Dari Manado Untuk Asean Blogger

Dari Manado Untuk Asean Blogger. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara se Asia Tenggara yang dilangsungkan di Nusa Dua Bali dari tanggal 17-19 November 2011 “diawali” dengan Konferensi para Blogger se Asia Tenggara. Dengan semangat One Vision, One Identity and One Community para blogger dari negara-negara Asean (minus Singapura, Timor Leste,) para blogger berkumpul, bertukar cerita, berdiskusi dan menghasilkan sebuah deklarasi Asean Blogger.

Sebaik saksi bisu deklarasi asean blogger saya merasa ikut bangga bisa hadir di konferensi blogger se Asia Tenggara pertama yang dilaksanakan di Museum Pasifika Nusa Dua Bali pada tanggal 16 November 2011. Konferensi Blogger Asean yang pertama ini  dibuka oleh Menkominfo bapak  Tifatul Sembiring.

pembukaan konferensi asean blogger oleh menkominfo tifatul sembiring Dari Manado Untuk Asean BloggerSetelah pembukaan acara oleh Menkominfo, materi selanjutnya yakni “Implementation of the Asean Charter toward Asean Community 2015” yang dibawakan oleh seorang duta besar yang merangkap sebagai seorang blogger yakni  bapak Hazairin Pohan. Acara ini dipandu oleh seorang birokrat cantik yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai seorang blogger yakni sis Eka Situmorang (ceritaeka.com )blogger asal Batak yang fasih berbahasa Jawa.

Setelah coffe break, materi dilanjutkan oleh DonnyBU “The Establishment of Asean Blogger Community”. Pada materi ini DonnyBU menyajikan beberapa fakta  mengenai perkembangan internet di Indonesia terlebih khusus dunia blogging. Dan yang menarik perhatian saya bahwa ternyata di Indonesia terdapat  5.3M+ blogs, 25 lebih komunitas blogger lokal (kawanua blogger/komunitas blogger Sulawesi Utara salah satunya), 5 komunitas blogger nasional (yang saya tahu baru Pesta Blogger/onoff, Blogger Nusantara dan Amprokan Blogger), dan begitu banyak kompetisi blogging yang dilaksanakan. Materi yang dibawakan oleh DonnyBu sangat menarik menurut saya.

Setelah itu para blogger yang berasal dari Asia Tenggara bercerita dan mempresentasikan bagaimana kehidupan dunia blogging dinegara mereka masing-masing.

asean blogger perwakilan blogger filipina Dari Manado Untuk Asean Blogger

Presentasi Blogosphere Oleh Blogger dari Filipina

Selanjutnya ketiga pembawa materi yang enerjik, cantik dan tampan (seperti saya), dan pakar IT Indonesia menjadi moderator pada session berikutnya. Mike Orgil mewakili Google Public Policy Southeast Asia, Shinta Dhanuwardoyo tentang perkembangan startups di Indonesia dan Nukman Luthfie mewakili para blogger membawakan materi mengenai perkembangan sosial media terlebih dunia blogging kedepan. Diskusi kali ini dipandu oleh Onno W Purbo pakar IT di Indonesia.

Setelah menjadi moderator pada session sebelumnya  kali ini giliran Onno W Purbo yang membawakan materi yang berjudul “The Information and Technology Development”. Onno W Purbo tidak sendirian didepan karena ini ditemani oleh Anggara Suwahyu dan Enda Nasution. Anggara Suwahyu menyajikan fakta tentang beberapa orang yang terkena jerat hukum akibat aktifitas di dunia maya. Yang saya tahu hanya kasus Prita, Ariel dan Luna, namun ternyata ada begitu banyak kasus yang menimpa mereka yang bergaul didunia maya.

Dan acara yang terakhir adalah deklarasi Asean Blogger yang dipandu oleh Presiden Asean Blogger chapter Indonesia bapak Iman Brotoseno (Photographer, Blogger dan Film Direction). Berikut isi deklarasi Asean Blogger yang disusun oleh para perwakilan blogger yang hadir di Museum Pasifika Bali

1. We, the ASEAN bloggers, gathered in Bali, on 16th November 2011, aligned with the 19th ASEAN Summit, acknowledge the role and contributions of social media for the establishment of ASEAN Community 2015.

