Janji Apabila Menjadi Anggota DPD Hanya Omong Kosong Belaka. Kenapa?

Beberapa waktu yang lalu digelar sebuah kontes semi SEO yang diselenggarakan oleh DPD RI dengan tema “seandainya saya menjadi anggota dpd ri” yang diselenggarakan oleh dewan perwakilan rakyat daerah. Dan seperti kontes-kontes berbau seo lainnya, kontes ini juga cukup mendapatkan perhatian dari para blogger.

Sayapun termasuk salah seorang blogger yang mencoba berburu berbagai gadget terbaru yang menjadi hadiah sekaligus mengasah ilmu seo yang dimiliki. Akan tetapi saya begitu kesulitan untuk membuat sebuah artikel mengenai tema yang disediakan yakni berangan-angan apabila menjadi anggota DPD. Kenapa saya begitu kesulitan? Karena DPD itu merupakan sebuah lembaga yang serba tanggung dan hal ini juga tertera pada website remi DPD RI.

Namun akhirnya setelah jalan-jalan degan mba google akhirnya saya mendapatkan berbagai gagasan untuk dituangkan menjadi sebuah artikel yang akan diikutsertakan kedalam kontes yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember nanti. Begitu selesai membuat artikel, saya blog walking ke halaman tetangga yang juga ikut dalam kontes tersebut. Berbagai pendapat, berbagai impian coba dituangkan oleh rekan-rekan blogger apa yang akan dilakukannya jika seandainya diberi kesempatan menjadi anggota dpd.

Salah Kaprah Tugas Fungsi Legislatif dan Eksekutif

Bukan bermaksud sok tahu, akan tetapi disini saya masih melihat begitu banyak peserta yang belum mengetahui dan belum bisa membedakan mana tugas lembaga legislatif dan mana tugas lembaga eksekutif apalagi yang menjadi tugas fungsi dan wewenang dari anggota dpd. Tak heran artikel yang dibuat lebih banyak yang berisi tugas dari pihak eksekutif dibanding tugas dari pihak legislatif apalagi yang menjadi tugas pokok, fungsi dan wewenang dari anggota dewan perwakilan daerah.

anggota dpd ri Janji Apabila Menjadi Anggota DPD Hanya Omong Kosong Belaka. Kenapa?Ada yang berkeinginan membuat jalan, membangun sekolah, mendirikan fasilitas kesehatan dan berbagai keinginan lainnya yang sering kita dengar saat kampanye. Memang terkesan tak ada yang salah dengan keinginan tersebut, benar tidak? Akan tetapi perlu bro n sis ketahui bahwa lembaga legislatif hanya sekedar bisa mengusulkan sesuatu, sedangkan segala perencanaan hingga eksekusi justru berawal dan berakhir di pihak eksekutif (birokrat atau yang lebih dikenal dengan PNS). Nanti segala perencanaan yang telah tersusun tersebut (mulai dari penyusunan rencana jangka pendek, menengah hingga jangka panjang) kemudian dibahas bersama dengan pihak legislatif dalam sidang paripurna.

Dalam pembahasan inilah pihak legislatif kemudian mengusulkan kepada pihak eksekutif hal-hal apa saja yang sebaiknya lebih diutamakan untuk dilaksanakan. Jadi program-program tersebut sudah disusun terlebih dahulu oleh pihak eksekutif/PNS  dalam hal ini bagian perencanaan bukan disusunoleh pihak legislatif. Dan perlu bro n sis ketahui hal tersebut juga harus disesuaikan dengan anggaran yang telah tersedia. Dan pada saat pelaksanaan nanti, pihak legislatif melakukan pengawasan untuk setiap pekerjaan yang sedang berlangsung.

Dan jika berbicara mengenai tugas fungsi dari anggota DPD maka segala janji-janji yang disampaikan oleh kebanyakan peserta kontes SEO yakni ingin membuat jalan, membangun sekolah dan membangun sarana kesehatan dan berbagai keinginan lain yang sering kita dengar ketika kampanye pemilu, maka hal tersebut hanyalah omong kosong belaka. Anggota DPD tidak mempunyai kewenangan untuk itu. Jika tidak percaya silahkan kunjungi situs resmi DPD RI dan baca apa saja tugas, fungsi dan wewenang DPD RI.

Jangankan membangun berbagai fasilitas umum, untuk rancangan undang-undang saja DPD hanya bisa sebatas mengajukan dan memberikan pertimbangan kepada DPR. Jadi DPR mempunyai kewenangan lebih besar dari DPD. Tugas wewenang DPR saja tidak bisa melakukan pembangunan berbagai fasilitas hanya sebatas mengusulkan, apalagi DPD? So, jika anda ingin melakukan berbagai tindakan positif seperti membangun jalan, sekolah, sarana kesehatan maka sebaiknya anda terjun ke dunia birokrat/eksekutif apalagi jika bisa mendudukui top eksekutif, bukannya menjadi anggota DPR/DPD. Jika anda menjadi birokrat maka anda bisa merencanakan dan merealisasikan berbagai tujuan mulia yang telah anda sebutkan tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara/daerah, ngga asal bangun sesuka hati.

