lama yang saya gunakan (walaupun sebenarnya pihak penjual template tidak mempermasalahkan jika saya mengganti footer template tersebut ketika saya menghubungi mereka)

Oh ya, akibat dari kejadian ini sayapun teringat akan sebuah foto milik saya yang saya publikasikan di blog ini (dari cpns hingga pns) dan dipublikasikan kembali oleh sebuah media cetak lokal. Yang saya heran kok beraninya mereka menulis di bagian akhir artikel yang mereka tulis bahwa foto tersebut dari mereka (foto by…)

Dan ternyata bukan hanya media cetak, sebuah media onlinepun (website berita lokal) kembali mempublikasikan foto tersebut di website mereka. Iseng-iseng, kemarin saya mencoba menghubungi salah satu admin dari website tersebut atas bantuan dari bro Stieven. Tanggapan sang admin? Berbeda dengan apa yang dialami oleh bro Stieven, karena salah satu admin web tersebut meminta maaf dan berjanji akan menghubungi admin web untuk memberitahukan hal tersebut sehingga bisa melakukan koreksi.

Jika saja apa yang saya alami dialami juga oleh bro Stieven yakni sang admin meminta maaf dan berjanji akan memperbaiki kekeliruan yang dilakukan, saya yakin bro Stieven tidak akan meributkan masalah foto tersebut. Oi to bro?

Pelajaran yang bisa kita ambil sebagai seorang blogger maupun peselancar didunia maya dari kejadian ini yakniย jangan segan-segan meminta maaf atas sebuah pelanggaran yang kita lakukan apalagi menyangkut pelanggaran karya cipta, sehingga nama baik/branding yang telah kita bangun dengan susah payah tidak akan rusak. Ingat didunia maya sekali nama anda booming karena hal negatif, maka sangat sulit untuk memperbaikinya. Testimoni buruk mengenai prilaku kita akan bisa diketahui sampai anak cucu (karena bantuan mba google)

Harus diingat juga agar supaya kitaย jangan sembarangan mempublikasikan foto/gambar yang memiliki watermark karena biasanya foto/gambar tersebut memiliki copyright apalagi kalau miliki orang bule. Bukannya mendapatkan keuntungan, bisa-bisa website kita dilaporkan ke pihak berwenang sehingga akhirnya mendapatkan hukuman seperti yang dialami oleh megaupload.com

So, bagaimana tanggapan sobat blogger mengenai kejadian yang menimpa sobat blogger bro StivenK?

Advertisement

74 Responses to “Kenapa Foto Ini Diributkan di Dunia Maya?”

  1. 22/05/2012 at 13:56 #

    saya sendiri berusaha memberikan kredit dimana saya mengambil gambar dalam postingan saya. meskipun gambar terrsebut byk beredar…

  2. 22/05/2012 at 14:18 #

    dalam dunia akademis, pelaku “copy paste” tanpa disertai kutipan disebut PLAGIATOR!

    pelaku plagiat adalah pelaku dosa tertinggi dalam dunia akademis, dan hukumannya selalu sangat berat! di Australia, beberpa perguruan tinggi, malah akan mengeluarkan mahasiswa yang terbukti melakukan plagiat, sdgkn di indonesia hanya diberi teguran keras! baru2 ini saja DIKTI memberikan pinalti keras terkait plagiarisme.

    saya berharap pelaku plagiat foto bung stieven ini BUKANLAH seorang sarjana, tapi klo benar seorang sarjana, maka tentu saja beliau tidak cukup hanya meminta maaf, secara pribadi, tapi juga harus melakukan minta maaf kpd publik, karena sebagai kaum terpelajar, beliau telah melakukan tindakan yang benar2 tidak terpelajar … pinalti seberat-beratnya harus dilakukan!

    semogaaa …. di dunia Web 2.0, norma etik HAKI harus dijunjung tinggi! para pemain web 2.0 dunia telah mulai lebihbdulu, dgn mendaftarkan produk software dan hardware mereka ke Badan Paten, seyogianyalah kita pun melakukan hal demikian!

    • 22/05/2012 at 22:14 #

      Jangankan meminta maaf sir, komentar bro Stieven saja di delete…. :batabig
      Yang justru bikin saya merasa aneh, ternyata ada beberapa orang yang mencoba membela pelaku dengan melakukan counter attack…

      Semoga masalah ini bisa diselesaikan dengan cepat sehingga tidak bekepanjangan…

      • Hybrid car
        28/05/2012 at 14:32 #

        “Counter atack” itu apa bro ? hehe…maklum katrok.

