Hari Ketiga Kopdar Blogger Nusantara

Mungkin sudah agak basih menurunkan artikel ini soalnya hari ketiga kopdar blogger nusantara telah usai pada tanggal 30 Oktober 2011 lalu, dan itu berarti sudah hampir genap satu minggu dari hari ini. Berbagai kegiatan mengenai kopdar blogger nusantara telah dibahas oleh para blogger  yang hadir seperti yang dilakukan oleh bro cosa aranda (im top asal surabaya), andi sakab (komunitas blogger benteng), indobrad (seniorblogger di Indonesia), bro ipul atau yang lebih dikenal dengan Daeng Gassing (ketua komunitas blogger Makassar/angingmamiri.org) dan berbagai blogger yang menuliskan posting mengenai kopdar blogger nusantara.

Akan tetapi karena ada juga sobat blogger yang bertanya-tanya tentang apa saja yang terjadi pada hari ketiga, maka saya memutuskan untuk menceritakan apa saja yang terjadi pada hari ketiga kopdar blogger nusantara. Lengsung saja  ke TKP

Acara yang berlangsung  pada hari ketiga kopdar blogger nusantara tidaklah seheboh pada dua hari sebelumnya. Akan tetapi bagi saya justru pada hari inilah puncak perayaan kopdar blogger nusantara. Kenapa saya katakan begitu? Karena pada hari terakhir kopdar blogger nusantara dibacakan komitmen blogger nusantara yang pada akhirnya terbentuklah sebuah paguyuban blogger yang diberi nama paguyuban blogger nusantara.

Terbentuknya paguyuban blogger nusantara seakan-akan menjawab keinginan dari para blogger yang disuarakan saat berlangsungnya mimbar bebas baik pada malam pertama maupun pada malam kedua. Dan ketika Anjari (moderator acara kopdar blogger nusantara) meminta masukan dari para blogger yang hadir apakah kopdar blogger nusantara membentuk sebuah wadah resmi ataukah justru berakhir pada hari itu juga maka sontak ribuan blogger yang hadir memadati convention hall sidoarjo meneriakkan pembentukan paguyuban blogger nusantara.

Dan tanpa menunggu waktu yang lama maka terbentuklah paguyuban blogger nusantara dengan deklarator adalah seluruh blogger yang hadir di convention hall. Setelah disetujui pembentukan Paguyuban Blogger Nusantara maka dibentuklah tim formatur yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dari berbagai pulau di Indonesia seperti perutusan dari pulau Sulawesi, Jawa, Kalimantan, Sumatera, NTT dan Ambon serta para blogger “gila” penggagas Kopdar Blogger Nusantara seperti bro Gempur, sis Mubarika, bro Anjari, bro Suryaden.

Setelah deklarasi paguyuban blogger nusantara maka berakhirlah rangkaian acara kopdar blogger nusantara yang dihadiri oleh 1000 lebih blogger yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dan seperti acara-acara yang lainnya acara terakhir adalah acara foto-foto. Tak mau ketinggalan sayapun memburu seorang blogger untuk diajak foto bareng. Siapakah blogger yang beruntung tuk saya ajak foto bareng? Ini dia penampakannya

eserzone dan Arsyad Indradi Hari Ketiga Kopdar Blogger Nusantara

eserzone dan mbah Arsyad

Blogger ini merupakan salah satu target buruan saya pada acara kopdar blogger nusantara. Arsyad Indradi atau yang lebih senang dipanggil Abah Arshad merupakan blogger yang paling tua yang hadir di acara kopdar blogger nusantara sekaligus blogger tertua yang saya kenal. Walau usianya sudah tua (63 tahun) tapi semangatnya dalam ngeblog tak pernah pudar bahkan beliau mengaku mengelolah 60 lebih blog manual ngga pake plugin/tools pendukung seperti WP Robot dan script lainnya yang serupa. Gila, saya saja yang hanya mengelolah empat blog kewalahan apalagi kalau harus mengelolah 60 blog secara manual???

Selesai acara foto-foto, maka para blogger kembali ke habitat semula. Mereka yang berasal dari Sidoarjo dan sekitarnya langsung kembali ke rumah masing-masing sedangkan para blogger yang menginap di lapangan Tenis Indoor langsung kembali mempersiapkan diri untuk kembali ke daerah tujuan masing-masing karena acara kopdar blogger nusantara telah berakhir.

Namun begitu masih ada saja peserta yang ingin berlama-lama menikmati kota sidoarjo dan nanti kembali pada esok harinya (senin 31 Oktober). Diantara sekian banyak peserta yang masih betah berada dikota yang lebih dkenal dengan lumpur lapindo adalah saya sendiri. Sebenarnya saya dan beberapa rekan blogger dari kalimantan ingin segera kembali ke habitat kami, akan tetapi karena jadwal pesawat hanya tersedia pada pagi hari, maka otomatis kami belum bisa kembali ke daerah kami dan harus bermalam lagi di Sidoarjo. Oleh panitia sendiri saya dan liz cantik sempat dinobatkan sebagai peserta teladan karena saya dan liz cantik datang satu hari sebelum acara dan pulang satu hari sesudah acara….

Malam terakhir kami di sidoarjo memang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Aru Blogger (komunitas blogger kalsel) jalan-jalan menggunakan bus wisata sedangkan saya, liz cantik, blogger borneo, dan bro Yulian dari komunitas blogger kalsel (kayuhbaimbai) jalan-jalan tuk mencari oleh-oleh buat orang-orang tercinta yang kami tinggalkan selama beberapa hari dan tak lupa dinner pecel lele (sorry untuk makanannya saya ngga bisa koment, mungkin bro Yulian yang mau komen :ngakak ).

