Kejurnas Djarum Sirnas 2013 di Manado Berlangsung Sepktakuler

Pelaksanaan  Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Li Ning Sulawesi Utara Open 2013 yang dimulai pada tanggal 18 Juni 2013 hingga 22 Juni 2013 di Gelangggang Olahraga (GOR) Arie Lasut Manado berlangsung spektakuler. Event tahunan yang sangat bergengsi yang dilaksanakan oleh Djarum, diikuti oleh lebih dari 500 atlit mulai dari taruna hingga senior yang berasal dari seluruh Indonesia.

Saya sendiri merasa sangat beruntung bisa menyaksikan pertandingan-pertandingan dari atlit-atlit bulutangkis selama 3 hari. Memang, waktu pelaksanaan Djarum Sirnas di Manado berlangsung selama 5 hari, akan tetapi karena ada urusan pekerjaan maka saya hanya bisa menyaksikan selama 3 hari yakni sat pembukaan, semifinal dan tentunya saat partai final.

1 Kejurnas Djarum Sirnas 2013 di Manado Berlangsung SepktakulerAcara pembukaan Djarum Sirnas 2013 sendiri berlangsung pada tanggal 18 Juni 2013 pukul 15.30 dan dibuka oleh ketua umum PBSI yang juga merupakan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Gita Wirjawan dan dihadiri oleh undangan baik dari unsur pemerintah (eksekutif dan legislatif) maupun dari unsur swasta.

Dalam sambutannya Gita Wirjawan berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini bisa menghasilkan pebulutangkis-pebulutangkis handal yang bisa mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional, apalagi saat ini prestasi Indonesia di kancah Internasional mengalami penurunan khususnya pada bagian putri selang beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu PBSI sendiri terus melakukan berbagai terobosan guna meningkatkan prestasi atlit-atlit Indonesia agar supaya nama Indonesia kembali berjaya seperti beberapa tahun yang lalu. Beliau pun berharap agar supaya Manado bisa menghasilkan Liliyana Natsir baru, sebuah harapan yang juga sempat terlintas dalam pikiran saya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua harian PBSI provinsi Sulawesi Utara Jendri Keintjem ketika saya wawancarai usai acara pembukaan. Beliau berharap agar supaya kegiatan seperti ini bisa menghasilkan pebulutangkis andalan seperti  Liliyana Natsir apa terlebih Sulawesi Utara dikenal sebagai gudang atlit bulutangkis. Ketika saya tanyakan kenapa Manado bisa dipercayakan sebagai tuan rumah event bergengsi seperti ini, menurut beliau pihaknya telah jauh-jauh hari melakukan lobi kepihak Djarum dan PBSI.

Menurut beliau memang awalnya sempat ada keraguan dari pihak PBSI apakah Manado siap menjadi tuan rumah pelaksana event sebesar ini apalagi menyangkut lapangan pertandingan. Namun beliau beserta pengurus PBSI Sulawesi Utara lainnya meyakinkan kepada pihak Djarum dan PBSI bahwa jika dipercayakan menggelar Djarum Sirkuit Nasional maka berbagai fasilitas yang dibutuhkan termasuk lapangan pertandingan tersedia sesuai dengan syarat dan ketentuan. Dan memang hal ini terbukti, 6 lapangan pertandingan yang tersedia di GOR Arie Lasut mendapat tanggapan positif baik dari ketua PBSI Gita Wirjawan maupun dari para atlit yang berlaga.

Bahkan menurut beliau, PBSI Sulawesi Utara akan mencoba melobi PBSI pusat agar supaya event bertaraf internasional seperti Indonesia Open bisa dilangsungkan di Manado. Ketika disinggung tentang perbandingan Djarum Sirnas 2013 dibanding Djarum Sirnas 2010, pria yang saat ini mengemban tugas sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara tidak bisa memberikan jawaban yang pasti karena menurut beliau tidak hadir pada saat Djarum Sirnas 2010 dan pada saat tersebut beliau belum terlibat di PBSI Sulawesi Utara. Namun jika melihat jumlah atlit dan klub yang bertanding, beliau merasa bahwa Djarum Sirnas 2013 masih lebih meriah dibanding 2010 lalu.