2. We, the ASEAN bloggers, aspire to seek the freedom of expressions among us as enshrined in Universal Declaration of Human Rights.

3. We, the ASEAN bloggers, in the spirit of partnership and solidarity among the family of people from ASEAN countries, independent of political influence, are determined to use social media in the development of ASEAN’s political, economic, and social-cultural potentials with the aim to promote understanding among ASEAN people.

4. We, the ASEAN bloggers, are determined to develop cooperation in all fields under ASEAN’s One Vision, One Identity, and One Community.

5. We, the ASEAN bloggers, are committed to ethical and positive demeanor, respectful of the rights of authors attached to articles, photos, and videos, and other creative products.

6. We, the ASEAN bloggers commit to:
a. Declare the 16th November as the ASEAN Bloggers’ Day.
b. Develop communication platforms, both at the national and the sub-regional levels, taking into account the interest of people participation in the rural areas of ASEAN countries.
c. Organize future activities to encourage closer contact among bloggers.
d. Mandate the Indonesian ASEAN Blogger Community President to coordinate and communicate to all their counterparts from ASEAN countries regarding development and progress achieved in accordance with the Declaration.

7. We, the ASEAN bloggers, encourage all bloggers to join our efforts in making this Declaration a reality.

Terlepas dari pada itu ada dua hal yang terasa ganjil dari acara konferensi blogger asean yang baru pertama kali diselenggarakan. Hal pertama adalah acara ini terkesan dipaksakan karena hanya dilaksanakan selama satu hari dengan begitu padatnya . Materi yang begitu padat dan juga begitu banyaknya pembicara menurut saya tidak cocok jika hanya diselenggarakan selama satu hari dan bagi saya akan lebih efektif lagi jika acara panjang seperti ini dibuat selama dua hari. Hal kedua adalah materi yang dibawakan disajikan dalam bahasa Inggris. Bagi beberapa blogger (saya salah satunya) hal ini cukuplah menyulitkan karena  terkadang kami tidak terlalu mengerti (atau mungkin saja sama sekali tidak mengerti) dengan apa yang disampaikan oleh pembawa materi karena menggunakan bahasa Inggris. Akan lebih baik sebenarnya jika ada seseorang yang menjadi translator. Semoga saja kedua masalah seperti ini tidak terulang di lain waktu sehingga kejadian dengan banyaknya blogger yang meninggalkan lokasi konferensi tidak terulang pada konferensi berikutnya.

Konferensi blogger asean yang pertama telah selesai, semoga apa yang deklarasi blogger asean di Museum Pasifika Nusa Dua Bali bisa terealisasi sehingga apa yang menjadi cita-cita dari negara se asia tenggara terlebih khusus para blogger bisa terwujud.

Advertisement

27 Responses to “Dari Manado Untuk Asean Blogger”

  1. a!
    20/11/2011 at 00:20 #

    semoga blogger tetap independen. tidak jadi underbownya pemerintah, termasuk lewat ASEAN Blogger Community ini.

    • 20/11/2011 at 10:03 #

      Sangat setuju bro, saya juga berharap demikian bahwa tetap independen dan tidak terganggu dan dikendalikan oleh pihak manapun..

      • 23/11/2011 at 00:17 #

        semoga itu terwujud mas.. amiin

  2. 20/11/2011 at 00:23 #

    Eeeeeh keknya kmrn kita gak ada poto bareng ya? Ihiks

    Smoga saranmu diakomodir panitia ya bro 😉

    • 20/11/2011 at 10:57 #

      Benar sis, kemarin ngga sempat foto bareng dan bernarsis ria… Senang bisa kenalan secara langsung dengan owner ceritaeka.com

  3. 20/11/2011 at 09:47 #

    Semoga saran nya bia diterima oleh panitia dan kito orang bisa mendengarkan dengan lega tanpa duduk manis dan terkesan mengerti yang dipaksakan 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • 20/11/2011 at 11:25 #

      Benar bro, kita seperti “mengerti yang dipaksakan”

  4. 20/11/2011 at 09:50 #

    enakan baca reportase ciamik seperti ini ya, aku kemarin di sana banyakan ngobrolnya, jadi banyak materi dan diskusi yang terlewat 🙂

    • 20/11/2011 at 11:27 #

      Sama-sama bro… Saya juga sering ngorbrol ketika acara berlangsung (apalagi kalau yang disampaikan udah tidak ada yang saya mengerti sama sekali)

  5. sriyono smg
    20/11/2011 at 16:25 #

    wah mas bro eser rajin mengunjungi aneka padepokan blogger nih salut….