  3. john dolong
    22/05/2012 at 15:01 #

    kalo menurut aku yg namanya udah ditaruh direktori maya siap2 menanggung resiko dicuri.. ga usah munafik yg punya tu foto juga palingan pernah ambil kekayaan intelektual laen dari inet.. ato dia selalu beli mp3 original, nonton film selalu original, dan hidup dengan ke original original laennnya?? aku ga kenal yg punya tu foto, tapi kalo emang dicuri dari hard disk, misalnya sistem nya dibobol, ya wajar lah dia ngamuk, kalo dicuri lewat google, ya ngapain ngambek.. kayak ga kenal internet aja?? :p

    • 22/05/2012 at 22:24 #

      Memang benar apa yang bro katakan, jika hasil karya kita sudah ada didunia maya maka kemungkinan untuk dicuri sangat terbuka lebar. Akan tetapi foto tersebut telah diberi watermark, ini berarti pemilik foto tersebut sangat memperhatikan karya tersebut. Saya yakin bro Stieven selaku pemilik foto tidak mempermasalahkan jika hasil karyanya digunakan untuk di website lain, akan tetapi ada baiknya untuk tidak menghilangkan watermark dari foto tersebut. Sekarang pelanggaran atas karya cipta di internet sangat berat hukumannya bro, lihat saja yang terjadi dengan kasus megaupload.com :takut

      Yang lebih memiriskan lagi yang melakukan copy paste sudah ditegur, kenapa yang bersangkutan tidak mengindahkan teguran tersebut bahkan justru melakukan perlawanan?

  4. 22/05/2012 at 20:09 #

    Kalau sudah di dunia internet memang sulit mempertahankan hak kekayaan intelektual, berharap saja kita yang sebelumnya kurang begitu memperhatikan tentang hak cipta dan sejenisnya menjadi lebih peka dan mau untuk menghargai karya orang lain.

    • 22/05/2012 at 22:28 #

      Apalagi kalau sudah ditegur bro, ngga usah membantah…. Seperti yang bro katakan selayaknya bangsa kita saling menghargai hasil karya orang lain.

  5. 22/05/2012 at 23:51 #

    Walaupun baru mengetahui tentang kejadian ini melalui tulisan bro eser tapi kejadian tersebut sangat bagus dijadikan pelajaran. Menanggapi kasus itu plagiator di dunia maya emang gak bisa dicegah dan satu-satunya hal yang bisa mencegahnya ya nurani orang itu sendiri.
    Meskipun newbe namun menurut pengamatan saya ngeblog adalah salah satu dari karya seni yang hanya bisa dibedakan keasliannya melalui hati dan pikiran yang jernih bukan rank atau jumlah follower dan readernya.

  6. 23/05/2012 at 07:04 #

    @john dolong, @jefry and @sesil … FYI, Indonesia telah meratifikasi Undang-Undang Perlindungan Hak Cipta, sehingga perlindungan secara legal atas produk, termasuk
    roduk TI di internet juga termasuk!

    Sudah ada Undang-Undang ITE terkait perlindungan transaksi elektronik, termasuk mengatur tentang fitnah dan pencemaran nama baik, dan tidak lama lagi Undang-Undang Cyber Security akan segera DISAHKAN oleh DPR RI.

    saya kira, “kebiasaan” kita yang suka nyolong, nyuri, copy paste, dll dari “database” dunia maya, sudah waktunya “dihentikan”, karena kebiasaan2 ini sudah akan dianggap melanggar hukum!

    saya sangat MENDUKUNG, kasus pelanggran hak cipt yang dialami saudara Stievenk dan beberapa lainnya, dapat dijadikan “test case” untuk Sulawesi Utara, dalam bahasa kerennya: beking tobat duluuu kwaaa … spy, para penggiat dunia maya Sulawesi Utara, termasuk saya sendiri, menjadi sadar dan melek hukum!

    anyway, mengomentari tentang unduh mp3, … harap berhari-hati loh utk memahaminya, karena dalam kasus Napster, secara teknis, pengunduh mp3 itu tidak melakukN pencurian, karena sifat teknis dari “unduh” mp3 versi Napster itu memang BUKAN pencurian; akademisi TI menyebutnya sbg teknologi file-sharing!

    sekian, semoga bermanfaat!

  7. 23/05/2012 at 11:19 #

    Harusnya si kalau emang tau salah ya buru2 komunikasi sama pemilik fotonya apalagi ini foto hasil jepretan pribadi.

