Cerita Lain Tentang Komunitas Blogger

Catatan ringan kali ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya “Cerita cinta Komunitas Blogger“.  Bergabung dengan komunitas blogger memang memberikan banyak keuntungan buat para blogger. Kita bisa bertukar pikiran mengenai dunia blogging, bisnis internet yang sedang kita tekuni bahkan kita juga bisa mendapatkan pasangan hidup lewat sebuah komunitas blogger seperti yang terjadi di komunitas Blogger Bogor (Komentar bro achoey pada artikel Cerita cinta Komunitas Blogger)

Tapi tunggu dulu, jangan terlalu senang dengan berbagai cerita cinta yang  saya tuliskan. Selain berbagai manfaat yang telah saya sebutkan ternyata ada sebuah tantangan lain yang harus kita hadapi ketika kita bergabung dengan sebuah komunitas blogger. Tantangan apa itu?

Tantangan tersebut tak lain adalah kita diharuskan untuk bisa mengatur ego kita masing-masing. Kalau kita terbiasa bertindak semau gue di blog kita, pasang banner sana sini, pasang link affiliasi diseluruh area blog , buat artikel semau gue (begitu ada ide langsung ditulis dan di publikasikan), gonta-ganti template semau gue, tapi dalam sebuah komunitas hal itu tidak berlaku. Kita diharuskan berdiskusi dengan sesama rekan blogger sebelum bertindak, artikel kita kadang tidak dipublikasikan oleh sang admin, kita harus menahan diri ketika ide kita tidak disetujui oleh rekan-rekan blogger yang lain dan yang terpenting kita terikat oleh berbagai peraturan (TOS).

blogger manado 1 Cerita Lain Tentang Komunitas Blogger

Hal ini saya rasakan ketika bergabung dengan komunitas blogger sulawesi utara yang dikenal dengan kawanua blogger. Berbagai ide liar yang ingin saya tuangkan di web komunitas justru terhalang oleh TOS yang telah disepakati bersama. Pertama ada rasa canggung, bahkan saya merasa tertekan ketika menghadapi hal tersebut, hal ini dikarenakan saya biasa bertindak semau gue di blog ini layaknya ulah blogger penyebar ajaran sesat.

Tapi lama kelamaan saya bisa mengerti bahwa inilah dinamika sebenarnya dimana kita diharuskan untuk bisa membangun komunikasi yang baik dengan rekan-rekan blogger yang lain sehingga segala ide kita bisa diterima oleh anggota komunitas. Jika hal tersebut berhasil kita lakukan tentunya dimata rekan-rekan blogger kita akan mempunyai nilai plus. Bukankah hal ini juga berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari didunia nyata?

Bagaimana dengan sobat blogger sekalian? Apa bro/sis punya cerita seru ketika bergabung dengan komunitas blogger didaerah tempat bro n sis tinggal? Jika didaerah bro n sis tidak terdapat komunitas blogger kenapa tidak mencoba ide gila bikin komunitas blogger?

Advertisement

16 Responses to “Cerita Lain Tentang Komunitas Blogger”

  1. selfishyayun
    22/04/2011 at 23:34 #

    aku masih pemula jadi kayaknya belum bisa untuk bergabung sama sebuah komunitas blogger yang pasti banyak aturan. Saat ini pengennya bisa nulis bebas agar bisa mendapat peringkat alexa yang baik dan sapa tahu pagerank juga.

    • 23/04/2011 at 18:48 #

      Saya juga masih pemula bro, makanya saya senang gabung dengan komunitas agar supaya bisa menimbah ilmu terhadap rekan blogger yang lain

  2. hanif mahaldy
    23/04/2011 at 01:18 #

    setidaknya berbagi cerita dan pengalaman itu menarik ya mas, apalagi sesama peminat blog.

    • 23/04/2011 at 18:49 #

      Yup, asalkan cerita yang bermanfaat yang diceritakan saat kopdar ngga sekedar basa-basi dengan hal-hal yang itu-itu saja…

  3. AndiPb
    23/04/2011 at 16:01 #

    Saya juga sependapat dengan Bro eser tentang peraturan yang harus disepakati,walaupun saya termasuk orang baru di kawanuablogger tapi merasa nyaman dengan blogger disana begitu antusias dengan memiliki ilmu yang sangat berguna,saya rasa rugi kalo kita berada di sulut gak gabung disana

    • 23/04/2011 at 18:51 #

      Jangan lupa ajak rekan-rekan blogger yang lain bro… Oh ya kalau bisa jangan lupa iko voting di kawanuablogger bro

      • AndiPb
        24/04/2011 at 17:31 #

        Tangks Brou atas semua informasinya….

  4. 24/04/2011 at 10:35 #

    Ada saat2 kita bebas menuangkan ide liar ditempat yang sesuai, tapi ada kalanya kita harus berpikir ulang untuk menuangkan gagasan ditempat tertentu.
    Kayak berpakaianlah
    Tidak semua area punya aturan yg sama, apalagi kalau itu sebuah komunitas

    • 24/04/2011 at 11:25 #

      Benar bro, justru karena hal itulah saya bisa jadi belajar mengatur ego

  5. buy gold
    24/04/2011 at 11:19 #

    Kalo mau ngumpul kan ada teman-teman lain yang sudah kita kenal dan saling mengerti mereka..Ternyata pendapat saya tersebut sangat bertolak belakang dengan yang sekarang. Tidak terkecuali ..Selama ini kita hanya kenal dan sering kita kunjungi di blog mereka.

  6. indam
    25/04/2011 at 17:38 #

    Sayangnya di kota saya nggak ada komunista blogger. Jadi tukar pikiranya di komunitas online saja 🙂

  7. 08/05/2011 at 02:54 #

    salam kenal mas bro

  8. 08/05/2011 at 18:34 #

    kopdar baru 1 kali, jd blm bisa memberikan pengalaman, ttp jika ke depan sy tergabung dlm 1 komunitas…mmm sy coba utk berbagi cerita dulu biasanya dr situ br deh brainstorming *bener gak sih? Hehehe :mrgreen:

    • 08/05/2011 at 21:40 #

      Benar bos, banya manfaat yan bisa ketika bergabung dengan komunitas blogger.

  9. Anisha Fisher
    30/05/2011 at 20:20 #

    This is really a wonderful post. This is really innovative and a new idea, I like this concept and the way it is carried out in so light and cool manner. Thanks for share it with us.

  10. Sonal Wilfred
    08/06/2011 at 17:18 #

    Awesome Article! Thank you for the post. You made some good points there. I really love to read such articles for you share different body of knowledge that people should know. I have bookmarked the blog and now waiting for next one.

Leave a Comment

3+2