Sayapun sempat mewawancarai beberapa penonton yang datang di GOR Arie Lasut Manado mencoba menyakan beberapa hal menyangkut kegiatan bergengsi ini. Dan ternyata dari beberapa pengunjung saya saya wawancarai, 2 diantaranya merupakan mantan atlit bulutangkis Sulawesi Utara yakni Klif Hermanus dan Imelda Londa yang jauh-jauh datang dari Minahasa Selatan untuk menyaksikan Djarum Sirnas 2013.

Kedua mantan atlit yang mengetahui acara ini lewat baliho-baliho yang terpanjang hampir disetiap sudut kota Manado merasa bahwa event seperti Djarum Sirnas harus dimanfaatkan secara baik-baik oleh para pebulutangkis Sulawesi Utara untuk mengasah kemampuan mereka. Keduanya juga berharap agar supaya pihak PBSI Sulawesi Utara bisa lebih sering melaksanakan pertandingan-pertandingan agar supaya kemampuan dari atlit lokal bisa terus terasah.

Ketika saya menyinggung tentang kurangnya atlit-atlit muda harapan Sulawesi Utara, Klif Hermanus langsung membantah hal tersebut. Menurutnya atlit-atlit muda bulutangkis di Sulawesi Utara sebenarnya tidak kalah dengan atlit-atlit yang berasal dari luar daerah, hanya saja saat ini semua atlit muda andalan Sulawesi Utara saat ini telah berlatih di klub yang berasal dari luar Sulut salah satunya Calvin Mamonto yang saat ini mengenakan jersey PB Djarum Kudus. Saat saya coba menanyakan siapa atlit andalan, dengan cepat beliau menyebut nama Alamsyah yang memang merupakan raja Djarum Sirkuit Nasional.

Senada dengan Klif Hermanus, Imelda Londa juga berharap agar supaya diwaktu yang lain Manado masih bisa dipercayakan lagi oleh PBSI menggelar event bergengsi seperti ini. Istri dari mantan kiper legendaris Persma Manado Hendra Pandenuwu sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh pihak Djarum yang terus melaksanakan pembinaan dan event-event bertaraf nasional dan Internasional demi kemajuan dunia bulutangkis Indonesia. Bahkan beliau berharap agar supaya ada pihak lain seperti Djarum yang serius mensupport olahraga yang telah mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional.

Bagaimana tanggapan dari para atlit yang berlaga di Djarum Sirnas 2013 di Manado? Saat diwawancarai usai partai Final Kevin, Adit dan Rohmat mengaku kagum dengan lokasi pelaksanaan acara Djarum Sirnas 2013. Mereka tidak menyangka kalau Manado memiliki tempat pertandingan seperti ini. Lapangan sangat bagus, tribun penonton terlihat sangat rapi dan GOR yang bersih menjadi nilai lebih dari Djarum Sirnas 2013. Apalagi ditunjang dengan masyarakat Manado yang ramah dan enak diajak ngobrol + masakan yang sangat memanjakan lidah seperti Mie Cakalang semakin mempertegas nilai lebih Manado sebagai tuan rumah tutur ketiganya. Bahkan menurut mereka Manado sangat layak menggelar event internasional seperti Indonesia Open, karena fasilitas pertandingan yang bagus. Ah sebagai warga Manado senang sekali saya mendengar pernyataan dari ketiga atlit muda ini.