    Kalau ngambil dari orang luar mungkin bisa lebih parah karena gara2 gambar ada pemilik akun amazon dibanned dengan alasan pelanggaran hak cipta

    Saya sendiri kalau pakai gambar punya orang apalagi jelas2 ada keterangan harus cantumkan sumber maka saya akan tulis sumbernya dari mana & kalau pemilik punya url maka pakai live link sebutkan sumbernya

    Selain itu kalau buat gambar2 dari luar saya pilih beli aja bro karena ga mahal2 amat cuma $0.5 per image jadi kita lega & ga was2 suatu saat pemilik menggugat ๐Ÿ™‚

    • 24/05/2012 at 19:51 #

      Baru tahu saya bro kalau ternyata karena gambar akun aff amazon bisa kena banned

  8. butikonline83|Kaos couple|baju couple|Fashion
    23/05/2012 at 13:47 #

    seharusnya klo ambil foto orang di cantumi sumber dan pemilik fotonya..jadi pemiliknya tidak terasa di rugikan..

  9. Obat Sinusitis Tradisional
    23/05/2012 at 15:55 #

    memang laur biasa efek yang di tampilkan foto tersebut..

  10. Obat Tradisional Nyeri Sendi
    23/05/2012 at 15:58 #

    memang sebuah kejengekelan bila sesuatu yang milik kita harus di akui oleh orang lain.

  11. Tony
    23/05/2012 at 20:18 #

    wew..ngeri juga ya..soalnya info di internet tuh luas banget, jadi mana yg masih plagiar mana yagn belum..

  12. kimi
    23/05/2012 at 22:08 #

    kebetulan blog saia gak pake gambar mas ๐Ÿ™‚

  13. cara memakai jilbab
    24/05/2012 at 10:33 #

    kalo udh digital seh susah ngawasin nya.. tinggal hati nurani kt aja utk link ato nyebutin sumbernya.. kalo msh pengen anonymous kan banyak tuh stock photo yg free royalti..

  14. www.dqo-xp.com
    24/05/2012 at 22:36 #

    ya begitu lah org2 indo yg ngampung nikmat.nya saja gan..
    kpn maju.nya ini negara kalo ngembangin budaya copas tnpa izin atau data pemilik

  15. www.dqo-xp.com
    24/05/2012 at 22:39 #

    copas koq d kembangin –”
    kpn maju.y nih negara gan

  16. NativeHacker
    25/05/2012 at 04:08 #

    btw…hasil fotonya keren bner

    • 25/05/2012 at 23:08 #

      Foto jelek aja yang di copas udah di protes, apalagi foto cantik kayak gini, ia ngga bos?

      • 26/05/2012 at 19:59 #

        lah iya mas. alhasil banyak orang memperebutkannya

      • 10/06/2012 at 02:17 #

        hahahah bner2..hmmm skrng lgi demam photography. yg jiplak udh kehabisan objek mungkin ya ๐Ÿ˜€

  17. 26/05/2012 at 11:45 #

    Klo udah di internet, memang susah mau jaga hak cipta. Saya juga punya pengalaman konten blog saya dicopas, tanpa nyantumin sumber. Saya bikin konten itu dengan sungguh2, eee… tau2 dicopas gitu.

    Terus saya kasi komen di artikel tersebut, ga ditanggapi. Setelah saya ributin di forum tempat blog tersebut juga eksis, baru mereka menanggapi. Waktu itu konten saya juga dipublish di forum tersebut dan sumber yang dicantumkan adalah blog mereka sendiri.

    Apa si susahnya mencantumkan sumber… Parah dah…

    Sekarang saya bikin aturan di blog saya, dilarang duplikasi, klo ketahuan, saya laporkan ke pihak-pihak terkait tanpa pemberitahuan (seperti jaringan periklanan, search engine, hosting, dll). Biar sanksinya terserah ke pihak-pihak tersebut. Dan sekarang lumayan berkurang yang copas2.

    Salam kenal, Mas….

    Hansen Muaja

    • 03/06/2012 at 10:32 #

      Lebih sadis ternyata si agan, langsung main lapor… Semoga efek jerahnya bisa bertahan lebih lama. Btw orang Manado ya bro?