    • 20/11/2011 at 19:26 #

      Jiah…. itu karena dapat undangannya bro (sekalian dapat uang tiket PP), kalau engga maka ngga mungkin saya bisa datang.. Oh ya bro, barusan waktu di Asean Blogger saya sekamar dengan blogger asal semarang (bro hyudee), kenal bro?

      • 20/11/2011 at 20:01 #

        hyudee blognya yang mana ya? 😀 berarti masi belum kenal beneran aku yaaa 🙂
        kemaren yang abis ketemu lagi dari event asean blogger dari kota loenpia sih, mbak wiwik, (wiwikwae.com) menjadi panitia asean blogger…

        • 20/11/2011 at 20:15 #

          Yang hyudee.wordpress.com. Katanya dia kenal sama bro Sriyono
          Saya juga sempat ketemu dengan sis Wiwik (paitia asena blogger)

  6. Sriyono Semarang
    20/11/2011 at 20:29 #

    owwww, hyudee yang itu, maap, aku kenal dianya mah sebagai tukang poto… hahahha… soalnya peralatan poto dia khan lebih lengkap dari punyaku, tadi malam kopdaran kok kita anak loenpia ada hyudee juga, tapi dia kok sama sekali ngggak bicara bicara soal asean blogger ya, lagi sedih incarannya gak dapet kali ya… hihihihiih….

    • 20/11/2011 at 21:42 #

      Huwkwkwk, ia bro mungkin saja incarannya waktu di acara ngga dapat… Btw kalo ketemu dia, kasih tahu kalau saya minta foto-foto acara asean blogger (kalau diijinkan)

  7. 21/11/2011 at 10:45 #

    wahhh..
    dari sekian banyaknya kekurangan, setidaknya ada beberapa poin yang bisa diambil..
    salah satunya bisa duduk sebelahan sama bro eser.. 🙂

    • 21/11/2011 at 20:11 #

      Saya ngga bilang banyak kekurangan sis,… :ngakak
      Btw senang juga bisa kenalan dan duduk bersebalahan sama blogger cantik dari komunitas blogger bengawan…

  8. 21/11/2011 at 20:49 #

    jadi, jalan2 kemana aja selama di Bali? *komen ga nyambung* :p

    • 21/11/2011 at 21:28 #

      Cuma jalan-jalan ke tanah lot, ubud (monkey forest), pantai kute, legian dan berakhir di jimbaran.. Ngga sempat ke dreamland dan blue point karena macet

  9. 22/11/2011 at 13:11 #

    wah ………. pingin…………..

    bro eser memang so jadi aktifi blogger kawanua

    • 22/11/2011 at 19:10 #

      Jiah,… kebetulan bro dapa undangan dari dorang.. Kalo nyanda dapa undangan (depe inti dapa tiket PP) nda mungkin hadir disana

  10. Rezasaputra
    22/11/2011 at 17:43 #

    sangat disayangkan, saya tidak termasuk dalam perwakilan 😀

    • 22/11/2011 at 19:17 #

      Semoga berikutnya bro dapat mewakili daerah (komunitas) asal

  11. Anggi Alfonso
    30/11/2011 at 19:42 #

    buat temen-temen yang hadir di acara asean blogger conference yuk tinggalkan link blog kamu di xttp://anggialfonso.com/2011/11/30/list-blog-peserta-asean-blogger.html

    • 30/11/2011 at 20:57 #

      Saya udah ninggalin link tapi ketangkap AKISMET.. Oh ya bro, ada saran nih sebaiknya ulah akismet itu dipantau terus soalnya ngga semua yang ketangkap itu SPAM. Setiap kali saya ninggalin komentar di blognya bro selalu ketangkap akismet (dan ngga pernah dibebaskan dari penjara) padahal saya ngga pernah nyepam… :cd

  12. Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening
    01/03/2012 at 10:41 #

    sukses selalu gan

  13. Alami Ilmiah
    12/04/2014 at 13:47 #

    mudah-mudahan blogger indonesia tetap bisa berkrya dan tetap independent,

Leave a Comment

3+2