Terus bagaimana tanggapan dari pihak Djarum sendiri mengenai acara ini? Albert perwakilan dari Djarum, ketika saya wawancarai mengatakan bahwa Manado dipilih menjadi salah satu kota pelaksanaan Djarum Sirnas karena pengurus PBSI yang gencar melakukan lobi untuk meyakinkan pihak Djarum dan PBSI pusat bahwa Manado siap menggelar event Djarum Sirnas dan memang hal ini terbukti dengan sukses pelaksanaan selama 5 hari. Ketika saya mencoba menanyakan tentang perbandingan antara pelaksanaan Djarum Sirnas 2013 dan 2010, menurut beliau pada 2010 masih ada pertandingan kelompok umur kategori anak-anak namun pada 2013 kategori tersebut tidak lagi dipertandingkan mengingat waktu dan begitu banyaknya peserta yang bertanding mulai dari kategori taruna hingga senior. Akan tetapi menurut beliau, kemeriahan pelaksanaan Djarum Sirnas 2013 tidak kalah dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Ketika saya coba menyinggung apakah Manado masih layak menggelar event bergengsi seperti ini sambil tersenyum beliau mengatakan Manado sangat layak menggelar event seperti ini. Apalagi fasilitas pertandingan di GOR sangat baik. Memang masih ada beberapa hal kecil yang masih harus dibenahi (pendingin ruangan salah satunya), akan tetapi terlepas dari itu semua Manado sangat layak untuk menggelar event bergengsi seperti ini. Wawancara lengkap bisa dilihat divideo dibawah ini

Pertunjukan Spektakuler oleh Atlit Yang Berlaga Pada Djarum Sirnas 2013 di Manado

Bagaimana dengan pertandingan yang tersaji GOR Arie Lasut? Selama 5 hari warga Manado disuguhkan dengan pertandingan yang begitu seru disetiap nomor yang diperlombakan. Memang atlit-atlit Sulut tidak bisa berbicara banyak pada event kali ini. Namun satu-satunya atlit berdarah Manado yang berlaga pada partai final yakni Natalia Poluakan (PB Tangkas SPECS) yang berpasangan dengan Khaeriah Rosmini (PB Djarum Kudus) mampu menghipnotis ratusan penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut.

5 Kejurnas Djarum Sirnas 2013 di Manado Berlangsung SepktakulerPasangan gado-gado ini di partai puncak menghempaskan perlawanan Devi Tika P dan Keshya Nurwita Hanadia dari PB SGS PLN Bandung. Sempat kalah 13-21 pada set yang pertama, Natalia dan Khaeriah berbalik unggul 21-19 pada set yang kedua lewat pertandingan yang begitu menegangkan. Dengan dukungan ratusan penonton yang hadir di GOR Arie Lasut, apa terlebih ratusan warga Kawangkoan (tanah kelahiran Natalia Poluakan) yang memadai tribun A dan tak henti-henti meneriakan dukungan buatnya, Natalia dan Khaeriah mengakhir babak ketiga dengan keunggulan telak 21-10.

Selesai menghempaskan perlawanan ganda putri dari PB SGS PLN Bandung sayapun mencuri waktu untuk mewawancarai Natalia dan Khaeriah. Saat diwawancarai keduanya terlihat sangat senang bisa menjadi juara di final ganda putri. Natalia sendiri mendedikasikan kemenangan ini buat ibu tercinta yang terus memberikan support kepada beliau. Tak lupa beliau berpesan agar supaya kegiatan seperti ini apa terlebih di Sulawesi Utara bisa lebih sering lagi dilaksanakan agar supaya atlit-atlit muda dari Sulut bisa menambah jam terbangnya dan tentunya akan berdampak pada prestasi dikemudian hari.

Ketika saya bertanya Khaeriah mengenai keadaan kota Manado, dengan wajah penuh antusias beliau menjawab bahwa dia merasa senang bisa berkunjung ke Manado apalagi dia mempunyai keluarga di Manado. Atlit asal Makassar inipun sempat berkunjung ke icon pariwisata kota Manado yaitu Bunaken. Beliau terkesima dengan keindahan taman laut bunaken. Selain itu beliaupun merasa senang dengan masakan Manado yang pedas karena kebetulan dia sendiri penyuka makanan pedas.