      • 03/06/2012 at 13:49 #

        Tiap posting, di bawahnya saya kasi peringatan. Dan ternyata membantu juga mengurangi pencurian konten. ๐Ÿ™‚

        Papi orang manado, mam orang chinese… lahir di jawa… ๐Ÿ˜€
        Ke manado baru 1x… waktu TK… wkwkwk… klo ortu udah beberapa kali… tiap ortu pulang sana, saya pas sibuk kuliah… ada ujian…

        • 03/06/2012 at 20:03 #

          Benar bro, saya sudah berkunjung ke blognya agan dan memang kelihatan ada banner DMCA disana, bahkan kalau saya lihat banyak peringatan yang terpasang disana… Btw kontent-kontennya menarik gan, apalagi pembahasannya lengkap banget

          • 11/06/2012 at 11:34 #

            ๐Ÿ˜€ iya bro… sengaja saya taruh di tempat yg terlihat… itu sih efeknya buat blogger2 yg suka nyuri konten aja… target visitor saya orang-orang yang mau belajar komputer… jadi saya rasa mereka ga masalah dengan peringatan itu… ๐Ÿ˜€

            Terima kasih pujiannya, bro… ๐Ÿ™‚

            Klo saya, suka blog ini, tampilannya clean… ๐Ÿ™‚ enak dilihat… ga macem2… ๐Ÿ˜€

  18. Big Mirror, Bercerminlah!
    26/05/2012 at 22:01 #

    menampilkan credit link is a must kalo hal tersebut bukan autentik bikinan kita. salut daaahhh sama orang yang masih menghargai hak cipta :2thumbup

  19. poles marmer
    27/05/2012 at 01:25 #

    memang terkadang bikin kesel kalau hasil karya kita diaku2 oleh org lain dan akhir’a kita yg susah payah org lain yg dpt untung’a

  20. 28/05/2012 at 16:36 #

    Saya rasa pelanggarannya cukup parah ..
    karena ga cman satu yang dilanggar…

    • 03/06/2012 at 10:43 #

      Gimana dengan pengalaman ada-akbar selama ngeblog? Pernah mengalami kasus seperti ini???

  21. 28/05/2012 at 16:54 #

    Ngomong2 admin Manado Fans Page so minta maaf tapi ya cuma via Fans Page. Mestinya harus secara personal kan sama2 di Manado dengan cara mediasi. Apa Blogger Kawanua mau fasilitasi…

    • 03/06/2012 at 10:41 #

      Baru tahu juga bro kalo so minta maaf, soalnya chatting terakhir dengan bro Stieven dia malah dapa serangan balik dari kroni2nya.. Kalau soal mediasi, kawanua blogger pasti senang jika bisa memfasilitasinya bro

  22. Obat Herbal
    30/05/2012 at 10:22 #

    wah melanggar hukum juga tuh!

  23. 01/06/2012 at 08:50 #

    foto foto saia juga banyakkk yang dicopy paste gan, paling bikin sewot klo pake dihapus watermarknya… tinggal copy paste saja pake refot refot ngedit, menghapus watermark…
    tabokki saja….

    • 03/06/2012 at 10:42 #

      Huwkwkwk… ternyata ada juga yang senasib dengan bro Stieven…

  24. dangdut koplo
    02/06/2012 at 18:15 #

    sebisa mungkin kita pakai gambar atau foto sendiri da kalaupun copas ya hrs tampilin sumbernya, begitu juga dengan artikel.

  25. jus kulit manggis
    04/06/2012 at 16:43 #

    ngeri ๐Ÿ™

  26. xamthone plus
    04/06/2012 at 16:46 #

    waduh bahaya juga maen copy paste begitu…

  27. obat herbal
    04/06/2012 at 16:46 #

    mudah2an ridak terjadi hal seperti itu pada saya…hehehehe

  28. 06/06/2012 at 16:34 #

    gimana ya? kadang ada orang yg asal main comot aja sih. sebenernya kalau mau nampilin karya orang lain tinggal masukin sumbernya aja,misal foto itu karya siapa atau kalau artikel bisa dimuat link sumber artikel yg kita comot.. jangan ngaku2 karya sendiri kalo itu memang bukan karya kita sendiri

    • 19/06/2012 at 22:27 #

      Banyak yang ingin tenar secara instan dan tidak mau berkorban, sehingga menghalalkan segala cara untuk di lakukan termasuk hal-hal seperti yang saya sebutkan diatas bro

    • 19/06/2012 at 22:27 #

      Btw URL di blognya ngga bisa diakses bro?

  29. 07/06/2012 at 12:52 #

    jangan sampe terjadi diindonesia.

    • 19/06/2012 at 22:28 #

      Ini di Indonesia tita, di pulau Sulawesi Propinsi Sulawesi Utara, Kota Manado

  30. 09/06/2012 at 11:03 #

    Untungnya saya tidak pernah memakai gambar yang ada lisensinya nih mas, masih beruntung, lain kali lebih hati-hati lagi kalau udah tau begini.