Dan pada keesokan harinya pada pukul 03.30 kami semua sepakat untuk bersama-sama beranjak dari lapangan tenis indoor menuju lapangan udara juanda sambil menungu jadwal penerbangan dan tentunya kami semua yang tertinggal di Sidoarjo diantar oleh panitia menuju bandara.

Kopdar blogger nusantara memang telah berakhir, akan tetapi cerita cinta yang terukir selama tiga hari berlangsungnya acara Kopdar Blogger Nusantara dan diakhiri dengan terbentuknya paguyuban blogger nusantara memberi kesan yang sulit tuk dilupakan. Semoga paguyuban blogger nusantara bisa menjadi “payung” bagi para blogger yang ada di seluruh Indonesia. Blogger nusantara, ndeso……… 

Advertisement

26 Responses to “Hari Ketiga Kopdar Blogger Nusantara”

  1. 04/11/2011 at 19:55 #

    senior blogger indonesia?? maaf ya, saya masih 29++ :p

    • 04/11/2011 at 20:28 #

      Jiah… Kalau om Brad 29 berarti saya berumur 9 tahun dong om…. :ngakak

  2. 04/11/2011 at 21:54 #

    Arsyad infradi,,, wew penyair Gila… mantap … Bayak positifya

    • 05/11/2011 at 18:44 #

      Kenal ya bro dengan mbah Arsyad????

  3. BOO
    05/11/2011 at 01:39 #

    63 tahun dan masih rajin menulis …
    sangat menginspirasi!

    • tomi
      05/11/2011 at 10:04 #

      blognya ada 60 malahan mas 😀

  4. 05/11/2011 at 17:31 #

    wah saya belum kelar loh posting kopdar blogger Nusantaranya :malu2

    duh jadi malu sama mbah arsyad yang semangatnya lebih manteps dari yang muda-muda :2thumbup

    *lari-lari ngebut draft postingan* :ngacir2

    • 05/11/2011 at 18:46 #

      Semoga bisa ikut jejak mbah Arsyad

  5. 06/11/2011 at 06:33 #

    Seseorang “Yang terlupakan”,
    kelihatannya waktu beli oleh2, aku ada disana deh. . .
    Hahahahahahaha

  6. afiv
    07/11/2011 at 18:53 #

    wah, salut sama kakek arsyad! padahal umurnya sudah tidak muda lagi! tapi semangatnya ga kalau dari anak muda! salut bener…

  7. 07/11/2011 at 21:46 #

    dah berumur tapi masih eksis aja nulis.. dan mampu mengelola 60 blog sekaligus.. masa kita yang masih ABG dan masih berumur dibawah 50an kalah saing dengan mah itu?? YUKZ SEMANGAT
    tempat kopdar itu tepat na di kota apa gaaan???
    :iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia

  8. Hanif Mahaldi
    07/11/2011 at 22:53 #

    wah, kenang2an nih bro, bisa diposting jadi tau keadaan kopdar kemaren. sempet foto sama blogger tertua? mantab…

    • 09/11/2011 at 19:14 #

      Bro Hanif ngga ikut rombongan blogger jogja ya???

  9. 08/11/2011 at 13:57 #

    Sayangnya kemarin saya nggak bisa ikutan datang. Hiks!

    • 09/11/2011 at 19:16 #

      Ia mas, padahal saya dan mas Toni berusaha mencari keberadaan mas Agus… Sayang ngga bisa ketemu dan ngobrol dengan mas Agus padahal udah di Surabaya

  10. 09/11/2011 at 21:22 #

    Olaalaaa….mantep tuh mas, walaupun umurnya udah gak muda lagi tapi semangat ngeblognya tetep mudah 😀
    Apalagi kata mas Tomi blognya sampai 60 gitu.
    Hadeh….kalah saya 😀

    • 10/11/2011 at 09:50 #

      Sayang bro ngga bisa hadir di acara kopdar blogger nusantara…

  11. 19/11/2011 at 00:47 #

    sampai ketemu tahun depan bro… 🙂

    • 20/11/2011 at 10:55 #

      Ok,…. Btw udah ada keputusan tahun depan diadakan dimana bro????

  12. saiful
    04/12/2011 at 10:26 #

    wuih.. manteb bner si mbah nya… berarti setiap tahun bikin blog sesuai jumlah umurnya tuh.. 😀

    • 05/12/2011 at 10:14 #

      Mungkin juga bro.. Ngga mau ikutan seperti si mbah?

  13. 18/02/2012 at 22:04 #

    sekedar info (FYI) Ada pak Arsyad di Kompas Jumat (17/2) 🙂

  14. Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening
    01/03/2012 at 10:44 #

    pasti seru yah acaranya…

Trackbacks/Pingbacks

  1. Hari Ketiga Kopdar Blogger Nusantara Eserzone - Forum Indonesia - 25/11/2011

    […] Kopdar blogger nusantara memang telah berakhir, akan tetapi cerita cinta yang terukir selama tiga hari berlangsungnya acara Kopdar Blogger Nusantara dan Baca Selengkapnya: http://eserzone.com/hari-ketiga-kopdar-blogger-nusantara/ […]

Leave a Comment

3+2