13 Kejurnas Djarum Sirnas 2013 di Manado Berlangsung SepktakulerOh ya, Djarum Sirnas Li Ning Sulawesi Utara Open 2013 semakin mempertegas kedigdayaan dari Alamsyah Yunus (PB Pertamina Indonesia). Diapun layak ditasbihkan sebagai raja Djarum Sirkuit Nasional. Setelah pada seri-seri sebelumnya berhasil menjadi juara, Alamsyah Yunus berhasil menjadi juara ditunggal putra mengempaskan perlawanan dari Senatria Agus S lewat pertandingan yang cukup menegangkan.

Pada set yang pertama lewat permainan yang apik ditambah smash-smash tajam, Alamsyah berhasil menghempaskan perlawanan Senatria Agus S dengan skor 21-13. Dibabak kedua Senatria Agus S mencoba bangkit. Kejar mengejar angka menjadi tontonan yang menyenangkan hingga akhirnya Alamsyah harus bertekuk mengakui keunggulan Senatria Agus S dengan skor 16-21. Pada set yang ketiga, dengan smash tajam di tambah penempatan-penempatan bola yang sangat baik Alamsyah akhirnya menghakhiri pertandingan dengan keunggulan 21-11.

Dipartai yang lain terjadi pertandingan final antar sesama klub yakni tunggal putri antara Febby Agguni VS Ana Rovita  dari PB DJARUM KUDUS yang dimenangkan oleh Ana Rovita 2 set langsung 21-17, 21-16. Dipartai ganda putri U19 juga terjadi final antar sesama PB MUTIARA BANDUNG. Linda Mutiara Pertiwi / Sinta Arum berhasil mengalahkan Jovita Evania Chandra / Novalita Anggraeni dengan skor 21-13, 26-28, 21-17. Pertandingan kedua pasang ganda putri yang sama-sama berasal dari PB MUTIARA BANDUNG sempat terhenti dibabak yang kedua ketika kedudukan 2-2 karena Novalita Anggraeni harus mendapatkan perawatan serius dari tim medis.

Dipartai lainnya juga terjadi pertandingan yang tidak kalah serunya, namun dikarenakan waktu pelaksanaan secara bersama-sama maka saya hanya bisa menyaksikan dengan seksama ketiga partai yaitu Devi Tika P (PB SGS PLN BANDUNG) / Keshya Nurwita Hanadia (PB SGS PLN BANDUNG) VS Khaeriah Rosmini (PB DJARUM KUDUS) / Natalia Poluakan (PB TANGKAS SPECS)Alamsyah Yunus (PB PERTAMINA INDONESIA) VS Senatria Agus S. (PB SGS PLN BANDUNG), dan Linda Mutiara Pertiwi (PB MUTIARA BANDUNG) / Sinta Arum (PB MUTIARA BANDUNG) VS Jovita Evania Chandra (PB MUTIARA BANDUNG) / Novalita Anggraeni (PB MUTIARA BANDUNG) sambil mencuri-curi pandanga kelapangan yang lain yang mempertemukan Febby Agguni VS Ana Rovita  (Final sesama PB DJARUM KUDUS).

Hasil Lengkap Djarum Sirkuit Nasional Li Ning Sulawesi Utara Open 2013:

  • GRC U17  Final: Fauzi Habibi (PELATPROV PBSI DKI JAKARTA) / Apriani Rahayu (PELATPROV PBSI DKI JAKARTA) VS Andika Ramadiansyah (PB DJARUM KUDUS) / Marsheilla Gischa (PB DJARUM KUDUS) 21-18 16-21 15-21
  • GDI  Final: Devi Tika P (PB SGS PLN BANDUNG) / Keshya Nurwita Hanadia (PB SGS PLN BANDUNG) VS Khaeriah Rosmini (PB DJARUM KUDUS) / Natalia Poluakan (PB TANGKAS SPECS) 21-13 19-21 10-21
  • GTC U19  Final: Reinard Dhariano (PB MUTIARA BANDUNG) / Sinta Arum (PB MUTIARA BANDUNG) VS M. Tegar (PB AUFA KALSEL) / Zakia Ulfa (PB AUFA KALSEL) 21-16 12-21 21-14
  • TTI U19  Final: Intan Dwi Jayanti (PB DJARUM KUDUS) VS Priskila Siahaya (EXIST BADMINTON CLUB)  21-14 21-14
  • TDA  Final: Alamsyah Yunus (PB PERTAMINA INDONESIA) VS Senatria Agus S. (PB SGS PLN BANDUNG) 21-13 16-21 21-11
  • TRI U17  Final: Aurum Oktavia Winata (SARWENDA BADMINTON CLUB) VS Gregoria Mariska (PB MUTIARA BANDUNG) 21-13 19-21 21-11
  • TDI  Final: Febby Agguni (PB DJARUM KUDUS) VS Ana Rovita (PB DJARUM KUDUS) 17-21 16-21
  • TRA U17  Final: Enzi Shafira (PB MUTIARA BANDUNG) VS Panji Ahmad Maulana (PB MUTIARA BANDUNG) 21-23 16-21
  • GRI U17  Final: Bunga Fitriani (PB MUTIARA BANDUNG) / Mayrina Lukmanda (PB MUTIARA BANDUNG) VS Nisak Puji Lestari (PB MUTIARA BANDUNG) / Rika Rositawati (PB MUTIARA BANDUNG)  15-21 16-21
  • TTA U19  Final: R. Eka Fajar Kusuma (PB JAYA RAYA JAKARTA) VS Muhammad Nizar (PELATPROV PBSI DKI JAKARTA) 25-23 21-19
  • GTI U19  Final: Linda Mutiara Pertiwi (PB MUTIARA BANDUNG) / Sinta Arum (PB MUTIARA BANDUNG) VS Jovita Evania Chandra (PB MUTIARA BANDUNG) / Novalita Anggraeni (PB MUTIARA BANDUNG) 21-13 26-28 21-17
  • GRA U17  Final: Adittya Dwiantoro  (EXIST BADMINTON CLUB) / Kevin Ezra (EXIST BADMINTON CLUB) VS M. Fachrikar (PB JAYA RAYA JAKARTA) / M. Reza Pahlevi (PB JAYA RAYA JAKARTA) 15-21 17-21
  • GTA U19  Final: Rizko Asuro (PB GUNA DARMA) / Wildan Atmaja (PB GUNA DARMA) VS Altof Baariq (PB MUTIARA BANDUNG) / Reinard Dhariano (PB MUTIARA BANDUNG) 16-21 16-21
  • GDA  Final: Chrisna Adi Wijaya (PB HALIM) / Ridho Akbar (PB HALIM) VS Hermansyah  (PB JAYA RAYA JAKARTA) / Senatria Agus S. (PB SGS PLN BANDUNG) 21-13 21-17

17 Kejurnas Djarum Sirnas 2013 di Manado Berlangsung SepktakulerDjarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Li Ning Sulawesi Utara Open 2013 yang berlangsung selama 5 hari di GOR Arie Lasut Manado menjadi sebuah pertunjukan olahraga yang menghibur warga kawanua yang boleh hadir GOR yang terletak di Kayuwatu dan berdekatan dengan lokasi pameran. Apa terlebih pertandingan pada partai Final disiarkan secara langsung oleh TVRI dan scor pertandingan bisa diketahui oleh mereka yang tidak sempat hadir di GOR Arie Lasut lewat live score diwebsite www.djarumbadminton.com Bagi saya sendiri, ini merupakan pengalaman pertama menonton secara langsung pertandingan bulutangkis yang sangat bergengsi sekelas Djarum Sirnas 2013.