Tak heran ditengah gembar-gembornya artikel yang bertebaran didunia maya yang berandai-andai menjadi anggota DPD, justru blogger yang satu ini justru tidak mau menjadi anggota DPD. Silahkan baca opini beliau kenapa tidak ingin menjadi anggota DPD.  So, masikah anda berkeinginan untuk menjadi anggota DPD? Jika anda masih berandai-andai menjadi anggota DPD, maka anda sebaiknya tahu apa saja tugas dari DPD sehingga nantinya anda tidak menggembar-gemborkan berbagai janji kosong kepada konstituen saat kampanye yang tidak mungkin anda realisasikan

Advertisement

15 Responses to “Janji Apabila Menjadi Anggota DPD Hanya Omong Kosong Belaka. Kenapa?”

  1. 21/12/2011 at 02:42 #

    Dapat pertamax apa solar nih 😀

    Batul sekali mas bro, termasuk sy sbnrnya juga blm phm fungsi dan tugas pokok dpd ri ini [nekat]. Sy liat dari kebanyakan angan2 yg dituangkan oleh para peserta mang sprtnya bnyk yg jg ga tw. Dan dpd ri ini sepertinya punya tugas yg serba tanggung serta sm sekali td bergaung dr apa yg sudah diputuskanya. [mf klo sy salah tangkap] > 🙂

  2. 21/12/2011 at 07:20 #

    Sudah tidak mau tahu soal DPD. Kalau disuruh memilih, saya lebih memilih jadi Rakyat biasa daripada jadi DPD. Yang membuat rakyat makin geram, mungkin dengan kinerja mereka yang nggak jelas arahnya.

  3. 23/12/2011 at 13:55 #

    hehehehe.. sungguh terlalu 😀
    gak ada cita2 jadi anggota DPD mas =,=a
    banyakan omong gak ada bukti ,,
    Gaji gede kerjanya tidur

  4. 23/12/2011 at 21:05 #

    Makjleb, saya kena nih 😆
    Hahhaha…
    Eh, tapi gak semua sih, hanya 2 aja yang saya salah kaprah, sisanya saya emang hanya mengusulkan aja 😀
    Sebelumnya emang sempat baca fungsi dan wewenang DPD RI, hiihih… 😀

  5. 24/12/2011 at 15:21 #

    Berarti ente dong calon kuat pemenang kontesnya, Bro…
    Karena udah tau dari awal fungsi legislatif. Hehehe…..
    Semoga menang, yaa……
    Maju terus pantang mundur….

    • 25/12/2011 at 19:49 #

      Kalau calon kuat sih engga lah bro, karena banyak tulisan yang jauh lebih bagus dari saya… Mungkin kebanyakan blogger yang ikut kontes SEO ngga membaca lebih dulu apa tugas, fungsi dan wewenang dari DPD.
      Namun saya lihat juga didunia nyata masih banyak orang yang ngga bisa membedakan mana tugas dan wewenang legislatif dan eksekutif. hal ini juga bisa kita lihat saat kampanye… Kebanyakan yang ingin jadi anggota DPR/DPD justru mengkampanyekan janji yang ngga mungkin mereka realisasikan karena itu wewenang dari pihak eksekutif..

  6. 24/12/2011 at 17:22 #

    akhirnya nggak 404 lagi, ah, saya juga nggak pengin jadi dpd kok, pengin jadi publisher te ow pe saja… 😀

    • 25/12/2011 at 19:51 #

      Memang sekarang ngga kepikiran, tapi setelah sukses jadi publisher jangan-jangan mau mencalonkan jadi anggota DPR/DPD???

  7. TROPICAL WOOD
    25/12/2011 at 01:28 #

    Gk ada minat tuh jadi anggota Dpd

  8. 01/01/2012 at 22:03 #

    Mereka semua memang jago bro dan itu sudah saya akui. Dan memang sudah banyak terbukti jago / keahlian nya yaitu jago janji palsu 😆
    ##sambil nyanyi lagu alamat palsu

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • 02/01/2012 at 19:16 #

      Banyak yang terbukti apa bro, bagus os jelek nih???

  9. 02/01/2012 at 12:57 #

    Kalo di liat2 kebanyakan emang pada umbar janji doang sih ya, kalo udah kepilih mah lupa..

    Btw berkunjung ke web ane juga ya sob. Salam kenal

  10. Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening
    01/03/2012 at 10:30 #

    rakyat hanya selalu jadi korban janji

    • 12/03/2012 at 14:53 #

      bener banget tu bang herbal kanker, rakyat cuma jadi korban. yang nikmatin enaknya ya pejabatnya..

  11. Obat Penyakit Jantung Tradisional
    19/03/2012 at 15:58 #

    biarpun banyak peserta yang memiliki konten aga melencengan namun kita patut acungi jempol juga untuk semangat yang mereka berikan untuk ikut seo !!

Leave a Comment

3+2