  31. Okto
    09/06/2012 at 14:39 #

    Setuju dengan pesan di paragraf terakhir penulis. Sebenernya bukan cuma foto saja, artikel pun juga demikian. Jika memang ingin mengutip sebaiknya disebutkan juga asal tulisan sebagi sumber pendapat kita.

  32. zdikri
    11/06/2012 at 11:09 #

    ya gan makasih sudah mengingatkan dengan adanya kejadian seperti ini kita bisa lebih hati-hati…..!

  33. 11/06/2012 at 16:23 #

    Waaaah,, saya baru dengar kabar ini, makasih ya om infonya .

  34. toko genset
    13/06/2012 at 15:18 #

    saya malah baru tau gan klo ada foto ini..tp emang foto na bgs gan..

  35. 14/06/2012 at 16:26 #

    wah,itu sih pencurian namanya.
    semoga hal ini menjadi pelajaran bagi kita, harusnya yang wajar-wajar aja lah..
    jangan sampe berbuat hal yang melanggar etika dan hargailah orang lain.

  36. 15/06/2012 at 17:06 #

    makasih om atas infonya,.. jadi harus lebih berhati2 utk mslh hak cipta dan kekayaan intlk styp individu or kelompok…

  37. dody
    16/06/2012 at 18:10 #

    ya kekayaan intelektual itu khan hak milik yang wajib di prioritasin

  38. 17/06/2012 at 22:34 #

    Apa ini pics yang di appload sama id Manado fun page ? aku pernah peringatkan sang adminnya, sayang status aku esoknya di delete ^_^ ini namanya menciptakan minus 1 buat Neter Manado jadinya. Moga-moga sang plagiat bakal sadar di kemudian hari.

    • 19/06/2012 at 22:23 #

      Benar bro…. Sayang juga soalnya bawa-bawa nama daerah… Yang sangat disesalkan sudah terbukti melakukan kesalahan bukannya minta maaf malah mencoba melakukan pembenaran… ckckckckc,,,,,

  39. Islamic University of Indonesia
    19/06/2012 at 16:02 #

    ada ada saja yaa..
    tapi emang kalau kekayaan hak intelektual harus diperjuangkan ๐Ÿ™‚

  40. 21/06/2012 at 19:09 #

    wah..sip! jiwa besar gan.mantap.

  41. jelly gamat luxor
    23/06/2012 at 13:28 #

    bingung nichh mw coment ap ..hehe

  42. 04/07/2012 at 11:15 #

    hrhehehehe, banyak koq blogger copas gitu, laporin ke fb nya aja, report dmca.

  43. 05/07/2012 at 11:08 #

    Kata Arbain Rambey, foto di dunia online memang rentang dicuri. Untung kalau ketahuan, bisa dikeroyok massa gini.. ๐Ÿ™‚

  44. 06/07/2012 at 11:57 #

    Wah jadi harus hati2 nih, nyebar karya di internet meski sudah diwatermark tetep aja diklaim, bahaya nih :nohope

  45. 12/07/2012 at 21:49 #

    kalau saya biasanya hanya ngambil gambar yang ga ada watermarknya.

  46. 19/07/2012 at 15:42 #

    Wahh ada-ada aja yakk dunia maya dunia nyata tetep aja hororrrr,,, yang penting sumbernya relevan kali yah mas :ngacir2

  47. bundakata
    22/07/2012 at 00:45 #

    hormatilah karya cipta orang lain dengan mencantumkan sumbernya

  48. 30/07/2012 at 12:06 #

    copy paste sekarang semakin marak yaa.. dari blog, photo dll.. dan kalau gak ada yg protes ya semua diem.. kalau udah ada yg protes baru ditindaklanjuti…
    gmn mau maju ya bro

  49. 04/08/2012 at 11:09 #

    copy paste,., yach sudah jadi kebudayaan orang net skrg ini

    • 30/08/2012 at 15:30 #

      Di Sulut sendiri banyak media online juga yang maunya cari gampang main copas aja bro

  50. obat tradisional radang hidung
    06/08/2012 at 12:05 #

    bner bgt, emang d dunia maya kbnyakan sih yg copas gtu. tp sebener ny blh2 aja sih copas, asal cantumin aja sumber nya.

  51. Obat Penyakit Insomnia Tradisional
    24/10/2012 at 15:47 #

    Copas berarti telah mencuri hasil karya orang lain ..

  52. OBAT PEMBESAR PENIS VIMAX ASLI
    10/06/2014 at 02:38 #

    Nice info, sangat bermanfaat…

Leave a Comment

3+2