Beberapa harapan saya setelah Djarum Sirkuit Nasional 2013 di Manado antara lain:

  • Event bertaraf nasional seperti Djarum Sirkuit Nasional masih bisa terus dilaksanakan di Kota Manado apa terlebih jika event dengan taraf yang lebih besar seperti Indonesia Open.
  • Pihak Djarum kiranya bisa terus mendukung perkembangan dunia bulutangkis tanah air seperti yang mereka lakukan selama ini
  • Munculnya pihak lain selain Djarum yang peduli dengan dunia bulutangkis tanah air sehingga pertandingan-pertandingan bulutangkis yang begitu bergengsi akan lebih sering digelar di tanah air dan juga bisa bisa membina para atlit terlebih atlit-atlit muda
  • Djarum Sirkuit Nasional 2013 di Manado kiranya menjadi momentum kebangkitan prestasi atlit bulutangkis Sulawesi Utara
  • Selesainya Djarum Sirnas 2013 di Manado, semoga Pihak PBSI Sulawesi Utara bisa lebih sering lagi melaksanakan pertandingan-pertandingan prestisius untuk menambah jam terbang atlit bulutangkis di Sulawesi Utara apa terlebih yang berusia muda sehingga Sulut bisa menghasilkan Deana Lomban, Gresya Polii, Liliyana Natsir yang baru
  • Peran serta pemerintah daerah baik tingkat provinsi hingga kabupaten untuk memajukan dunia bulutangkis seperti pembehanan sarana dan prasarana menjadi lebih baik, apalagi GOR Arie Lasut yang merupakan salah satu tempat terbaik pelaksanaan kejuaraan bulutangkis di Indonesia

Harapan tersebut tentunya bukan cuma harapan saya pribadi karena hal tersebut tentunya menjadi harapan seluruh pecinta bulutangkis tanah air terlebih yang ada di bumi nyiur melambai. Semoga Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) Li Ning Sulawesi Utara Open 2013 menjadi momentum kebangkitan dunia bulutangkis tanah air terlebih dunia bulutangkis yang ada di Sulawesi Utara.

Galeri foto Kejurnas Djarum Sirnas 2013 di Manado

Djarum Sirkuit Nasional 2013 di Manado Slideshow: Eserzone’s trip to Manado was created with TripAdvisor TripWow!

Advertisement

38 Responses to “Kejurnas Djarum Sirnas 2013 di Manado Berlangsung Sepktakuler”

  1. Cara Mengobati Penyakit Polip Hidung
    12/07/2013 at 15:14 #

    beuh hebat bener gan badminton memang spektakuler mantap

  2. Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Darah Tinggi
    13/07/2013 at 12:10 #

    beuh bener gan harus ada penerusnya aku dah yang gantiin taufik ha ha…

  3. 13/07/2013 at 18:23 #

    wihiiii…lengkap amat mas liputannya
    Kayaknya emang seru yah pertandingannya
    Mudah2an di jayapura bakal ada event seperti ini

  4. Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Lemah Syahwat
    16/07/2013 at 14:16 #

    thnaks ga atas seputar informasinya salam kenal dan salam sukses selalu

  5. Obat Untuk Penyakit Gagal Ginjal
    20/07/2013 at 15:13 #

    thanks ya gan atas share informasinya

  6. Obat Alami Penyembuh Epilepsi
    21/07/2013 at 11:59 #

    badminton terus berkarya gan jangan sampai lemah

  7. Obat Alami Penyembuh Gagal Ginjal
    23/07/2013 at 10:49 #

    badminton di indonesia seperti anak tiri lebih fokus dengan pemain bola

  8. Obat Alami Penyembuh Miom
    23/07/2013 at 10:50 #

    semoga bandminton di ajang selanjutnya lebih baik lagi gan

  9. Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Epilepsi
    28/07/2013 at 13:36 #

    ya gan makasih banyak atas share informasinya salam

  10. Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Lupus
    30/07/2013 at 13:59 #

    thanks ya gan atas share informasinya

  11. Obat Sakit Kista Tradisional
    31/07/2013 at 15:21 #

    pengen nonton tapi belum sempet.

  12. Obat Alami Penyembuh Asam Urat
    01/08/2013 at 12:07 #

    ia semoga badminton bisa lebih baik lagi gan kedepannya amin.

  13. Obat Alami Penyakit Kanker Otak
    13/08/2013 at 15:24 #

    indonesia semakin hebat saja ya gan

  14. Obat Alami Penyakit Radang Sendi
    14/08/2013 at 14:34 #

    oia wih hebat bener ya gan semoga indonesia menjadi lebih baik kedepannya dalam bulu tangkis

  15. Obat Alami Penyakit Osteoarthritis
    15/08/2013 at 16:09 #

    hmmmm teruskan gan nanti saya yang ganti taufik ha ha ha …..

  16. Obat Alami Penyakit Polip Hidung
    16/08/2013 at 11:19 #

    hmmmmm boleh nih badminton

  17. Obat Alami Untuk Penyakit Gula Darah
    19/08/2013 at 12:25 #

    semoga ke depannya lebih baik ya gan

  18. Obat Alami Untuk Penyakit Jantung Bocor
    20/08/2013 at 15:09 #

    ya makasih ya gan atas share infonya

  19. Nama Obat Herbal Penyakit Kanker Otak
    22/08/2013 at 11:59 #

    thanks ya gan atas sharenya

  20. Nama Obat Herbal Penyakit Radang Sendi
    24/08/2013 at 11:20 #

    beuh seru bener ya gan

  21. 25/08/2013 at 15:30 #

    Katanya Gita Wiryawan berdarah Minahasa ya?

  22. Nama Obat Herbal Penyakit Radang Paru Paru
    26/08/2013 at 11:30 #

    hmmmm ia deh isya allah gan saya penerusnya ha ha …

  23. Obat Penyakit Katarak Tradisional
    27/08/2013 at 11:52 #

    beuh kapan ya gan bisa jadi timnas badminton ha ha…

  24. Obat Tradisional Penyakit TBC
    31/08/2013 at 11:00 #

    Maju terus para atlet badminton indonesia, selama ini telah memiliki prestasi yang luar biasa…

  25. Obat Penyakit Gangguan Haid Tradisional
    02/09/2013 at 11:12 #

    bener ya gan indonesia sekarang semakin memimpin ajja ha ha…

  26. 09/09/2013 at 13:06 #

    Semoga bandminton di ajang selanjutnya lebih baik lagi

  27. Obat Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Anemia
    12/09/2013 at 15:24 #

    ia makasih ya gan atas artikelnya

  28. Obat Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Stroke Ringan
    13/09/2013 at 11:42 #

    thanks ya gan atas infonya

  29. Cara Sehat Menyembuhkan Penyakit Epilepsi
    19/09/2013 at 11:47 #

    terimakasih gan atas sharenya sangat memberi manfaat sekali gan

  30. exhibition design
    24/09/2013 at 17:37 #

    badminton sekarang koq kurang seru y.. dan kurang srek.. beda waktu dulu tahun 90an.. waktu jamannya susi susanti, alan budi kusuma dan deretan pemain lain yang bisa membuat Indonesia terkenal di mata International.

  31. Obat Penyakit Pilek Menahun Herbal
    23/10/2013 at 16:33 #

    iah iah gan semoga lebih baik kedepannya

  32. Agen Jelly Gamat Gold G Pandeglang
    11/11/2013 at 15:17 #

    iah olahraga di indonesia semakin membaik alhamdulillah

  33. dandi
    16/11/2013 at 12:36 #

    jai pengn nonton ..

  34. Cara Cepat Mengobati Epilepsi
    16/11/2013 at 14:37 #

    iah semoga semakin jaya dan membaik aja gan

  35. 30/11/2013 at 19:46 #

    Info Hangat.

    BTW, Ketua, banyak teman “Penjual Obat-obatan”.

    Semua “Penyakit” senang berkomentar “ckckck

  36. Obat Penyakit Virgit Tradisional
    13/02/2014 at 11:31 #

    terimakasih atas sharenya gan salam

  37. Obat Alami Untuk Penyakit Luka Bekas Operasi Caesar
    11/03/2014 at 14:17 #

    salam olahraga buat indonesia

  38. 18/08/2014 at 11:48 #

    salam olahraga ya gan

Leave a Comment

[+] kaskus emoticons nartzco